G. P. Kurniawan Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

Panduan Pemberian Nutrisi pada Tanaman Pakcoy System Hidroponik

Dalam membudidayakan tanaman menggunakan sistem hidroponik, banyak faktor yang perlu diperhatikan agar tanaman dapat tumbuh secara maksimal dan dapat dipanen tepat waktu. Salah satu faktor yang paling mendasar dalam budidaya tanaman menggunakan sistem hidroponik adalah pemberian nutrisi atau pupuk. Pemberian nutrisi pada budidaya tanaman sistem hidroponik dilakukan secara bertahap dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing tanaman untuk tumbuh.

Pada kesempatan kali blogidn akan membahas mengenai bagaimana budidaya tanaman pakcoy dalam sistem hidroponik dan bagaimana pemberian nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan pakcoy tumbuh. Pemberian nutrisi pada Pakcoy hidroponik menggunakan nutrisi AB-MIX, anda dapat membeli nutrisi ini di toko pertanian ataupun bisa memesan secara online.

Nutrisi yang diberikan pada pakcoy ini berbeda – beda kepekatan / dosisnya tergantung dari umur pakcoy hidroponik itu sendiri. Pemberian nutrisi yang tepat pastinya akan menghasilkan pakcoy hidroponik yang mempunyai kualitas unggul pula, maka dari itu panduan ini saya buat untuk anda yang ingin membudidayakan tanaman pakcoy menggunakan sistem hidroponik.

Jadi berikut merupakan tahapan pemberian dosis tanaman pakcoy hidroponik yang bisa anda terapkan :

Usahakan saat ingin memulai budidaya pakcoy hidroponik, pH air yang digunakan berkisar antara 6,8 – 7, artinya pH pada kisaran tersebut netral dan merupakan pH yang dikehendaki tanaman untuk tumbuh normal.

  • Untuk pemberian dosis nutrisi pada minggu pertama yakni sebesar 500 PPM.
  • Untuk pemberian dosis nutrisi pada minggu kedua yakni sebesar 700 PPM.
  • Untuk pemberiandosis nutrisi pada minggu ke tiga sebesar 900 PPM.
  • Untuk pemberian dosis nutrisi pada minggu ke 4 – 5 sebesar 1.200 PPM.
  • Selanjutnya pemberian dosis nutrisi pada minggu ke 6 – 8 sebesar 1.300 PPM.

Baca juga : Istilah – istilah dalam sistem hidroponik

Pakcoy yang ditanam menggunakan sistem hidroponik dapat dilakukan pemanenan pada saat pakcoy memasuki usia 40 – 60 hari setelah tanam (HST). Selanjutnya untuk mengukur PPM anda bisa menggunakan alat yang bernama PPM TDS Meter dan untuk mengukur pH anda bisa menggunakan alat yang bernama pH meter, kedua alat ini bisa anda temukan pada toko – toko pertanian atau bisa dibeli melalui toko online.

Cara membuat larutan nutrisi AB-Mix :

  • Usahakan gunakan air baku yang memiliki PPM dibawah 100.
  • Pada saat membuat larutan dengan kadar PPM 500, perbandingan yang diperlukan ialah 1 Liter air baku yang di tambah dengan 3 ml nutrisi AB-Mix (1 liter air baku + 3 ml nutrisi AB-Mix).
  • Jika kadar PPM terlalu tinggi, cara menurunkannya silahkan tambahkan air baku secara perlahan sampai kadar PPM sesuai dengan yang diinginkan, ingat tambahkan air baku secara perlahan sampai dirasa kadar PPM telah turun sesuai yang diinginkan.
  • Angka toleransi kadar PPM yaitu ±50.

Baca juga : Cara menurunkan dan menaikan kadar ph air hidroponik dengan tepat

Perlu diingat tanaman yang satu ini memang sangat mudah untuk dibudidayakan menggunakan sistem hidroponik, karena tanaman pakcoy merupakan tanaman yang masuk kedalam suku sawi-sawian atau (Brassicaceae) dimana pakcoy ini merupakan jenis tanaman sayur yang populer, pakcoy juga dikenal luas oleh masyarakat indonesia dengan nama sawi sendok. Untuk PPM maksimal yang dikehendaki untuk pakcoy tumbuh pada media hidroponik adalah sebesar 1.250 – 1.350 PPM.

Jadi itulah informasi mengenai panduan pemberian nutrisi pada tanaman pakcoy hidroponik, silahkan anda terapkan langkah – langkah yang saya berikan diatas agar tanaman pakcoy yang anda tanam pada media hidroponik dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan kualitas yang bagus. Selain pemberian nutrisi yang harus diatur, ketersediaan cahaya matahari juga akan mempengaruhi kualitas dari tanaman pakcoy yang ada budidayakan, usahakan tempat anda membudidayakan pakcoy ini terkena sinar matahari yang cukup.

G. P. Kurniawan Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

One Reply to “Panduan Pemberian Nutrisi pada Tanaman Pakcoy System Hidroponik”

  1. infonya sangat bermanfaat kak, terus update mengenai hidroponik ya..

Average
5 Based On 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *