G. P. Kurniawan Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

Panduan Praktis Cara Menanam Tanaman Mint dari Batang

Tanaman mint merupakan tanaman yang tergolong mudah untuk untuk dibudidayakan jika menggunakan metode yang tepat, seringkali membudidayakan tanaman mint melalui biji / benih tergolong sangat susah untuk kategori pemula, maka dari itu teknik lain perlu digunakan dalam membudidayakan tanaman mint yang satu ini. Ada beberapa teknik yang bisa anda gunakan untuk memperbanyak dan menamam tanaman mint. Berikut beberapa teknik yang bisa anda gunakan :

Teknik – teknik Dalam Menanam Tanaman Mint

1. Menggunakan Batang Tanaman mint (Stek Batang)

Stek Batang

Memperbanyak tanaman mint bisa menggunakan batang dari mint itu sendiri, caranya sangat mudah cukup anda siapkan batang dari tanaman utama mint sekitar 5 cm dan siapkan gelas yang telah berisi air, masukan batang mint tersebut kedalam gelas yang telah berisi air dan biasanya selama 7 hari dari batang tersebut telah muncul akar – akar lembut, yang nantinya jika sudah agak panjang bisa dipindahkan untuk nantinya ditanam pada media tanam tanah.

Baca Juga : Cara Mudah mengetahui Pupuk Kompos Telah Matang atau belum (pupuk organik)

2. Menggunakan Sulur Tanaman Mint

Memperbanyak tanaman mint yang kedua ialah menggunakan sulur dari tanaman mint, untuk yang belum mengetahui apa itu sulur, sulur adalah bagian batang tanaman seperti batang, ranting, cabang, daun dan tangkai daun yang telah diadaptasikan sedemikian rupa (perubahan bentuk dan fungsi) untuk nantinya digunakan sebagai alat pembantu tanaman untuk merambat, memperbanyak diri, dan penunjang tumbuhnya tanaman. Sulur pada daun mint alaminya dapat muncul dengan sendirinya, jika tanaman mint anda telah tumbuh sulur maka memperbanyak tanaman tersebut dengan cara memotong sulur yang sudah tumbuh akarnya lalu memindahkannya pada media tanam tanah lainnya.

Sedangkan untuk batang tanaman mint yang belum memiliki sulur anda bisa merangsang tumbuhnya sulur tersebut dengan cara merebahkan batang tanaman mint anda yang sudah cukup dewasa dan menutup batang tersebut menggunakan tanah secukupnya, lalu tunggu batang tersebut mengeluarkan akar cukup banyak dan nantinya dapat dipindahkan pada media tanam tanah ataupun air (hidroponik) selanjutnya. Pada saat merangsang tumbuhnya sulur pada tanaman mint jangan lupa untuk terus menjaga tanah tetap lembab / jangan terlalu kering, agar akar dapat tumbuh dengan cepat.

Menumbuhkan sulur 1
Menumbuhkan sulur 2

Jadi begitulah cara menanam tanaman mint dari batang, sebenarnya tanaman yang satu ini memang mudah untuk dibudidayakan / diperbanyak karena bentuk adaptasi yang tinggi pada jenis tanaman ini. Mint / mentha ini terbagi menjadi 25 spesies yang tersebar Eropa, Asia, Afrika, Australia, dan Amerika Utara. Biasanya tanaman mint ini dijadikan sebagai campuran makanan, permen, dan yang paling sering kita ketahui ialah dijadikan teh mint yang mempunyai khasiat herbal.

Sumber foto : https://fahriza-umami.blogspot.com

G. P. Kurniawan Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *