G. P. Kurniawan A young man who is enthusiastic about agriculture, entrepreneurship and a little fond of technology topics

5 Indikator cara membedakan jenis kelamin jantan dan betina pada ikan nila

Cara membedakan kelamin jantan dan betina ikan nila | Ikan nila merupakan ikan yang cukup mudah dibudidayakan. Banyak orang memilih untuk membudidayakan nila karena dari segi perawatan tidak terlalu sulit dan dari segi jenis pakan juga tidak terlalu sulit untuk ditemukan.

Seperti saat ini, saya memelihara ikan nila menggunaka kolam terpal dengan memanfaatkan pekarangan rumah yang tersedia.

Sebenarnya dahulu sudah pernah membudidayakan ikan nila menggunakan kolam tanah, hanya saja karena ada perubahan konstruksi pada lahan menjadi persawahan, akibatnya sempat berhenti untuk membudidayakan ikan nila.

Membudidayakan ikan nila bagi sebagian orang memang tergolong cukup sulit, karena biasanya kondisi air di berbagai tempat tidak menunjang untuk ikan nila tumbuh dengan optimal.

Terlebih lagi jika sudah masuk ke musim penghujan, jika kita memelihara ikan nila menggunakan kolam terpal, sering sekali terjadi kematian ikan nila dalam kolam terpal, yang disebabkan oleh pH air meningkat karena air hujan mengandung asam, terlebih lagi di daerah perkotaan.

Berbeda dengan budidaya ikan nila yang menggunakan kolam tanah, dimana jika ada air hujan maka pH air akan berangsur – angsur netral dengan dibantu oleh tanah.

Tetapi tahukah anda ciri – ciri ikan nila jantan dan betina.? Pastinya dari teman – teman yang membudidayakan ikan nila memiliki pertanyaan, bagaimana ya membedakan ikan nila jantan dan betina.?

Nah, kali ini saya akan membagikan bagaimana ciri ciri ikan nila jantan dan betina serta cara membedakan nila jantan dan betina.

Cara membedakan kelamin jantan dan betina pada ikan nila

Berikut merupakan informasi cara membedakan ikan nila jantan dan betina :

Cara membedakan ikan nila jantan dan betina

Mengetahui Jenis Kelamin Nila Betina

  1. Point pertama untuk mengetahui jenis kelamin ikan nila betina adalah dengan memperhatikan tiga buah lubang pada urogenetial, 3 buah lubang tersebut ialah dubur, lubang pengeluaran telur, dan lubang urine.
  2. Point kedua untuk mengetahui jenis kelamin ikan nila betia adalah pada ujung pada sirip nila betina lebih berwarna kemerah – merahan atau pucat tidak jelas.
  3. Selanjutnya pada bagian perut bawah memiliki warna lebih putih dibandingkan dengan ikan nila jantan.
  4. Point ke empat untuk mengetahui jenis kelamin ikan nila betina adalah, Jika perut nila betina distriping tidak mengeluarkan cairan sama sekali.

Tetapi menurut saya yang paling mudah untuk membedakan jenis kelamin betina adalah dengan melihat 3 lubang (Lubang anus, lubang pengeluaran telur dan lubang urine)

pada bagian perut bawah ikan nila.

Mengetahui Jenis Kelamin Nila Jantan

  1. Point pertama untuk mengetahui jenis kelamin pada ikan nila jantan ialah pada alat urogenetial terdapat dua buah lubang, yaitu anus dan lubang sperma merangkap lubang urine.
  2. Point kedua untuk membedakan jenis kelamin ikan nila jantan pada bagian ujing sirip berwarna kemerah – merahan serta terang dan jelas.
  3. Kemudian pada bagian perut bawah ikan nila lebih berwarna gelap dan kehitam – hitaman.
  4. Dan point yang terkahir untuk mengetahui jenis kelamin ikan nila jantan adalah pada perut Jika distriping akan mengeluarkan cairan.

Berikut ini merupakan tabel Kriteria kuantitatif sifat produksi menurut SNI 01 – 6138 – 1999, anda bisa melihat ikan nila bisa mulai untuk dipijahkan dengan mengacu pada informasi berikut :

5 Indikator ikan nila sudah siap untuk dikawinkan.

Penutup

Sekian informasi yang dapat saya berikan mengenai cara membedakan jenis kelamin ikan nila jantan dab betina, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi seputar budidaya ikan nila, Terimakasih…

G. P. Kurniawan A young man who is enthusiastic about agriculture, entrepreneurship and a little fond of technology topics

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *