G. P. Kurniawan A young man who is enthusiastic about agriculture, entrepreneurship and a little fond of technology topics

Panduan Cara membuat starter kit hidroponik sistem wick terlengkap

2 min read

Cara membuat starter kit hidroponik | Melihat kondisi di tahun 2020, dimana banyak sekali dampak yang dihasilkan oleh keadaan saat itu, banyak orang yang tadinya tidak tertarik untuk membudidayakan tanaman hidroponik, mulai tertarik dengan teknik budidaya tanaman yang satu ini.

Membuat starter kit hidroponik, jika anda ingin membuka ataupun menjual starter kit hidroponik, pas sekali menemukan artikel ini hehe semoga saja ya.., karena kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat starterkit hidroponik khususnya sistem wick.

Karena memang saya enggak sempat untuk membagikan informasi khususnya tutorial, menggunakan media video (youtube) jadi walaupun saya sampaikan menggunakan tulisan, syukur artikel yang saya buat bisa membantu dan memberikan pemecahan masalah mengenai seputar dunia hidroponik.

Oke, balik lagi ke topik utama, mengenai cara membuat starter kit hidroponik, pertama kita ketahui dahulu apa maksudnya starter kit hidroponik..

Starter kit hidroponik adalah paket komplit hidroponik, artinya dalam satu starterkit sudah berisi media tanam, benih, rockwool, netpot, baki, nutrisi ab-mix, kain flannel hidroponik.

Nah diharapkan dengan adanya starter kit hidroponik ini, bisa mempermudah seseorang yang tertarik membudidayakan tanaman menggunakan sistem hidroponik, walaupun hanya sederhana saja seperti sistem wick.

Untuk anda yang ingin membeli starter kit hidroponik, anda bisa mencarinya di toko online, biasanya harganya engga terlalu mahal – mahal bener kok, dan pastinya sudah komplit dan siap untuk praktik menanam tanaman.

Tetapi untuk anda yang ingin membuat starter kit hidroponik sendiri, kali ini akan saya bahas sedikit saja hehe, karena mudah cara membuatnya dan bahan – bahannya juga tersedia di lingkungan kita, terlebih lagi jika kita dekat dengan lingkungan pasar. Berikut cara membuat starter kit hidroponik :

Cara membuat starter kit hidroponik

Untuk bahan – bahan yang dibutuhkan dalam membuat starter kit hidroponik sistem wick adalah sebagai berikut :

  • Baki Nutrisi
  • Penutup Impraboard 9 lubang (disesuaikan dengan ukuran holesaw yang akan digunakan untuk melubangi impraboard).
  • Netpot (no kain flannel) dan Netpot + Kain Flanel
  • Media Tanam Rockwool
  • Nutrisi 500 ml (bisa anda sesuaikan berapa jumlahnya)
  • Bibit (Sawi, Selada, Kangkung, bayam dll)
  • pH meter dan TDS Meter (kondisional jika ingin anda tambahkan).

Oke, kita bahas…

Semua bahan yang saya sebutkan diatas, pada umumnya tersedia hampir disemua starter kit hidroponik, tinggal nantinya bagaimana anda mengatur masing – masing perhitungan harga di setiap komponen bahan, agar bisa mendapatkan margin / keuntungan di penjualan starter kit anda.

Untuk banyaknya lubang di impraboard disesuaikan dengan luasan baki yang akan anda jadikan starter kit, tetapi rata – rata banyaknya lubang yang ada pada impraboard biasanya berjumlah 9 lubang tanam, yang tentunya akan di imbangi dengan 9 netpot yang sudah di berikan kain flannel maupun masih polosan.

Tetapi jika anda ingin membuat starter kit hidroponik sistem wick yang akan anda gunakan untuk budidaya tanaman hidroponik secara pribadi, maka bahan – bahan yang ada diatas bisa disesuaikan dengan bahan – bahan yang ada di sekitar anda…

Seperti contoh, pada penutup impraboard, bisa anda ganti dengan styrofoam, ataupun bahan lainnya yang bisa menahan sayuran tumbuh. Kita gunakan fleksibiltas saja dalam membudidayakan tanaman menggunakan sistem wick sederhana.

Kemudian untuk baki wadah air nutrisinya bisa anda ganti juga dengan box styrofoam yang sudah tidak terpakai, biasanya yang paling sering digunakan adalah box styrofoam bekas buah, yang berbentuk kotak, seperti ini penampakannya.

Wick sistem dengan menggunakan box styrofoam sumber foto cybex.pertanian.go.id

Yang saya bahas kali ini, hanya bagaimana cara membuat starter kit hidroponik sederhana, yang menggunakan sistem wick, untuk starter kit bentuk sistem hidroponik yang lainnya seperti sistem NFT dan DFT, mungkin ada perbedaan harga yang cukup besar tergantung dengan bentuk dan kerumitan dari pembuatan instalasi hidroponik, yang akan dijadikan starter kit hidroponik.

Penutup

Oke, mungkin sekian yang bisa saya sampaikan, mengenai cara membuat starter kit hidroponik, untuk anda yang sedang membaca artikel ini, dan tertarik untuk mengetahui informasi mengenai seputar hidroponik yang lainnya, bisa mencari pada kolom pencarian di atas…dan jangan lupa untuk tinggalkan komentar jika ada yang ingin di diskusikan, terimakasih.

G. P. Kurniawan A young man who is enthusiastic about agriculture, entrepreneurship and a little fond of technology topics

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *