[LENGKAP] 9 Perbedaan antara Marmut dan Hamster

Memiliki hewan peliharaan kesayangan merupakan kegiatan yang menyenangkan, banyak hal yang di dapat jika kita memelihara hewa kesayangan. Selain dijadikan sebagai hobi semata, memelihara hewan kesayangan dapat juga menjadi peluang bisnis yang menjanjikan apabila kita memahami peluang yang ada.

Beberapa jenis hewan yang dijadikan peliharaan kesayangan memiliki karakteristik bentuk tubuh yang dapat dikatakan hampir mirip, walaupun tidak sepenuhnya mirip / sama. Salah satu jenis hewan yang memiliki karakteristik hampir mirip secara sekilas jika dilihat ialah, hewan marmut dan hamster.

Hewan Marmut dan Hamster merupakan hewan yang banyak dijadikan peliharaan karena bentuk tubuh yang tidak terlalu besar dan tidak membutuhkan perawatan yang susah, selain itu kedua jenis hewan tersebut sangat ramah dengan manusia.

Baca Juga : 5 tips cara merawat kelinci dengan baik agar tetap hidup sehat

Perbedaan karakteristik kedua jenis hewan ini tidak terlalu kelihatan, bahkan tak jarang orang awam menyebut kedua hewan ini dengan nama yang sama, padahal tidak. Nah kali ini saya akan memberikan informasi mengenai perbedaan antara hewan marmut dan hamster.

Informasi ini sangat berguna untuk kamu yang sedang mencari pilihan untuk menentukan jenis hewan apa yang akan dipelihara.

Perbedaan Marmut dan Hamster

Marmut vs hamster

Foto Marmut

Perbedaan antara marmut dan hamster yang pertama ialah :

  1. Ukuran tubuh marmut lebih besar ketimbang hamster, dengan ukuran tubuh marmut kurang lebih 10 sampai 25 cm, sedangkan ukuran tubuh hamster hanya 2 – 5 cm.
  2. Pada jenis makanan, kedua hewan ini memiliki perbedaan pada jenis makan yang dimakan. Marmut lebih menyukai makanan jenis rumput – rumputan, sedangkan hamser lebih menyukai makanan jenis biji – bijian.
  3. Marmut lebih banyak membutuhkan makanan yang mempunyai kandungan vitamin C tinggi, karena jika marmut kekurangan kandungan vitamin C dari makanan yang dimakan, marmut akan mengalami gangguan kesehatan, bahkan lebih parahnya bisa mati.
  4. Marmut merupakan jenis hewan yang suka hidup berkelompok, jenis hewan ini tidak dapat hidup sendirian (jantan saja ataupun betina saja), karena jika marmut hidup sendirian akan lebih berpotensi mengalami gejala depresi / stress.
  5. Sedangkan Hamster dapat dipelihara sendiri saja, karena jenis hewan ini sudah terbiasa hidup sendiri (sifatnya). Tetapi kalau kamu ingin memelihara hamster pelihara sepasang yaa, kasian kalau sendiri hehe.
  6. Selain perbedaan ukuran tubuh, marmut dan hamster memiliki perbedaan pada bagian telinga, Telinga hamster dapat berdiri tegak sedangkan telinga marmut tidak dapat berdiri tegak.
  7. Hamster memiliki pipi yang chubby karena memiliki kantung elastis untuk penyimpanan makanan dimulutnya dan sanggup menyimpan 20% makanan dari total berat badannya.
  8. Hamster cenderung lebih aktif dan lincah dibandingkan dengan marmut.
  9. Bulu Hamster cenderung lebih halus, sedangkan bulu marmut cenderung lebih kasar.
Foto Hamster

Nah jadi itulah perbedaan antara marmut dan hamster, infofact bahwa hewan hamster sejak lahir telah buta warna, jadi ia hanya bisa membedakan warna hitam dan putih saja dengan jarak pengelihatan sejauh 6 inc, eits walaupun pengelihatan hamster yang kurang tetapi pendengaran hamster dapat mendengar sampai level ultrasonic. Untuk kamu yang ingin memelihara salah satu dari kedua jenis hewan ini, selalu perhatikan kebersihan dan kebutuhan dari masing – masing jenis hewan yaa, agar hewan yang kamu pelihara dapat hidup dengan sehat.

Default image
G. P. Kurniawan
Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

Leave a Reply