G. P. Kurniawan Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

Cara mudah menanam strawberry sendiri di lingkungan rumah sampai berbuah

Halo kawan-kawan, siapa yang menyukai buah strawberry.? Buah yang mempunyai rasa asam dan manis ini banyak disukai orang lho.? selain karena rasanya yang unik, buah ini juga mempunyai kandungan nutrisi yang tinggi juga, menurut hasil riset buah yang memiliki warna lebih mencolok itu kandungan gizi nya tinggi terutama kandungan antioksidan di dalam buah tersebut.

Selain kandungan antioksidan yang terdapat dalam buah strawberry, ada kandungan gizi yang penting lainnya seperti vitamin c, vitamin a dll yang baik untuk memperbaiki kekurangan gizi pada tubuh kita. Nah buah strawberry ini banyak di budidayakan di daerah dataran tinggi, karena syarat tumbuh di dataran tinggi mendukung strawberry ini untuk dapat tumbuh subur..

Tetapi tidak dipungkiri bahwa di dataran rendah juga dapat di budidayakan, si tanaman strawberry ini dengan syarat saat kita menanam atau membudidayakan tanaman strawberry ini sebisa mungkin kita memberikan lingkungan dengan syarat tumbuh si strawberry ini… Untuk mengetahui syarat tumbuh si tanaman strawberry ini , bisa klik link ini :

Setelah mengetahui syarat tumbuh dari tanaman strawberry ini, barulah kita dapat mulai menanam dan membudidayakannya, alat dan bahan yang dibutuhkan ialah :

Alat

  • 1. Cetok
  • 2. Pot Ukuran sedang atau besar tidak apa-apa / untuk mengganti pot bisa gunakan ember bekas atau bisa gunakan poly bag
  • 3. Siapkan cangkul jika perlu

Bahan

  • 1. Bibit strawberry (bisa berupa biji dan bisa berupa bibit vegetatif dari akar sulur tanaman strawberry atau yang biasa disebut anakan tanaman strawberry sendiri.
  • 2. Poly bag atau pot kecil untuk menyemai bibit
  • 3. Tanah yang subur dan pupuk kompos/pupuk kandang (pupuk yang sudah jadi)

Setelah bahan dan alat semuanya terkumpul, ada beberapa tahap dalam mulai menanam strawberry hingga berbuah. Tahap yang pertama yang dilakukan ialah menyemai bibit strawberry, tahap yang kedua menyiapkan media tumbuh, dan yang ketiga pemeliharaan tanaman strawberry hingga berbuah.

Penyemaian Bibit Strawberry

cara menyemai bibit strawberry ini cukup mudah, kalian siapkan bibit strawberry yang berupa biji, kemudian siapkan polybag dengan tanah yang sudah dicampur pupuk kompos. Perbandiang antara tanah dan pupuk kompos ialah 2:1 artinya jika menggunakan tanah 2 ember tambahkan pupuk kompos satu ember. Masukan tanah ke dalam polybag secukupnya saja, kemudian tebarkan biji strawberry diatas tanah dalam polybag tadi, dan tutup biji yang sudah di tebarkan dengan tanah gembur, tipis saja saat menutupnya agar biji bisa tumbuh dengan cepat. Kemudian untuk pemeliharaan biji yang disemai bisa di semprotkan air secara tipis dan secukupnya pada pagi hari dan sore hari..

Tunggu hingga biji tumbuh dan siap untuk ditanam, untuk kondisi bibit semaian yang siap tanam, mempunyai ciri-ciri daun berupa 6 lembar, dan berumur sekitar 1 setengah bulan.

Pemindahan Bibit strawberry ke polybag atau pot

Setelah bibit siap untuk ditanam dalam pot atau poly bag, siapkan kembali pot atau poly bag yang sudah berisi tanah campuran pupuk kompos. Kemudian ambil bibit strawberry dan tanam ke dalam pot atau poly bag. Dalam satu poly bag berikan satu bibit saja agar tidak terlalu ramai saat tumbuh nantinya. Kemudian untuk tahap pemeliharaan akan saya berikan di artikel berikutnya.

G. P. Kurniawan Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *