G. P. Kurniawan A young man who is enthusiastic about agriculture, entrepreneurship and a little fond of technology topics

Mudah! Cara Menanam Kangkung Sistem Hidroponik Dengan Botol Bekas

Kegiatan bercocok tanam memang untuk sebagian orang dapat mengisi waktu luang dirumah dan bisa menambah kebutuhan – kebutuhan dapur lainnya.

Ada banyak sekali jenis tanaman yang bisa dibudidayakan secara sederhana dirumah, seperti tanaman kangkung, pakcoy, selada, terlebih lagi jika kita ingin membudidayakan tanaman menggunakan sistem hidroponik.

Hidroponik merupakan teknik budidaya menggunakan media air, jadi dalam budidaya tanaman menggunakan sistem hidroponik, kita sudah tidak menggunakan tanah sebagai media tumbuh tanaman.

Salah satu jenis tanaman yang paling banyak digemari oleh para penghoby budidaya tanaman menggunakan sistem hidroponik ialah tanaman kangkung.

Tanaman kangkung, sangat mudah sekali dibudidayakan menggunakan sistem hidroponik ini, karena tanaman kangkung merupakan jenis tanaman yang dapat hidup di air dan sangat mudah sekali hidup, tak heran jika saya katakan menanam kangkung menggunakan sistem hidroponik sangat mudah.

Bagi teman – teman yang ingin mempraktikan cara menanam kangkung menggunakan sistem hidroponik sederhana, seperti menggunakan botol bekas atau wadah – wadah yang bisa menampung air, cocok sekali… kali ini saya akan membagikan informasi mengenai cara menanam kangkung menggunakan botol bekas yang tidak dimanfaatkan.

Nanti botol bekas ini bisa teman – teman ganti menjadi wadah / tempat apa saja yang mampu menampung air.. Oke berikut bahan – bahan dan alat yang dibutuhkan dalam menanam kangkung menggunakan sistem hidroponik sederhana.

Cara Menanam Kangkung Sistem Hidroponik Sederhana

Jadi alat dan bahan yang saya sebutkan nanti dibawah, disesuaikan saja dengan alat dan bahan yang teman – teman punya dirumah, karena yang terpenting kita bisa memaksimalkan apa yang kita miliki untuk menjadi bermanfaat.

Baca Juga : Tahapan Pemberian Nutrisi AB-MIX Kangkung Hidroponik

Alat dan Bahan yang dibutuhkan :

  1. Botol Bekas atau tempat yang bisa menampung air seperti baki.
  2. Cat warna hitam atau plastik warna hitam untuk menutupi botol plastik.
  3. Bibit kangkung yang kualitasnya bagus.
  4. Nutrisi AB – MIX Khusus Tanaman Sayur.
  5. Sekam bakar atau kapas.

Cara Menanam Kangkung Menggunakan Botol Bekas.

  • Silahkan semai terlebih dahulu benih kangkung yang telah teman – teman miliki, media semai disini bisa teman – teman sesuaikan saja, jika ada rockwool gunakan rockwool, jika ada sekam bakar gunakan sekam bakar atau kapas.
  • Setelah itu, siapkan botol bekas yang akan digunakan untuk menanam tanaman kangkung hidroponik, kemudian cat keseluruhan botol bekas tersebut dengan cat warna hitam. Tujuan mengecat botol ini ialah agar sinar matahari tidak masuk kedalam botol dan bisa menimbulkan lumut yang akan menggangu persaingan penyerapan nutrisi dalam botol.
  • Setelah botol dicat, silahkan jemur botol hingga kering. Selanjutnya jika botol telah kering, potong kepala botol kira – kira seperti foto dibawah ini, nanti mulut botol akan dibalik dimasukan kedalam tubuh botol seperti foto dibawah ini juga.
  • Nah setelah itu, dikepala botol yang tadi kita balik silahkan masukan media tanam seperti sekam bakar atau jika tidak ada sekam bakar teman – teman bisa menggunakan cocopeat atau serabut kelapa yang telah kering, yang terpenting dapat menyerap air. Pada mulut botol jangan lupa untuk menambahkan kain flannel atau sumbu agar nutrisi hidroponik bisa sampai ke atas.
  • Langkah selanjutnya ialah menyiapkan larutan nutrisi ab-mix, untuk panduan melarutkan nutrisi ab-mix, saya sudah membuat artikelnya, silahkan bisa dibaca pada link dibawah ini.
  • Setelah itu masukan air kedalam tubuh botol dan masukan larutan nutrisi juga kedalam botol. Untuk takaran nutrisi ab-mix, setiap 1 liter air, berikan sebanyak 5 ml larutan nutrisi A dan 5 ml Larutan Nutrisi B. Kemudian aduk hingga merata.
  • Kemudian masukan bibit kangkung yang telah disemai kedalam media tanam dalam botol dan selesai.
  • Nah untuk perawatan dalam menanam kangkung menggunakan sistem hidroponik sumbu ini ya, kita hanya perlu melakukan pengecekan terhadap air dalam botol, jangan sampai sumbu kain flannel tidak menyentuh air, karena nanti tanaman akan mati.

Penutup

Sekian dari saya mengenai cara menanam kangkung menggunakan sistem hidroponik sumbu, jika masih ada yang dibingungkan silahkan ditanyakan di kolom komentar. Terimakasih.

G. P. Kurniawan A young man who is enthusiastic about agriculture, entrepreneurship and a little fond of technology topics

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *