Tahapan pemberian nutrisi AB-MIX Melon Hidroponik

Budidaya tanaman menggunakan sistem hidroponik merupakan salah satu teknik budidaya tanaman yang sudah banyak dilakukan oleh para pegiat usaha khususnya pada bidang pertanian. Salah satu jenis tanaman yang dapat dibudidayakan menggunakan sistem hidroponik ialah Tanaman Buah Melon, Tanaman jenis buah yang satu ini sering kali dibudidayakan menggunakan sistem hidroponik karena akan lebih mempunyai rasa yang manis serta dalam perlakuannya pun tidak cukup sulit hanya perlu memberikan nutrisi sesuai dengan kebutuhan fase tanaman.

Biasanya ada beberapa perlindungan tanaman yang dilakukan pada melon hidroponik, seperti pemasangan perangkap hama, pembungkusan buah melon agar tidak diserang oleh lalat buah jika memang tidak menggunakan greenhouse dan lain – lain, tetapi kali ini kita tidak akan membahas mengenai perlindungan tanaman melon, melainkan kita akan membahas bagaimana tahapan pemberian nutrisi AB – MIX pada tanaman melon hidroponik.

Nutrisi berjenis AB – MIX sangat banyak mereknya di pasaran, anda bisa menggunakan merek apapun sesuai dengan kebutuhan anda, yang terpenting sesuai nutrisi yang digunakan merupakan nutrisi yang ditujukan untuk tanaman jenis buah, soalnya jika menggunakan nutrisi jenis sayur akan membuat melon tidak dapat hidup dengan maksimal.

Cara meracik Nutrisi AB – Mix Melon hidroponik Meroke

Tetapi untuk anda yang ingin mencoba meracik nutrisi AB – Mix sendiri menggunakan pupuk Meroke tetap jaya, nah akan saya berikan panduan cara meraciknya dan berapa saja takaran yang dibutuhkan untuk masing – masing jenis pupuk. Berikut merupakan racikan nutrisi AB – Mix Melon Hidroponik Meroke.

sumber foto : Rumah agrotani

Nah jadi untuk racikan nutrisi ab mix meroke diatas, ada 7 bahan untuk membuat nutrisi ab mix buah melon hidroponik.

Cara meraciknya :

  • silahkan anda siapkan bahan – bahan pupuk meroke yang ada di atas
  • kemudian takar masing – masing pupuk sesuai dengan panduan
  • Saat mencampur, siapkan dua wadah untuk larutan A dan larutan B
  • Setelah semua bahan di takar dengan sesuai, masing – masing pekatan A dan B dilarutkan dengan air sebanyak 1 Liter, sampai benar – benar larut.
  • Pada tahap ini, pupuk sudah bisa digunakan untuk nutrisi melon hidroponik. Tinggal anda sesuaikan dengan kebutuhan jumlah pekatan per-fase umur tumbuh tanaman.

Nah jadi itulah panduan cara membuat nutrisi AB – Mix sendiri menggunakan pupuk Meroke tetap jaya.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum kita mencampur nutrisi AB – MIX, yaitu membuat larutan Pekatan AB – MIX, larutan pekatan ialah larutan yang nantinya akan di campur sesuai dengan takaran panduan dengan air baku anda. Biasanya standarnya 5 ml pekatan AB – MIX akan digunakan pada 1 liter air baku, yang akan menghasilkan ppm 1200 (tergantung dengan jenis nutrisi yang digunakan). Lalu bagaimana tahapan pemberian nutrisi AB – MIX melon yang ditanam menggunakan sistem hidroponik.? Nah berikut ini merupakan tahapan pemberian nutrisi AB – MIX melon hidroponik.

Baca Juga : Panduan Pemberian Nutrisi pada Tanaman Pakcoy System Hidroponik

Tahapan Pemberian Nutrisi AB – MIX Melon Hidroponik

Pemberian nutrisi melon hidroponik diberikan sesuai dengan fase pertumbuhan tanaman melon. Pemberian nutrisi pada tanaman harus sesuai dengan fase pertumbuhannya, agar nantinya melon dapat tumbuh lebih maksimal dan menghasilkan buah yang baik pula. pH yang dikehendaki melon untuk dapat tumbuh maksimal ialah 5,8 – 6,8. Jadi berikut merupakan tahapan pemberian nutrisi ab- mix melon hidroponik :

  1. Saat tanaman telah memiliki 4 helai daun atau dengan umur 7 HST berikan kepekatan nutrisi sebanyak 400 – 500 PPM.
  2. Saat tanaman telah memasuki umur 8 – 14 HST, berikan kepekatan nutrisi sebanyak 750 – 800 PPM.
  3. Saat tanaman memasuki umur 15 – 21 hari, berikan kepekatan nutrisi sebanyak 1000 PPM, biasanya pada umur ini tanaman akan mulai memproduksi bunga.
  4. Kemudian pada umur 22 – 28 HST melon hidroponik diberikan kepekatan nutrisi sebanyak 1200 PPM. Dan Setelah tanaman melon berbunga, di beri nutrisi sekitar 1200 ppm.
  5. Selanjutnya pada umur 29 – 35 HST, melon hidroponik diberikan kepekatan nutrisi sebanyak 1500 PPM, biasanya pada umur ini melon sudah mulai memproduksi buah.
  6. Kemudian pada umur 36 hari sampai panen tanaman melon hidroponik diberikan kepekatan nutrisi sebanyak 2000 PPM.

Perawatan Tanaman Melon

Saat menanam tanaman buah melon menggunakan sistem hidroponik, kita harus melakukan perawatan yang sesuai dengan fase umur tanaman melon. Biasanya tanaman melon dilakukan perawatan pemotongan pada beberapa bagian tunas dan sisakan antara tunas ke-7 dan ke-9 yang biasanya muncul diantara daun ke-11 dan ke-14. Lalu adapun proses mengawinkan bunga jantan dengan bunga betina tidak perlu dilakukan karena proses tersebut sudah di bantu oleh serangga seperti lebah, tetapi jika anda membudidayakan melon hidroponik menggunakan greenhouse yang serangga tidak dapat masuk kedalam maka perlu adanya pembuahan yang dibantu oleh manusia. Bunga jantan pada melon biasanya terletak pada bagian batang dan bunga betina terletak pada tunas yang tumbuh diantara batang utama dan daun.

Ketika tanaman sudah berbuah lakukan proses toping dengan menyisakan 30 helai daun saja. Melon akan berukuran sebesar telur, kemudian pangkas daun yang tumbuh pada tunas dan sisakan 2 helai daun saja. Jika buah melon sudah berjaring atau sudah berumur sekitar 50 hari hingga 2 bulan, buah melon siap untuk dipanen. Jadi itulah informasi mengenai tahapan pemberian nutrisi ab-mix melon hidroponik, semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi ini, sekian terimakasih.

Default image
G. P. Kurniawan
Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

Leave a Reply