G. P. Kurniawan Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

Pentingnya mengetahui manajemen sumber daya manusia (MSDM)

Sebuah perusahaan yang mampu bertahan sangat lama menunjukan bahwa didalam perusahaan tersebut benar – benar diatur sumberdaya manusia yang sesuai dengan bidangnya masing – masing, maka dari itu perusahaan tidak asal – asalan dalam menentukan sumber daya manusia untuk di pekerjaan dalam perusahaannya. Lalu sudahkah anda mengetahui apa itu manajemen sumberdaya manusia.? apakah sangat penting untuk dilakukan dalam sebuah bisnis ataupun usaha yang sedang kita jalani.? mari kita bahas mengenai manajemen sumber daya manusia.

Manajemen Sumberdaya manusia merupakan seuatu kekuatan yang dimiliki seseorang, dimiliki dalam artian melekat dalam diri orang tersebut, orang tersebut juga mempunyai kemampuan untuk membangun hal ke arah yang lebih positif (kemajuan). Setiap orang dalam hidupnya pasti mempunyai hal ini, dan sering kita lihat perannya dalam kegiatan pribadinya maupun saat terjun ke masyarakat. Perusahaan, kedinasan ataupun instansi pemerintah membutuhkan orang yang memiliki kemampuan seperti ini, dikarenakan orang seperti ini lah yang akan membuat kegiatan – kegiatan tersebut berjalan dan mengalami kemajuan yang positif.

Contohnya dalam perusahaan, sebagai pemimpin (manager) ia harus ia harus memiliki kemampuan memanajamen sumberdaya manusia, agar ia benar – benar dipercaya dan menunjukan bahwa memang ia cocok untuk menjadi pemimpin (leader) yang memiliki kualitas, intregritas dan bijak. Pemimpin yang baik akan mampu mengayomi anggotanya, selain itu ia pun juga harus mampu memotivasi bawahannya untuk menjadi sesorang yang memiliki kualitas positif.

Manajemen sumber daya manusia memiliki tujuan yang memperbaiki manusia atau tenaga kerja dalam sebuah organisasi ataupun sebuah perusahaan dengan cara yang bertanggung jawab secara etis, strategis, dan sosial. Karena dalam sebuah organisasi pastinya akan ada kegiatan yang membutuhkan kontribusi penuh anggotannya, manajamen sumber daya manusia inilah yang perlu dilakukan agar kegiatan berjalan dengan lancar dan dapat memajukan organisasi tersebut. Dalam memenuhi tujuan manajemen sumber daya manusia maka semua pelaku perusahaan terlebih departemen SDM harus mengetahui dengan detail sasaran manajemen sumber daya manusia dan aktivitas manajemen sumber daya manusia. Terdapat lima sasaran umum bagi manajemen sumber daya manusia yang sering ditemui dalam perusahaan.

5 Sasaran umum Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Perusahaan.

1. Sasaran perusahaan

Mengetahui sasaran perusahaan adalah untuk mengetahui sumber daya manusia apa yang dibutuhkan oleh perusahaan, tentunya sumber daya manusia tersebut dapat memberikan kontribusi atas evektifitas dalam perusahaan. Dalam perusahaan Departemen Sumber daya manusia dibuat untuk membantu manager mencapai sasaran perusahaan yang telah ditentukan, maka dari itu manajemen sumber daya manusia bukan tujuan akhir, melainkan sebagai alat dan cara yang digunakan untuk meningkatkan efektifitas kerja dan seluruh permasalahan yang mencangkup Sumber daya manusia dalam perusahaan.

Selain itu tujuan lainya ialah agar perusahaan mampu mencapai target yang telah di tentukan sasaran perusahaan bertujuan untuk mengenali manajemen sumber daya manusia yang diperlukan dalam memberikan kontribusi atas evektifitas perusahaan. Ada beberapa teknik yang dilakukan oleh departemen SDM dalam meningkatkan efektivitas kinerja organisasi dalam perusahaan :

  1. Menyediakan tenaga kerja yang terlatih dan bermotivasi tinggi.
  2. Mendayagunakan tenaga kerja secara efisien dan efektif.
  3. Mengembangkan kualitas kerja dengan membuka kesempatan bagi terwujudnya aktualisasi diri karyawan.
  4. Menyediakan kesempatan kerja yang sama bagi setiap orang, lingkungan kerja yang sehat dan aman, serta memberikan perlindungan terhadap hak-hak karyawan.
  5. Mensosialisasikan kebijakan SDM kepada semua karyawan.

2. Sasaran organisasional

Sasaran organisasional adalah tujuan yang dibuat untuk nantinya membantu organisasi mencapai tujuannya.

3. Sasaran fungsional

Sasaran fungsional mempunyai tujuan untuk mempertahankan kontribusi departemen SDM pada level yang cocok bagi berbagai kebutuhan perusahaan. Terkadang sumber daya dihabiskan ketika manajemen SDM kurang atau lebih canggih dibandingkan dengan kebutuhan-kebutuhan perusahaan. Sasaran fungsional antara lain meliputi :

  1. pengangkatan jabatan
  2. penempatan lokasi
  3. penilaian audit

4. Sasaran sosial

Sasaran sosial manajemen SDM bertujuan agar organisasi atau perusahaan mampu bertanggung jawab secara sosial dan etis dampak negatif dari masyarakat. Sasaran sosial antara lain: keuntungan prusahaan, pemenuhan tuntutan hukum, dan hubungan manajemen dengan serikat pekerja.

5. Sasaran pribadi karyawan

Aktivitas manajemen sumber daya manusia yang harus dipahami oleh manajer dan pelaku perusahaan agar terjalin tanggung jawab anatar keduanya. Ada dua hal yang perlu diperhatikan dan menjadi fokus dalam sasaran pribadi karyawan, dua fokus tersebut ialah aktivitas SDM dan tanggung jawab personal.

Jadi itulah yang topik bahasan kita mengenai sumber daya manusia, semoga artikel ini bermanfaat terimakasih.

G. P. Kurniawan Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *