G. P. Kurniawan A young man who is enthusiastic about agriculture, entrepreneurship and a little fond of technology topics

Pendapatan Menurun Setelah Iklan (ads) Link Dihentikan Oleh Google.?

Iklan link atau link ads merupakan salah satu jenis iklan yang dahulu dikeluarkan google namun kini sudah diberhentikan per tanggal 10 april mendatang. Ada beberapa alasan mengapa iklan link ini diberhentikan oleh google sendiri, karena menurut beberapa orang yang yang menjadi partnership dengan adsense, pendapatan mereka menurun drastis ketika iklan link diberhentikan.

Untuk yang belum tahu bagaimana contoh iklan link, bisa melihat dokumentasi dibawah ini, karena tidak semua akun adsense mendapatkan jenis iklan ini, hanya akun adsense 2017 kebawah saja yang langsung mendapatkan iklan link di pilihan jenis iklan pada dashboard adsense.

Memang notifikasi iklan link akan dihentikan ini sudah disampaikan cukup lama dan beberapa publisher juga telah mendapatkan informasi dari google melalui pesan gmail yang dikirimkan.

Tetapi saya jadi tertarik untuk membuat artikel ini, karena banyak yang mengeluh juga pendapatannya menurun akibat iklan link ini dihentikan oleh google.

Apa Alasan Google Menghentikan Iklan berjenis link.?

Nah menurut beberapa sumber yang telah saya baca, iklan link dihentikan memang memiliki tujuan untuk menyempurnakan konsep iklan yang terus berkembang seiring berjalannya waktu, google sendiri juga mengatakan bahwa,

Penghentian ini kami lakukan untuk membuat format iklan yang ada menjadi lebih modern, berdasarkan masukan dari pengguna, penayang, dan pengiklan. Ke depannya, kami akan berfokus dalam menyempurnakan dan membuat format iklan lainnya untuk membantu Anda berkembang.

sumber : https://support.google.com/adsense/answer/9987221?hl=id

Nah mungkin kalau pendapat saya, iklan link memang memberikan banyak peluang peningkatan pendapatan bagi publisher, tetapi karena bentuk iklan link yang hanya sebuah kata yang disusun menjadi kalimat, banyak orang atau visitor yang terkadang salah klik, karena tidak terlalu paham dengan bentuk iklan seperti itu, dikirannya hanya navigasi menu.

Nah karena bukan orang atau visitor yang memang benar – benar tertarik dengan produk ataupun jasa yang ditampilkan pada iklan, maka hal ini menurut saya cukup merugikan pihak google sendiri, mungkin hal ini juga menjadi salah salah satu alasan iklan link dihentikan.

Berbeda dengan jenis iklan yang lainnya seperti konsep iklan display yang langsung mengusung susunan kata dan gambar yang lebih bisa membuat orang atau visitor benar – benar tertarik dengan jenis produk atau jasa yang ditawarkan.

Iklan Link di AMP Masih Tersedia

Beberapa orang menyampaikan bahwa iklan link pada situs yang menggunakan fitur amp atau (Accelerated Mobile Pages) masih tersedia atau muncul, google sendiri menegaskan bahwa jika kita menggunakan iklan tipe link maka otomatis iklan yang tampil pada artikel ataupun bagian web lainnya akan menjadi jenis iklan display.

Tetapi pada situs yang menggunakan fitur amp iklan link masih muncul, dan memang perubahan secara menyeluruh mengenai pemberhentian iklan link ini bertahap pelaksanaannya.

Penutup

Mungkin sekian informasi yang bisa saya sampaikan kali ini mengenai topik iklan link yang mulai diberhentikan oleh google, jujur saya sendiri memang tidak terlalu fokus menggunakan iklan link pada web ini, dan jika ditanya mengenai apakah pendapatan menurun atau tidak, jawabannya sama saja dengan sebelumnya tetapi memang belakangan ini cpc cukup naik.

Oke…semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan anda yang masih bingung mengapa iklan link dihentikan dan apa alsannya, bagikan jika artikel ini sekiranya bermanfaat bagi orang lain terimakasih.

G. P. Kurniawan A young man who is enthusiastic about agriculture, entrepreneurship and a little fond of technology topics

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *