G. P. Kurniawan Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

11 Contoh jenis tanaman hidroponik dengan waktu panen yang paling cepat

Budidaya tanaman dengan menggunakan hidroponik merupakan budidaya tanaman yang dapat dikatakan mempunyai keunggulan tersendiri, keunggulan tersebut bisa muncul jika dalam praktiknya kita mengetahui dengan pasti bagaimana langkah-langkah budidaya tanaman dengan tepat. Pada topik kali ini saya akan membagikan informasi mengenai 11 contoh jenis tanaman hidroponik dengan waktu panen paling cepat, kenapa saya menulis artikel ini.? karena menurut saya artikel ini cocok untuk para pemula yang sedang belajar memulai budidaya tanaman menggunakan sistem hidroponik.

Dengan mengetahui umur tanaman mulai dari waktu awal tanam hingga memasuki masa panen, kita bisa menentukan tanaman apakah yang akan kita tanam sesuai dengan kebutuhan kita. Seperti contoh saya dahulu saat baru memulai belajar budidaya tanaman, saya memilih jenis tanaman sayuran yakni pakcoy, yang saya pikir dalam perawatannya mudah dan rentang waktu panennya tidak teralu lama. Kemudian setelah berhasil dalam membudidayakan tanaman pakcoy menggunakan sistem hidroponik saya mencoba jenis tanaman lainnya untuk menambah pengalaman dalam teknik budidaya tanaman hidroponik.

Na berikut ini merupakan beberapa rekomendasi tanaman yang mempunyai waktu panen paling cepat, tanaman yang saya rekomendasikan akan dibedakan menjadi 2 bagian yakni tanaman jenis sayur dan tanaman jenis buah. Yuk langsung dicek tanaman apa saja kah yang mempunyai rentang waktu panen paling cepat.?

Tanaman Sayur

1. Tanaman Pakcoy

Tanaman pakcoy merupakan tanaman sayuran yang mudah dibudidayakan secara hidroponik. Tanaman ini memiliki umur panen berkisar antara 22 HST – 30 HST (Hari Setelah Tanam). Perawatan Pakcoy juga sangat mudah cukup memberikan nutrisi jika sudah berkurang dan tetap mengontrol ph air.

2. Tanaman Tanaman Sawi Hijau

Tanaman sawi hijau merupakan tanaman sayuran yang cukup populer di kalangan petani hidroponik, tanaman yang satu ini banyak di pilih oleh para petani hidroponik karena perawatan dalam budidaya tanamannya tidak rumit dan mempunyai harga / nilai ekonomis yang lumayan. Untuk waktu panen Tanaman Sawi Hijau berkisar antara 2 hingga 3 bulan tergantung bagaimana teknik pemberian nutrisi yang dilakukan. Tetapi normalnya panen dapat dilakukan ketika memasuki usia 3 bulan.

3. Tanaman Kangkung

Tanaman kangkung masuk ke dalam tanaman yang paling mudah untuk di budidayakan. Tanaman kangkung sendiri pada dasarnya merupakan tanaman air atau tanaman yang lingkungan tumbuhnya membutuhkan banyak air. Dengan menanam tanaman kangkung ke dalam sistem hidroponik, ini membuat waktu panen akan semakin cepat, beriksar antara 27-30 Hari setelah taanam dan nutrisi yang saya rekomendasikan ialah jenis nutrisi AB Mix yang terbukti membuat hasil kualitas kangkung bagus.

Keunggulan dari tanaman kangkung jika diperuntukan untuk konsumsi sendiri bisa dilakukan 5-10 kali pemanenan atau bahkan lebih, yang terpenting pemberian nutrisi tetap sesuai dengan kebutuhan umur tanaman dan perawatannya tepat.

4. Tanaman Selada Hijau

Tanaman selada hijau ialah tanaman sayuran yang masuk kedalam kategori tanaman cepat panen, tanaman selada hijau banyak di sukai selain karena kandungan gizinya harga dari tanaman selada hijau hidroponik ini juga tinggi. Normalnya untuk waktu panen tanaman selada hijau ini ialah 40-55 hari setelah tanam (HST), atau bahkan bisa kurang.

