G. P. Kurniawan A young man who is enthusiastic about agriculture, entrepreneurship and a little fond of technology topics

13 Sifat Seorang Wirausahawan yang Perlu Anda Ketahui

Berwirausaha merupakan kegiatan yang dilakukan seseorang dengan dasar ingin mencapai sesuatu dengan cara membuat sebuah usaha yang sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

Seorang wirausahawan yang sukses tidak lepas dari yang namanya kerja keras, ketekunan yang tinggi dan pantang untuk menyerah, mereka akan berusahan semaksimal mungkin, secerdas mungkin untuk dapat melalui masalah – masalah yang mehampiri dalam proses membangun usahanya.

Hellriegel (2002), menyatakan bahwa seorang wirausaha menciptakan sesuatu yang memberikan kegunaan atau manfaat tambahan dengan menerima resiko dan ketidak pastian berkaitan dengan usahanyaMenurutnya, wirausahawan minimal gabungan dari sesuatu yang baru, sesuatu yang lebih baik, produk baru, proses baru, pasar baru, sistem deliveri baru atau saluran distribusi baru

Tetapi ada aspek lain yang mendasari bahwa sebuah kegiatan kewirausahaan bukan hanya sekedar seseorang tersebut mempunyai keterampilan manajerial dan usaha belaka, tetapi dalam kewirausahaan ada aspek mental dan perilaku yang dapat menentukan kesuksesan dan pertumbuhan atas usaha yang dijalaninya.

Menurut para ahli, Hellriegel (2002), menyatakan bahwa seorang wirausaha menciptakan sesuatu yang memberikan kegunaan atau manfaat tambahan dengan menerima resiko dan ketidak pastian berkaitan dengan usahanya. Menurutnya, wirausahawan minimal gabungan dari sesuatu yang baru, sesuatu yang lebih baik, produk baru, proses baru, pasar baru, sistem deliveri baru atau saluran distribusi baru.

Maka dari itu kali ini akan dibahas mengenai sifat – sifat seorang wirausahawan yang unggul dan mampu mengarahkan usahanya menjadi lebih baik.

Sifat – Sifat Seorang Wirausahawan Unggul

  1. Jujur
    Seorang wirausahawan harus mempunyai sifat jujur, karena kejujuran merupakan pilar utama seseorang yang menjalankan kegiatan wirusaha.

    Dengan selalu jujur, kita akan lebih di percaya oleh pelanggan dalam usaha kita maupun dipercaya oleh bawahan yang bekerja dalam usaha kita.
  2. Pandai / Cerdas Melihat Peluang dan Bertindak
    Seorang wirausaha harus mempunyai sifat pandai dan cerdas, pandai disini memiliki arti yang sangat luas, karena anda akan menempati posisi sebagai bos, maka anda harus pandai dalam segala hal yang berkaitan dengan usaha anda.

    Seperti contoh seseorang yang menjalankan kegiatan wirausaha harus pandai dan cerdas dalam mengatur perencanaan, pelaksanaan, kontroling, dan pengorganisasian yang berkaitan dengan usahanya.
  3. Percaya diri
    Percaya diri, merupakan sifat yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha, dengan percaya seorang wirausahawan akan mampu memimpin segala hal.

    Jika seorang wirausahawan tidak memiliki kepercayaan diri yang besar, maka bagaimana anggota bawahannya akan percaya kepadanya.? Maka dari itu percaya diri merupakan nilai paling dasar yang harus dimiliki seseorang wirausahawan.
  4. Berani Mengambil Resiko yang Ada
    Seorang wirausahawan harus berani mengambil resiko yang ada demi kepentingan usaha yang dijalankannya.

    Dalam menjalankan usaha, sudah pasti ada yang namanya resiko, resiko akan menghasilkan keberhasilan dan kegagalan, maka dari itu tinggal bagaimana pemimpin usaha bisa mengatur dan memikirkan langkah yang tepat dalam pengambilan keputusan.
  5. Berorientasi Capaian Target
    Seorang wirausahawan yang cerdas harus rencana capaian target, demi mewujudkan pertumbuhan usaha yang sedang dijalaninya.
  6. Memiliki Kemampuan Memimpin yang Baik
    Kepemimpinan merupakan sifat yang sangat penting jika anda akan mejadi seorang wirausahawan, karena nanti saat anda menjalankan usaha yang sudah berkembang cukup besar, anda harus merekrut anggota menjadi bawahan anda, disitulah kepemimpinan anda akan diasah.
  7. Ulet dan Tekun
    Seorang wirausahawan yang ingin sukses harus memiliki sifat ulet, karena dalam perjalanannya, mendirikan usaha tidak semudah membalikan telapak tangan maka dari itu sifat ulet serta tekun harus selalu dimiliki seorang wirausaha yang ingin sukses.
  8. Memahami Etika dalam Berbisnis
    Etika dalam berbisnis sangat perlu ditanamkan pada orang yang sedang menjalankan usaha. Karena pada dasarnya semua usaha berbentuk pelayanan kepada konsumen, maka kita harus mampu mengetahui dan menghargai konsumen kita, dalam bentuk pelayanan, kualitas produk yang baik dan memuaskan.

Penutup

Jadi itulah beberapa informasi mengenai sifat – sifat seorang wirausaha. Menjadi wirausahwan bukanlah suatu pekerjaan, tetapi wirausahawan merupakan pola pikir kreatif yang menghasilkan berbagai tindakan dan produk nyata. Terimakasih.

G. P. Kurniawan A young man who is enthusiastic about agriculture, entrepreneurship and a little fond of technology topics

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *