Wick Sistem : Sistem Hidroponik menggunakan Sumbu

Wick Sistem atau hidroponik sistem sumbu | Dalam membudidayakan tanaman menggunakan sistem hidroponik, ada satu instalasi yang tergolong mudah untuk dibuat dan tidak terlalu menguras kantong anda. Ya benar, instalasi hidroponik Wick Sistem atau hidroponik menggunakan sistem sumbu.

Dalam instalasi hidroponik wick sistem kita tidak memerlukan instalasi yang rumit, seperti pompa air, derajat kemiringan dsb, karena cara kerja dari instalasi hidroponik wick sistem tanaman akan menggantung pada sebuah tempat dan akarnya harus menyetuh air nutrisi di dalam tempat tersebut. Nah yang masih bingung bisa melihat gambar ini :

wick sistem source google

Jadi instalasi hidroponik wick sistem diatas hanya membutuhkan tempat wadah air atau istilah dalam dunia hidroponiknya “baki hidroponik”, penutup yang di lubangi untuk netpot menggantung dan air yang telah di campur dengan nutrisi ab mix khusus sayur hidroponik. Keuntungan dari sistem wick ini antara lain :

Keuntungan Wick Sistem Hidroponik

  1. Lebih murah dalam biaya instalasinya.
  2. Tidak terlalu sulit dalam pembuatannya.
  3. Dapat memanfaatkan barang – barang bekas yang ada seperti botol dsb.
  4. Tidak terlalu memakan banyak tempat .

Kekurangan Wick Sistem Hidroponik

  1. Tidak terjadi sirkulasi air ataupun udara.
  2. Pertumbuhan tanaman akan sedikit lebih lambat dibandingkan dengan sistem hidroponik NFT, DFT dan rakit apung.
  3. Tanaman rentan terkena busuk akar, dikarenakan oksigen tidak tersuplai dengan maksimal.

Nah setelah anda mengetahui kekurangan dan kelebihan dari instalasi hidroponik wick sistem, selanjutnya akan saya bahas bagaimana cara perawatan tanaman yang di tanam menggunakan wick sistem hidroponik.

Cara Perawatan Tanaman Hidroponik Menggunakan Instalasi Wick Sistem

Dikarenakan air tetap diam (statis) tanpa adanya sirkulasi maka kadar oksigen di dalam air pun akan lebih sedikit, berbeda dengan instalasi hidroponik yang menggunakan pompa dan sirkulasi airnya mengalir, kadar oksigen yang sedikit di dalam air dapat menyebabkan atau memicu terjadinya busuk akar yang disebabkan oleh jamur pythium, selain itu suhu akibat panas yang berlebihan pun tidak mudah di lepaskan karena terperangkap di dalam baki hidroponik.

Tetapi jangan takut untuk mencoba, banyak dari teman – teman saya yang mencoba menggunakan wick sistem untuk menanam sayuran pakcoy dan selada berhasil kok dan hasilnya pun cukup bagus, tinggal bagaimana kita memberikan perlakuan yang sesuai (perawatannya).

wick sistem hidroponik

Cara perawatan tanaman yang di tanam menggunakan wick sistem hidroponik ini cukup mudah, anda hanya perlu mengecek jumlah air di dalam baki, karena akar harus selalu menyetuh air nutrisi, usahakan air di dalam baki jangan sampai habis, pokoknya air nutrisi harus selalu menyetuh akar tanaman yang kita tanam, walaupun dalam netpot kita di berikan sumbu berupa kain flanel. Selain itu yang perlu kita lakukan ialah mengecek ph yang sesuai dengan tanaman yang akan anda tanam, ppm yang sesuai dengan umur tanaman, dan ketersediaan sinar matahari yang cukup.

Default image
G. P. Kurniawan
Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

Leave a Reply