G. P. Kurniawan A young man who is enthusiastic about agriculture, entrepreneurship and a little fond of technology topics

Tahapan Pemberian Nutrisi AB-MIX Kangkung System Hidroponik

1 min read

Dalam membudidayakan tanaman menggunakan sistem hidroponik kita harus memperhatikan indikator – indikator penting yang sangat berpengaruh dalam pertumbuhan tanaman yang kita tanam nantinya.

Salah satu indikator penting dalam budidaya tanaman mengguankan sistem hidroponik ialah Pemberian nutrisi, Ya dalam budidaya tanaman menggunakan sistem hidroponik, kita perlu memberikan nutrisi khusus masing – masing jenis tanaman.

Nutrisi hidroponik ini bisa anda beli di toko online pertanian atau toko offline yang menyediakan kebutuhan hidroponik.

Nutrisi ini diberikan sesuai dengan fase umur tanaman, kenapa saya katakan diberikan sesuai dengan fase umur tanaman.? alasan sederhananya, pada saat tanaman masih belum banyak mempunyai akar, kita tidak perlu memberikan kepekatan nutrisi yang tinggi pada air tandon, nanti baru jika tanaman sudah mulai menumbuhkan banyak akar barulah kita bisa menambah kepekatan nutrisi ab-mix kita.

Oke, dalam membudidayakan tanaman kangkung menggunakan sistem hidroponik ini, tahapan pemberian nutrisinya masih hampir sama dengan kebutuhan nutrisi jenis tanaman sayur lainnya.

Baca juga : Perkembangan Selada Tafung 23 Hari Setelah Tanam

Terlebih lagi tanaman kangkung ini tergolong tanaman yang sangat mudah untuk dibudidayakan, walaupun mudah untuk dibudidayakan, tujuan kita dalam membudidayakan kangkung menggunakan sistem hidroponik adalah untuk mendapatkan kualitas kangkung yang baik atau high quality.

Biasanya ada perbedaan – perbedaan jika tanaman kangkung ini ditanam menggunakan sistem hidroponik dan ditanam ditanah. Perbedaanya yang paling terlihat ialah pada pertumbuhan tanaman dan rasa dari kangkung tersebut.

Dari pertumbuhan tanaman, Kangkung yang dibudidayakan menggunakan sistem hidroponik lebih cepat besar dan lebih kokoh, sedangkan pada rasa, kangkung hidroponik lebih renyah dan gurih. Ini hasil pengamatan saya dan konsumen yang telah membeli kangkung hidroponik saya.

Baca Juga : Fungsi TDS Meter dalam Budidaya Tanaman Sistem Hidroponik | BLOG IDN

Mungkin tidak usah berlama – lama, berikut ini merupakan tahapan / fase pemberian nutrisi ab-mix untuk kangkung hidroponik.

Tahapan pemberian nutrisi ab-mix kangkung hidroponik

Dalam memberikan nutrisi ab-mix kepada tanaman kangkung nantinya, jangan lupa untuk mengecek pH pada air baku anda. pH yang sesuai untuk tanaman tumbuh normal berkisar pada 5,5 – 7. Berikut tahapan pemberian nutrisi ab-mix kangkung…

  • Pada minggu pertama setelah pindah tanam, berikan kepekatan nutrisi sebesar 500 PPM
  • Pada minggu ke dua dan ke tiga berikan kepekatan nutrisi sebanyak 840 PPM
  • Pada minggu ke empat sampai minggu ke delapan berikan kepekatan nutrisi sebanyak 1100 – 1200 PPM
  • Rata – rata tanaman kangkung yang dibudidayakan menggunakan sistem hidroponik panen pada umur 15 – 32 hari setelah tanam.
  • Untuk teknik pemanenan anda bisa mencabut seluruh tanaman jika tanaman kangkung akan dijual (sekali panen), sedangkan jika untuk konsumsi sendiri anda bisa memotong pada batang kangkung dan menyisakan batang paling bawah saja agar kangkung dapat tumbuh kembali (berkali – kali panen).

Baca Juga : Cara Meracik Nutrisi Ab-mix Menggunakan Pupuk Meroke Tetap Jaya

Penutup

Menanam kangkung menggunakan sistem hidroponik ini tergolong sangat mudah, karena tanaman ini juga tergolong tanaman air. Untuk membuat tanaman kangkung lebih unggul dalam segi proporsi tanaman (kualitas dan hasil), kita perlu sekali memperhatikan indikator – indikator penting dalam budidaya tanaman menggunakan sistem hidroponik, seperti pH yang harus sesuai, Ketersediaan sinar matahari yang cukup (minimal 6-8 jam), pemberian nutrisi per-fase umur tanaman. Mungkin sekian informasi yang bisa saya berikan, mengenai tahapan pemberian nutrisi kangkung hidroponik, terimakasih.

G. P. Kurniawan A young man who is enthusiastic about agriculture, entrepreneurship and a little fond of technology topics

Artikel Lainnya

6 Replies to “Tahapan Pemberian Nutrisi AB-MIX Kangkung System Hidroponik”

  1. kok kangkungnya sampai 60 hari baru panen

    1. Wah iya ni mas hehe salah tulis sepertinya saya, biasanya kangkung hidroponik ini sudah bisa di panen pada umur 2 minggu atau sampai 25 harian lebih, tetapi kecepatan panen juga dipengaruhi jumlah kepekatan nutrisi yang diberikan, terimakasih telah mengingatkan mas, salam kenal

  2. gan, punya saya kangkungnya kok daunnya kuning ya, terusan pertumbuhannya juga engga sebagus yang ada di youtube youtubr itu, dimana kurangnya ya, maaf sebelumnya nutrisi sudah sy berikan sesuai dan ph juga sdh sesuai, makasih gan

    1. halo mas, biasanya tanaman selain ph dan nutrisi yang sudah diberikan secara tepat, ada indikator lain yang bisa mempengaruhi pertumbuhan tanaman, baik itu tanaman kangkung, pakcoy dll, indikator tersebut adalah sinar matahari mas, karena beberapa pengalaman saya saat menangani konsumen yang sedang belajar hidroponik, tanamannya tidak menadapatkan sinar matahari yang cukup, minimal 4-6 jam dan maksimal 6 – 8 jam, dan akhirnya tanaman mengeluarkan gejala daun menguning, etiolasi atau pemanjangan batang dan ini sering banget terjadi di tanaman kangkung yang kurang terkena sinar matahari, menjulur panjang dan daun nya sedikit, batang kecil, dan keras. semoga membantu mas..

      1. gtu ya gan, kayanya iya karena ada naungan di tanaman kangkung sy deh, soalnya di smping rumah dan sinar mataharinya jg tanaman kena pas pagi sj, coba aku pindah dulu ke tempat terbuka gan, makasih banyak responnya gan..

        1. iya mas sama2, soalnya sinar matahari penting buat pertumbuhan tanaman.. apalagi seperti tanaman pakcoy yang sangat membutuhkan penyinaran sinar matahari cukup lama, dan jika penyinaran tidak sesuai, biasanya pertumbuhan tanaman pakcoy akan kerdil, daun kecil dan batang juga tidak bisa berbobot.. salam kenal mas..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *