G. P. Kurniawan A young man who is enthusiastic about agriculture, entrepreneurship and a little fond of technology topics

Fungsi TDS Meter dalam Budidaya Tanaman Sistem Hidroponik

1 min read

Fungsi TDS Meter | Dalam membudidayakan tanaman menggunakan sistem hidroponik, ada beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan agar tanaman kita bisa berhasil tumbuh pada media air.

Salah satu alat vital yang dibutuhkan dalam budidaya tanaman menggunakan sistem hidroponik adalah, TDS Meter.

Saat sesorang akan mempelajari budidaya tanaman menggunakan sistem hidroponik, mungkin masih bertanya – tanya apakah, bisa menanam tanaman dengan sistem hidroponik tanpa menggunakan TDS Meter.?

Sebenarnya jawabannya bisa saja, asalkan kita mengetahui berapa takaran nutrisi jika dilarutkan dalam liter air. Contoh, ada beberapa nutrisi AB-MIX yang dalam melarutkan nutrisinya, dengan takaran 5 ml A dan 5 ml B kemudian di campur dengan 1 Liter air akan menghasilkan 1.200 ppm, dengan ketentuan air baku yang digunakan untuk mencampur nutrisi dibawah 100 ppm.

Baca juga : Panduan cara mengukur ppm air hidroponik dengan alat tds meter | BLOG IDN

Tetapi menurut saya lebih baik kita mempunyai alat TDS Meter ini, dimana fungsi dari alat tds meter ini memang sangat vital dalam budidaya tanaman menggunakan hidroponik.

TDS Meter sendiri ada dua (2) macam, yang pertama TDS Meter yang menunjukan PPM dan TDS Meter yang menunjukan EC.

Biasanya harga dari EC Meter yag menunjukan EC lebih tinggi dibandingkan dengan TDS Meter yang menunjukan PPM, tetapi sebenarnya untuk perhitungan nilai TDS Meter (PPM) suatu larutan nutrisi itu diperoleh dari nilai EC meter yang dikalikan dengan angka tertentu, sesuai dengan racikan dari produsen pembuat alat ini masing – masing.

Lalu apa sebenarnya fungsi dari TDS Meter ini.? Fungsi dari tds meter pada dasarnya adalah mengetahui kepekatan suatu larutan dengan satuan PPM (Part per million) atau yang memiliki arti sepersejuta bagian.

TDS-3 (TDS Meter dan Suhu)

Dikarenakan dalam budidaya tanaman menggunakan sistem hidroponik kita perlu mengetahui berapa kepekatan nutrisi di setiap fase umur tanaman, maka fungsi dari tds meter ini ialah untuk membantu kita dalam memberikan kepekatan yang sesuai agar tanaman dapat tumbuh dengan maksimal.

Untuk harga TDS Meter sendiri, yang paling murah dulu saya mendapatkan harga Rp. 111.000 dan saya beli melalui toko online. Tapi hasilnya tetap bagus kok tanaman hidroponiknya, yang terpenting indikator penting lain dalam budidaya tanaman hidroponik tetap diperhatikan.

G. P. Kurniawan A young man who is enthusiastic about agriculture, entrepreneurship and a little fond of technology topics