Cara membuat Nutrisi AB Mix hidroponik menggunakan pupuk Meroke Tetap Jaya

Membudidayakan tanaman menggunakan sistem hidroponik merupakan tenik menanam tanaman tanpa menggunakan media tanah. Dimana dalam cara kerja nya hanya menggunakan air yang diberi supply nutrisi yang dibutuhkan oleh masing – masing tanaman. Biasanya nutrisi hidroponik disebut dengan nutrisi AB MIX karena karena pupuk hidroponik adalah campuran dari pupuk esensial makro dan mikro yang sangat komplit, saking komplitnya beberapa unsur hara yang bila dicampur jadi satu maka akan menimbulkan reaksi (pengapuran), sehingga harus dibagi menjadi 2 bagian.

Nutrisi AB Mix hidroponik sangat banyak sekali jenisnya, dan harga yang ada di pasaran pun bervariasi ada yang mahal dan ada yang tidak terlalu mahal. Biasanya pupuk / nutrisi ab mix yang harganya standar sebanding dengan kualitas dan kuantitas yang diberikan, sedangkan jika nutrisi ab mix dengan harga tinggi akan lebih tinggi pula kualitas dan efektivitas dalam penggunaanya.

Beberapa merek nutrisi ab mix yang berada di pasaran khususnya indonesia, dapat saya katakan cukup mahal untuk kalangan hidroponik pemula, seperti hasil berbincang saya dengan salah satu kenalan saya, bahwa ia menggunakan pupuk / nutrisi ab mix dengan merek tertentu dengan harga Rp. 150.000.00 yang nantinya akan dilarutkan menjadi 5 liter (nutrisi tanaman daun).

Menurut saya memang rata – rata nutrisi ab mix di indonesia ya segitu harganya, tetapi setelah saya mencari – cari informasi di internet maupun berbincang dengan para ahli hidroponik, saya diberikan rekomendasi untuk menggunakan salah satu jenis pupuk buatan indonesia, yaitu meroke tetap jaya.

Memang setelah saya tonton di youtube banyak sekali yang merekomendasikan untuk menggunakan jenis pupuk yang satu ini, dan sudah banyak buktinya bahwa menggunakan pupuk ini pada tanaman hidroponik akan menghasilkan kualitas yang cukup baik. Bahkan ada yang mengatakn bahwa jika menggunakan pupuk ini akan lebih murah dibandingkan menggunakan pupuk / nutrisi yang telah jadi.

Saya pun saat itu tertarik menggunakan pupuk ini untuk menanam tanaman hidroponik di lokasi saya, hasilnya dapat dikatakan bagus tetapi perlu disesuaikan lagi racikan pupuk ini dengan kondisi – kondisi lainnya pada masing – masing daerah. Nanti di artikel selanjutnya akan saya berikan infomasi hasil dari menggunakan pupuk meroke.

Oke langsung saja, saya akan berikan informasi mengenai racikan nutrisi ab mix untuk menanam tanaman hidroponik sayuran daun.

Meracik Nutrisi AB – Mix Meroke Nutrisi Sayuran Daun

Jadi bahan – bahan yang diperlukan untuk membuat pekatan ab mix 10 liter ialah :

Pekatan A

  • Meroke calnit 950 gr

Pekatan B

  • Meroke mag-s 460 gr
  • Meroke flex – g 1.250 gr
  • Meroke Map 60 gr
  • Meroke vitaflex 15 gr

Cara membuatnya :

  • Takar masing – masing pupuk sesuai dengan panduan.
  • Setelah itu campur meroke calnit sebanyak 950 gr ke dalam air baku sebanyak 5 liter, aduk sampai tercampur rata.
  • Setelah itu larutkan kembali pada wadah yang berbeda, pupuk untuk membuat pekatan B.
  • Pada panduannya setiap 5 ml A dan 5 ml B digunakan untuk 1 liter air baku dengan ppm 1000.
  • Tinggal anda sesuaikan saja, ingin membuat ppm berapa pada air baku anda.
  • Jika sudah, nutrisi sudah bisa digunakan.

Sebenarnya masih ada lagi racikan untuk membuat nutrisi ab mix menggunakan pupuk meroke ataupun jenis pupuk yang lainnya, tetapi menurut saya yang paling komplit komposisi antara unsur makro dan mikro yang dibutuhkan oleh jenis tanaman sayur ialah dengan komposisi yang saya sebutkan diatas.

Lalu bagaimana cara meracik nutrisi buah khususnya melon dan semangka menggunakan pupuk meroke.? Jadi teman – teman bisa membaca panduan berikut ini mengenai cara meracik nutrisi buah khususnya melon dan semangka.

Cara Meracik Nutrisi Buah Menggunakan Pupuk Meroke

Untuk teman – teman yang ingin mencoba menanam tanaman hidroponik menggunakan racikan diatas, silahkan dicoba, dan nanti pada artikel selanjutnya saya akan memberikan informasi mengenai progres tanaman menggunakan nutrisi ab mix pupuk meroke jaya terimakasih.

Default image
G. P. Kurniawan
Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

6 Comments

  1. makasih infonya mas, saya coba dahulu, ini udah pesen kemarin pupuknya tinggal ngeraciknya hehe

  2. unsur K belum ada ya

    • G. P. Kurniawan
      G. P. Kurniawan

      iya pak, disini memang racikannya tidak memakai unsur kalium untuk jenis racikan nutrisi sayuran daun, karena menurut saya unsur kalium lebih dibutuhkan oleh tanaman jenis buah seperti melon dsb walaupun tanaman sayur juga pada dasarnya memang membutuhkan unsur kalium untuk pembentukan akar baru, batang dsb.. tetapi unsur kalium tsb bisa digantikan dengan unsur lain yang memiliki kegunaan sama dan hasilnya juga cukup bagus kok pak tidak kalah dengan nutrisi ab mix yang sudah dikemas di marketplace online hehe.. mohon dikoreksi bila ada salah kata..

  3. Mas ada hasil tanaman yang make nutrisi ini ngga.? kalo ada boleh di share dong mas

Leave a Reply