5. Tanaman Bayam

Tanaman bayam merupakan tanaman yang banyak di budidayakan oleh petani hidroponik pemula karena dalam perawatannya tidak terlalu sulit dan masa panennya tergolong cepat, untuk masa panen tanaman bayam berkisar antara 30 – 40 HSS (Hari setelah semai).

6. Tanaman Seledri

Tanaman seledri mempunyai rentang waktu panen sekitar 1 – 1,5 bulan setelah tanam. Tanaman seledri ini merupakan tanaman yang mempunyai harga ekonomis cukup tinggi.

7. Tanaman Baby kailan

Membudidayakan Tanaman baby kailan hampir sama dengan tingkat perawatannya dengan menanam sawi hijau dan pakcoy. Tanaman baby kailan ini memiliki ciri berdaun tebal, datar dan berwarna hijau. Tanaman baby kailan memiliki rentang waktu panen tercepat 7 – 8 minggu setelah waktu tanam dilakukan.

Tanaman Buah

Selanjutnya ialah waktu panen tanaman buah :

1. Tanaman Mentimun

Tanaman mentimun yang di tanam menggunakan media hidroponik, akan menghasilkan buah yang bersih dan kuailtas yang terjamin. Dalam perawatannya tanaman mentimun perlu perlakuan yang tidak terlalu itensif. Normalnya tanaman mentimun memiliki masa panen antara rentang waktu 2 – 3 bulan setelah masa tanam, dan itu tergantung dari jenis varietas timun yang ditanam.

2. Tanaman Tomat

Siapa yang tidak mengetahui tanaman jenis buah yang satu ini.? iya tanaman tomat merupakan tanaman yang dicirikan dengan buahnya yang berwarna hijau ataupun merah, tergantung dari jenis varietas yang ditanam. Tanaman tomat mempunyai kandungan vitamin C dan A yang cukup tinggi, maka dari itu jangan ragu untuk mencoba menanam tanaman jenis buah yang satu ini. Tanaman tomat normalnya berbuah dan dapat di panen pada waktu 2-3 bulan saat sudah mulai berbuah.

3. Tanaman Melon

Menanam Tanaman melon pada media hidroponik tergolong cukup mudah jika di bandingkan dengan menanam melonn menggunakan sistem pertanian konvensional. Hasil buahnya pun dapat diatur kualitasnya, rentang waktu panen tanaman melon ini normalnya beriksar antara 50 hari – 2 bulan, dengan di tandai buah melon yang sudah memiliki jaring pada kulit buahnya.

4. Tanaman strawberry

Waktu panen tanaman strawberry normalnya berkisar 4 – 6 bulan setelah masa tanam. Tanaman strawberry merupakan tanaman yang banyak dan disukai oleh hidroponik pemula, selain karena perawatannya yang tidak terlalu sulit buah yang di hasilkan juga tergolong banyak tergantung bagaimana cara merawat dan pemberian nutrisi pada masa pertumbuhan hingga menghasilkan buah pada tanaman strawberry.

Jadi itulah informasi mengenai beberapa jenis tanaman hidroponik dengan waktu panen yang paling cepat, informasi yang saya berikan ini mungkin saja berbeda dengan praktiknya di lapangan, tetapi data yang saya berikan merupakan masa panen normal rata-rata dari jenis tanaman yang tulis. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para hidroponik pemula dan bisa membuka pemikiran terbaru untuk menanam jenis tanaman yang lain.

G. P. Kurniawan Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

2 Replies to “11 Contoh jenis tanaman hidroponik dengan waktu panen yang paling cepat”

  1. makasih infonya kak, rencana sy ini mau nyoba nanam pakcoy kak hehe ada tips yang bisa diberikan kak biar pakcoy pasti panen kak.?? thanks

    1. hehe iya mbak, sebenernya tips agar pakcoy yang kita tanam dapat tumbuh dengan optimal, yang perlu diperhatikan ada 3 point utama mba, yaitu pencahayaan yang cukup maksimal 8 jam dalam sehati, ppm yang sesuai dengan fase umur tanaman, dan pH yang sesuai dengan syarat tumbuh tanaman, nah untuk masing – masing syarat tersebut sudah saya buatkan artikelnya mbak silahkan bisa di baca hehe.. terimakasih sudah mengunjungi blog ini..

Average
5 Based On 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *