G. P. Kurniawan A young man who is enthusiastic about agriculture, entrepreneurship and a little fond of technology topics

Mengenal azolla Pinnata Sebagai Pakan Ikan Alternatif Yang Sedang Naik Daun

Di alam ini banyak sekali sumber makanan yang dapat dijadikan pemenuhan nutrisi bagi ikan peliharaan, khususnya pada ikan nila. Ikan nila merupakan ikan yang cukup mudah untuk dibudidayakan, pasalnya ikan yang satu ini dari segi pakan tidak seperti jenis ikan yang lainnya, cukup diberikan dedaunan seperti talas saja ikan nila sudah bisa tumbuh dengan baik.

Baru – baru ini ada pakan alternatif untuk beberapa jenis ikan yang cukup dicari oleh pembudidaya – pembudidaya ikan, Ya tumbuhan azolla Pinnata.

Jenis tumbuhan yang masuk kedalam jenis paku – pakuan air ini memiliki kandungan gizi yang cukup baik untuk menunjang pertumbuhan ikan peliharaan.

Tumbuhan azolla pinnata dicirikan dengan karakteristik tumbuhan yang memiliki daun berukuran kecil, berwarna hijau dan biasanya mengambang diatas air, atau area rawa.

Lalu tumbuhan ini juga sering sekali ditemui di beberapa daerah persawahan di indonesia. Tumbuhan azolla pinnata pada dasarnya bisa diberikan pada jenis ikan yang memang memakan apa saja (ominvora), seperti ikan lele, ikan nila, ikan gurame dll.

Untuk cara pemberiannya pun, ada yang diberikan secara langsung atau azolla pinnata yang masih segar, maupun azolla pinnata yang telah diolah atau di campur dengan pakan buatan.

Cara pemberian tumbuhan azolla pinnata untuk pakan ikan

Sesuai dengan yang saya sebutkan diatas, bahwasannya dalam memberikan tumbuhan azolla pinnata sebagai pakan ikan nila, lele, gurame, dll. Ada beberapa cara untuk memberikan azolla pinnata ke ikan yang tadinya masih bergantung pada pakan pelet, berikut caranya.

  • Saat pertama pemberian pakan azolla pinnata ke ikan peliharaan yang sebelumnya masih bergantung pada pelet, kita bisa memberikan secara sedikit demi sedikit untuk memperkenalkan azolla pinnata sebagai pakan ikan yang baru, walaupun nantinya kita tetap memberikan pakan pelet juga.
  • Untuk ikan lele, sebaiknya berikan azolla pinnata yang sudah kering, tujuannya agar ikan lele lebih mendapatkan kandungan nutrisi (protein) yang ada dalam tumbuha azolla pinnata, jika masih basah, ikan lele akan lebih banyak menyerap air yang terkandung pada tanaman azolla pinnata.
  • Untuk ikan nila atau gurame, bisa anda berikan pakan azolla pinnata, baik masih segar maupun sudah kering.
  • Azolla Pinnata bisa diberikan sebagai pakan alternatif ikan peliharaan dengan campuran pakan utama atau sudah diolah.

Mengapa perlu menggunakan pakan alternatif azolla pinnata.?

Tumbuhan Azolla Pinnata Sebagai Pakan Ikan Alternatif
  • Kandungan Gizi yang cukup tinggi.
    Sebagai pakan ikan alternatif, azolla pinnata memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk pertumbuhan ikan ternak, kandungan protein pada tumbuhan azolla pinnata mencapai 31,25 persen, lemak 7,5 persen, karbohidrat 6,5 persen, gula terlarut 3,5 persen dan serat kasar 13 persen.
  • Mudah untuk dibudidayakan / diperbanyak.
    Untuk memperbanyak tumbuhan azolla pinnata sendiri tidak terlalu sulit, cukup memberikan lingkungan tumbuh yang sesuai dengan syarat tumbuh azolla pinnata maka azolla pinnata akan memperbanyak dengan sendirinya.
  • Bisa menjadi peluang bisnis tambahan.
    Dengan banyaknya permintaan akan azolla pinnata sebagai pangan alternatif ikan budidaya, menjadikan azolla pinnata cukup memiliki harga yang bisa dikatakan tinggi, dari beberapa informasi yang saya dapatkan, harga azolla pinnata per-kg mencapai Rp.30.000 rupiah, bisa kurang bahkan bisa lebih.
  • Bisa menekan biaya pengeluaran penggunaan pelet.
    Menggunakan azolla pinnata sebagai pangan alternatif ikan budidaya, bisa menekan hampir 50% pengeluaran yang digunakan untuk pembelian pangan pelet, selain itu dengan kandungan gizi yang cukup menunjang pertumbuhan ikan, menjadikan azolla pinnata memang bisa sebagai pakan alternatif ikan budidaya.

Baca Juga : Cara Mudah Membudidayakan Tumbuhan Azolla Untuk Pakan Ikan Alternatif | BLOG IDN

Penutup

Sekian informasi mengenai tumbuhan azolla pinnata yang bisa dijadikan pakan alternatif ikan budidaya, khususnya ikan lele, nila, gurame.. semoga informasi ini bermanfaat, pada artikel selanjutnya akan saya bagikan bagaimana cara membudidayakan tumbuhan azolla pinnata ini. Terimakasih.

G. P. Kurniawan A young man who is enthusiastic about agriculture, entrepreneurship and a little fond of technology topics

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *