G. P. Kurniawan Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

3 Langkah Cara Mudah Merekam Video Conference pada aplikasi Zoom Meeting

Beralihnya kegiatan belajar mengajar ataupun rapat secara online mengharuskan kita menggunakan aplikasi / software pendukung untuk menunjang kegiatan belajar mengajar / rapat secara online. Aplikasi yang dapat membantu kita dalam kegiatan tersebut salah satunya ialah aplikasi yang bernama Zoom meeting. Aplikasi yang satu ini membantu kita dalam kegiatan rapat secara online ataupun belajar mengajar secara online.

Anda bisa menginstal aplikasi ini melalui web resmi zoom sendiri. Dalam kegiatam conference secara online, pastinya kita membutuhkan dokumentasi berupa video yang dapat digunakan nantinya untuk mengulang materi yang belum dipahami sat kegiatan conference berlangsung. Lalu bagaimana caranya merekam video pada aplikasi zoom dengan mudah.? Nah berikut ini akan saya sampaikan cara merekam video di aplikasi zoom meeting saat kegiatan belajar mengajar / conference sedang berlangsung.

Sebelum masuk ke cara merekam video conference di aplikasi zoom meeting, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui mengenai fitur recording pada aplikasi zoom meeting.

  • Aplikasi Zoom versi free dapat menggunakan fitur recording dengan base penyimpanan video lokal pada komputer . laptop.
  • Aplikasi Zoom versi premium dapat menggunakan fitur recording dengan base penyimpanan video cloud dan lokal pada komputer / laptop anda.
  • Dalam versi free zoom for Android dan iOS tidak dapat merekam video dengan penyimpanan base lokal pada smartphone, karena dalam versi free zoom tidak ada fitur untuk merekam video conference melalui Android dan iOS.
  • Untuk dapat merekam / recording video conference hanya host atau tuan rumah yang dapat merekam video, untuk peserta yang mengikuti kegiatan meeting dapat merekam video jika diizinkan (Allow record) oleh host atau tuan rumah.

Setelah mengetahui tentang fitur recording yang ada pada aplikasi zoom meeting, selanjutnya akan saya jelaskan mengenai cara merekam video conference pada aplikasi zoom meeting. Berikut langkah – langkahnya :

Langkah pertama, jika anda menjadi host dalam sebuah vidio conference anda bisa memulai untuk merekam / recording vidio conference dengan menekan tombol recording.

Langkah kedua, jika tombol record telah anda klik maka nantinya akan langsung merekam vidio secara otomatis yang ditandai dengan notif di pojok kiri atas layar zoom meeting anda.

Langkah ketiga, jika perekaman telah selesai atau anda ingin menghentikan perekaman pada zoom meeting, anda bisa menekan tombol pada kanan bawah (pause / lanjut recording). Tetapi jika anda ingin menyudahi perekaman vidio anda dapat menekan tombol stop recording dan nanti saat meeting telah selesai, secara otomatis vidio akan terkonversi menjadi file .mp4 dan Zoom secara otomatis akan membuka jendela Finder ke folder dengan versi audio dan video rekaman.

Jika anda menggunakan zoom premium, anda harus melihat opsi untuk memilih jenis perekaman apakah disimpan lokal atau disimpan secara cloud dan jika anda memilih untuk merekam menggunakan Cloud, Zoom akan menampilkan pesan yang mengatakan bahwa kamu akan mendapatkan email saat rekaman.

Email tersebut memiliki tautan ke situs web Zoom dengan versi audio dan video dari rekaman tersebut, serta tautan yang dilindungi password yang dapat dibagikan dengan orang lain sehingga mereka dapat melihat dan mengunduh rekaman.

Sekian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi bagaimana cara merekam vidio conference pada aplikasi zoom. Terimakasih.

G. P. Kurniawan Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *