Tips Cara dan Teknik Presentasi yang baik dan benar di hadapan audience

Salah satu kegiatan yang tidak terlepas dari sebuah kegiatan ilmiah di sebuah perguruan tinggi ialah kegiatan presentasi. Presentasi merupakan suatu hal yang wajib dikuasai dalam era saat ini, dengan memanfaatkan teknologi dan komunikasi yang baik dan benar, presentasi akan lebih efektif untuk dapat dilakukan.

Presentasi yang dilakukan mempunyai sebuah tujuan yaitu menyampaikan sebuah informasi yang kita miliki, informasi yang kita miliki tersebut dapat berupa hasil penelitian, hasil rapat atau murni ide yang kita miliki kepada para pendengar atau audiens.

Berbicara mengenai presentasi, pastinya kita tidak akan terlepas dengan teknik yang perlu di pelajari saat berbicara di depan umum, berbicara di depan umum, memang bagi sebagian orang yang belum terbiasa dengan hal tersebut dapat dikatakan sulit untuk menyampaikan sebuah informasi dengan lues dan lugas kepada audiens.

Bahkan bagi sebagian orang kegiatan presentasi merupakan suatu hal yang menakutkan dan tak jarang banyak yang tidak percaya diri sehingga banyak yang gagal saat melakukannya, gagal disini dapat diartikan tidak maksimal dalam menyampaikan informasi kepada audiens, audiens tidak menangkap apa – apa yang disampaikan pemateri dan pemateri akan terus merasa tidak percaya diri.

Ada beberapa tips dan teknik yang perlu dilakukan saat presentasi berlangsung dan sebelum dilakukan presentasi. “Persiapan” Ya ! persiapan adalah salah satu dasar teknik yang perlu anda kuasai sebelum ada melakukan sebuah kegiatan presentasi. Karena dengan adanya persiapan yang matang, anda lebih bisa mengantisipasi hal – hal yang akan terjadi dengan begitu anda dapat lebih percaya diri saat kegiatan presentasi sedang berlangsung.

Nah kali ini topik yang dibahas ialah tips dan teknik Presentasi yang baik dan benar di hadapan audience, tentunya pasti menarik minat audiens untuk tetap fokus pada anda saat presentasi sedang berlangsung.

Tips Pertama :

Lakukan Persiapan pra – presentasi :

  • Persiapkan Materi yang telah point – point pembahasan / inti pembahasan.
    Persiapan yang perlu dilakukan sebelum anda memulai sebuah presentasi yang baik ialah, membuat sebuah materi yang telah anda buat se jelas dan seminimal (point penting) mungkin untuk nantinya digunakan dalam layout presentasi. Lalu apa keuntungan kita membuat point – point penting mengenai materi yang akan kita sampaikan.?
    Keuntungannya ialah kita dapat lebih memahami dan menyampaikan dengan pasti materi yang ingin kita sajikan kepada audiens. Seperti contoh, anda akan membahas keuntungan mempelajari manajemen, lalu ada buat point – point mengenai masing – masing keuntungan dari mempelajari manajemen.
    Dari point – point tersebut tentunya anda harus lebih memahami mengenai materi yang akan anda sampaikan, agar kita dapat berimprovisasi terhadap materi.
  • Persiapan Media penyampaian informasi yang digunakan.
    1. Pemilihan desain yang sesuai dengan materi disampaikan
    Desain yang baik adalah desain yang mampu mendukung gagasan dan tujuan yang ingin disampaikan oleh pemateri. Dengan desain yang tepat dan tidak terlalu norak, membuat kita dan audiens lebih nyaman dalam memperhatikan saat presentasi sedang berjalan. Selain itu dengan membuat desain yang menarik dan tepat, membuat kita memiliki nilai lebih saat melakukan presentasi. Dengan demikian, audiens akan terbantu ketika melihat slide yang ditampilkan dan presenter lebih mudah dalam menjelaskan apa makna yang dikandung oleh slide tersebut.
    Tipe desain harus mengikuti prinsip relevansi artinya memiliki kesesuaian dengan topik yang akan di angkat contohnya seperti presentasi mengenai budidaya pertanian, maka slide yang akan ditampilkan ialah hasil – hasil budidaya pertanian yang menarik dan dapat menyesuaikan bagian – bagian lain dari slide.
    2. Hindari sajian teks panjang
    Dalam sebuah presentasi, salah satu ciri – ciri presentasi yang tidak baik dan menarik audiens ialah pemakaian teks yang terlalu panjang, pemakaian teks yang terlalu panjang pada layout slide dapat membuat slide tidak dapat terbaca dengan praktis oleh audiens. Solusinya jika anda memang benar – benar ingin menyampaikan hal penting yang cukup panjang, anda dapat membuat print out mengenai materi yang akan anda sampaikan.
    Print out tersebut dapat anda sampaikan sebelum presentasi dimulai, lalu jika audiens masih belum paham mengenai materi yang kita sampaikan, anda dapat membuka sesi tanya jawab, pada sesi ini anda mempunyai kesempatan untuk menjelaskan hal yang belum dipahami oleh audiens. Beberapa ahli presentasi menyarankan maksimum lima baris teks dalam sebuah slide. Dengan demikian jika Anda harus menampilkan teks dalam bentuk daftar, pastikan tidak lebih dari lima baris.
    3. Alur yang teratur
    Jika anda ingin presentasi anda berjalan dengan baik saat presentasi sedang berlangsung, anda harus membuat alur slide yang baik, artinya materi yang anda sampaikan memiliki alur yang teratur, mulai dari pendahuluan, penjelasan/isi, hingga penutup. Slide yang isinya melompat-lompat dari satu topik ke topik yang lain tanpa alur yang jelas akan menyulitkan audiens untuk memahaminya.
    4. Berikan multimedia yang relevan
    Untuk menambah daya tarik dalam media presentasi yang anda gunakan, anda bisa menambah slide anda dengan beberapa multimedia yang relevan dengan materi anda, gambar, animasi, audio, video, sangat membantu menambah kualitas presentasi anda. Kesesuaian multimedia dengan topik pembicaraan harus saling mendukung, jangan malah membuat bingung audiens.
    5. Satu slide, berisi satu pesan
    Slide presentasi yang baik hanya terfokus pada satu pesan. Tiap slide sebaiknya mewakili sebuah ide yang ingin dijelaskan. Jangan mencampur beberapa ide berbeda ke dalam satu slide. Audiens akan bingung dan sulit mencernanya. Walaupun sebenarnya tidak apa – apa menyelipkan satu slide dengan beberapa pesan, tetapi anda harus pintar – pintar mengaturnya.
    6. Perhatikan karakter huruf (font) dan ukuran huruf
    Pemakaian karakter huruf dan ukuran huruf dalam slide harus proporsional dan sesuai dengan ilustrasi yang ingin disampaikan, usahakan gunakan huruf dan font yang sesuai, tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil.
  • Jika diperlukan untuk latihan speaking public sebisa mungkin untuk latihan
    Latihan speaking public sangat penting untuk anda lakukan sebelum presentasi dilakukan. Dengan anda mengatur tempo, bait, tinggi rendah suara ataupun ingin menylipkan sedikit sesi humoris anda dapat lebih matang saat kegiatan presentasi berlangsung, efek lainnya anda akan lebih percaya diri, walaupun anda harus tetap berimprovisasi dengan materi dan lingkungan anda.

Dengan kemajuan teknologi saat ini, bahan – bahan prsentasi dapat dikemas lebih baik dan menarik, anda bisa menyesuaikan template apa yang akan anda gunakan sesuai dengan topik yang anda pilih. Dengan menampilkan media presentasi yang sederhana tapi menarik audiens akan lebih baik jika rumit tetapi tidak sesuai dengan apa yang akan menjadi sasaran materi.

Contoh slide presentasi yang baik

Selain menyusun bahan – bahan yang diperlukan dalam presentasi, ada beberapa hal penting yang perlu anda lakukan saat presentasi berlangsung. Beberapa hal ini perlu anda pahami, agar disaat presentasi berlangsung anda dapat membuat audiens percaya dan fokus perhatiannya kepada anda saat presentasi.

Tips yang Kedua :

Beberapa hal penting yang perlu mendapat perhatian dalam presentasi antara lain adalah :

  • Kuasai Lingkungan

Penguasaan lingkungan sangat diperlukan untuk anda, agar nantinya anda bisa mengantisipasi tekanan mental yang terjadi akbiat belum terbiasanya melakukan presentasi, tetapi sesorang yang telah terbiasa pun akan mengalami tekanan mental saat kegiatan presentasi sedang berlangsung bedanya ia sudah terampil dalam menguasai lingkungan dan membuat suasana lingkungan menjadi menarik. Ada beberapa trik sederhana tetapi wajib untuk dilakukan dalam penguasaan lingkungan, triknya ialah :

  1. Sebelum kegiatan presentasi berlangsung, jika memungkinan untuk mengunjungi lokasi yang akan dijadikan tempat presentasi sesaat sebelum presentasi berlangsung. Dengan begitu anda akan memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan sarana presentasi seperti mencoba Laptop, sound, LCD, Pointer dan lain – lain yang menjadi media presentasi. Jangan lupa untuk mengatur skenario dengan moderator (jika moderator teman anda sendiri) agar anda tidak kaget jika terjadi perubahan skenario secara mendadak oleh moderator (termasuk alokasi waktu yang disediakan moderator untuk anda)
  • Perhatikan audience dan awali dengan senyuman

Disaat presentasi sedang berlangsung, sebisa mungkin tataplah audience secara merata dan bergatian dengan menggunakan tatapan sifat ramah dan usahakan dengan raut wajah tersenyum. Jangan sesering mungkin menghindari kontak mata anda dengan audiens, dengan mepalingkan pandangan pada lantai atau langit – langit gedung, hal ini menandakan anda tidak mempunyai mental dan percaya diri yang cukup untuk melakukan presentasi dengan matang.

  • Bicara lugas sesuai dengan kepribadian

Presentasi yang baik ialah presentasi menggunakan bahasa yang sederhana dan jelas, tidak usah bertele – tele yang akhirnya malah membuat anda tidak mempunyai perhatian lebih.

Teknik yang paling baik untuk memfokuskan diri saat presentasi :

  • Tenang, Hindari Pikiran yang Memicu Stress saat akan dimulai presentasi.
    Normal manusia saat menemukan lingkungan baru akan mengalami yang namanya adaptasi, setiap orang mempunyai daya adaptasi yang berbeda – beda, ada yang cepat beradaptasi dengan lingkungannya ada yang tidak. Terkadang orang yang agak lama beradaptasi dengan lingkungan barunya akan mengalami gejala stress ringan, hal ini berlaku juga pada saat presentasi. Untuk menghindari pikiran stress ringan saat presentasi anda bisa menerapkan hal – hal berikut ini :

    1. Lakukan Persiapn yang matang dan baik.
    Dengan persiapan yang matang anda akan lebih mempunyai percaya diri saat presentasi sedang berlangsung, selain itu anda akan mempunyai opsi pikiran mengenai hal yang akan terjadi saat presentasi nantinya dan juga jangan terlalu memikirkan hal – hal yang tidak penting, yang malah akan membuat percaya diri anda turun.
    b. Warming Up / pemanasan sebelum presentasi di mulai. Anda dapat melakukan sedikit warming up untuk menghindari stress akibat tekanan yang terjadi ketika tampil di depan publik. Gunakan trik berikut.

    2. Usahakan tetap santai saat kondisi apapun, tetapi tetap menghargai audiens.
    Usahakan selalu memiliki postur tubuh dan speaking yang santai, walaupun kondisinya sedang tidak mendukung kita. Untuk melakukan tetap santai, tipsnya jangan terlalu memikirkan hal – hal yang berat seperti harus menjawab pertanyaan dengan tepat dan benar, tetapi usahakan tetap memberikan jawaban yang dapat dipercaya oleh audiens dan memang benar adanya. Selain itu anda bisa mencoba mengatur irama nafas dan merenggangkan bagian tubuh seperti leher, pinggang dll.

Jadi itulah informasi mengenai presentasi. Untuk menjadi presentator yang baik tidaklah mudah, harus melalui proses yang panjang dan usaha mental yang besar. Maka dari itu tetaplah berusaha menjadi yang terbaik dalam segala hal, tetapi tidak dengan menjatuhkan orang lain. Sekian dari saya mengenai artikel yang berjudul “Tips Cara dan Teknik Presentasi yang baik dan benar di hadapan audience” semoga bermanfaat terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *