G. P. Kurniawan A young man who is enthusiastic about agriculture, entrepreneurship and a little fond of technology topics

Mau Tau Cara Mengupload Video Ke Google Classroom Dengan Cepat.? Simak ini…

Topik : cara mengupload video ke google classroom dengan cepat | Google classroom merupakan aplikasi besutan google yang memiliki fungsi cukup besar dalam menunjang kebutuhan pembelajaran saat kondis seperti ini.

Banyak orang yang belum paham cara menggunakan google classroom walaupun kegiatan pembelajaran online sudah dilakukan kurang lebih selama 1 tahun lamanya.

Mungkin permasalahan yang paling umum mengenai cara penggunaan google classroom ini adalah ketika kita ingin mengunggah atau mengupload sebuah tugas atau task dalam video maupun dokumen.

Sebenarnya caranya sangat mudah sekali, tergantung juga jika anda nanti menggunakan laptop maka kita hanya perlu drag and drop sebuah file video ataupun dokument, tetapi jika menggunakan android untuk mengunggah tugas maka kita perlu masuk ke file manager dan mencari filenya.

Untuk lebih jelasnya bagaimana cara mengupload video atau dokument ke dalam google classroom bisa anda simak panduan yang saya berikan dibawah ini, ya walaupun panduannya singkat tetapi semoga bermanfaat bagi anda yang sedang kebingungan mengenai Cara Mengupload Video Ke Google Classroom Dengan Cepat.

Cara Mengupload Video Ke (assignment) Google Classroom Dengan Cepat di Laptop

Nah untuk panduan yang pertama ini adalah ketika kita ingin mengunggah file tugas berupa video ke halaman (assignment) / tugas google classroom, contohnya bisa dilihat dokumentasi dibawah ini.

1. Silahkan anda buka terlebih dahulu google classroom yang berisi perintah untuk mengupload tugas (assignment)

.

2. Selanjutkan siapkan video yang akan anda upload / unggah ke google classroom di laptop anda, kemudian klik “Add or create – pilih file” pada google classroom yang akan anda unggah tugasnya.

3. Setelah itu akan muncul pop up seperti dokumentasi dibawah ini, silahkan tarik (drag and drop) video yang telah anda siapkan sebelumnya dan letakan di pop up tersebut…atau anda juga bisa langsung klik “browse” dan cari filenya lalu jika sudah ketemu langsung klik “open”.

4. Tunggu hingga proses mengupload selesai, selanjutnya silahkan klik “mark as done” atau “serahkan”.

Nah cara ini juga berlaku ketika kita ingin mengirim bentuk tugas lainnya, seperti tugas dalam bentuk file dokumen, foto, link dsb.

Cara Mengupload Video Ke Google Classroom Dengan Cepat di Android

Sedangkan untuk cara mengunggah video ke google classroom di android caranya hampir sama dengan cara mengunggah video ke google classroom menggunakan laptop, berikut langkah – langkahnya.

  1. Silahkan anda siapkan file video yang akan anda unggah ke google classroom sebagai tugas.
  2. Buka classroom yang berisi perintah pengumpulan tugas (assignment).
  3. Kemudian pada bagian “Tugas Anda” geser keatas, dan akan muncul kolom untuk melampirkan dokumen, file, link ambil foto, rekam video dll.
  4. Silahkan klik saja file, dan otomatis akan menuju ke folder penyimpanan android anda, cari file video yang akan anda unggah dan klik file tersebut.
  5. Tunggu proses upload selesai, setelah itu klik serahkan.

Cara mengupload video ke google classroom sebagai admin guru atau dosen

Nah untuk panduan ini, kita berperan sebagai dosen atau guru yang akan memberikan materi ataupun informasi berupa video kepada mahasiswa ataupun siswa, cara mengupload video ke google classroomnya seperti ini.

1. Disini langsung saya jelaskan bahwa anda sudah memiliki kelas sendiri, silahkan menuju ke “Tugas kelas”, lalu klik “Buat”.

2. Selanjutnya silahkan isi pada bagian judul menggunakan judul materi yang akan anda unggah, dan pada deskripsi silahkan anda isi dengan perintah yang akan anda berikan atau disesuaikan dengan kebutuhan anda.

3. Setelah itu karena disini saya mencontohkan menggunakan link youtube sebagai sumber videonya, maka pada bagian “Tambahkan” pilih “Youtube” lalu cari videonya atau bisa menggunakan url link youtube yang telah anda copy, Jika sudah klik tambahkan.

Kemudian jika sudah, pada bagian setting semua siswa dan topik bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan, jika sudah klik “Posting”.

4. Catatan, silahkan anda sesuaikan anda ingin menggunakan sumber video dari mana jika menggunakan video yang bersumber dari youtube maka kita perlu memilih “youtube” atau file yang akan anda unggah bersumber dari File video langsung bisa memilih pilihan “File”, tinggal disesuaikan saja.

5. Hasil akhir pada video yang telah kita kirim di google classroom sebagai materi begini dokumentasinya.

Penutup

Mungkin sekian informasi yang bisa saya sampaikan kali ini mengenai topik Cara Mengupload Video Ke Google Classroom Dengan Cepat, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi serupa.

Bagikan kepada rekan – rekan anda jika dirasa informasi ini bermanfaat dan jangan lupa juga silahkan tanya (berkomentar) jika masih ada yang dibingungkan mengenai panduan yang saya berikan diatas, terimakasih.

G. P. Kurniawan A young man who is enthusiastic about agriculture, entrepreneurship and a little fond of technology topics

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *