G. P. Kurniawan Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

Tahapan Pemberian Nutrisi AB-MIX Pada Tanaman Selada Hidroponik

Selada (Lactuca sativa L) merupakan tanaman yang masuk kedalam famili Compositae. Tanaman berjenis sayur yang satu ini merupakan jenis tanaman sayuran yang sudah populer di masyarakat, tampilannya yang memiliki warna hijau, tekstur yang renyah dan aroma segar, membuat tampilan makanan yang disandingkan dengan selada terasa amat menyegarkan.

Tanaman ini merupakan tanaman yang dapat dibudidayakan di segala daerah di indonesia, daerah lembah ia dapat tumbuh, daerah dingin , dataran rendah maupun dataran tinggi ia dapat tumbuh, tetapi pada masin – masing kondisi daerah akan mempengaruhi dari kualitas selada yang dihasilkan. Syarat tumbuh ideal selada ini ialah pada suhu 15-25 °C, dan itu merupakan suhu yang ideal untuk menghasilkan selada berkualitas baik. Sedangkan jika suhu melebihi 30 °C maka selada akan terhambat pertumbuhannya dan akan muncul tangkai bunga (bolting) selain itu rasa yang dihasilkan pun akan terasa lebih pait.

Selada yang di tanam menggunakan sistem hidroponik tetap saja harus memperhatikan kesesuaian syarat tumbuh selada agar dapat tumbuh secara normal dan sesuai kebutuhan yang diinginkan. Selain suhu yang harus diperhatikan dalam menanam selada hidroponik, ada hal lain yang lebih penting yaitu perawatan pemberian nutrisi secara bertahap, mulai dari awal pindah tanam (transplanting

) sampai nanti selada dapat di panen.

Pemberian nutrisi pada selada dilakukan secara bertahap mulai dari minggu pertama sampai nanti di minggu terakhir selada dapat di panen. Kadar atau dosis nutrisi yang diberikan pada selada hidroponik pun berbeda – beda mulai dari awal pindah tanam sampai nanti dilakukan pemanenan. Nah maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai Tahapan pemberian nutrisi AB – MIX pada tanaman selada hidroponik.

Sesuai dengan judulnya nutrisi yang digunakan disini ialah nutrisi AB-MIX untuk sayuran. Pada saat pemberian nutrisi harus dilakukan secara teliti dan tepat agar nantinya selada dapat menghasilkan kualitas yang baik dan kita pun mendapatkan keuntungan yang tinggi pula. Berikut merupakan tahapan pemberian nutrisi AB-MIX pada selada hidroponik :

Tahapan Pemberian Nutrisi AB-MIX Selada Hidroponik

  • Usahakan saat akan memberikan nutrisi AB-MIX pada selada hidroponik, pH air berkisar antara 6,0 – 7,0. Artinya pada kisaran pH tersebut merupakan pH yang dikehendaki untuk tanaman selada tumbuh dengan baik.
  • Pada minggu 1 (pertama) Selada Hidroponik diberikan dosis nutrisi sebesar 500 PPM.
  • Pada minggu 2 (kedua) sampai minggu ke 3 (tiga) Selada Hidroponik diberikan dosis nutrisi sebesar 700 PPM.
  • Pada minggu ke 4 (empat) sampai dengan minggu ke 8 (delapan) Selada Hidroponik diberikan nutrisi dengan dosis 840 PPM.
  • Selanjutnya selada hidroponik dapat di panen pada umur 65 – 90 hari.

Jadi itulah tahapan pemberian nutrisi AB-MIX pada selada hidroponik. Selada yang ditanam menggunakan sistem hidroponik akan lebih bersih dan tidak tercemar dengan pestisida – pestisidia kimia. Sedikit informasi Selada ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh, manfaat – manfaat tersebut ialah dapat membantu memperbaiki organ dalam, mencegah panas dalam, melancarakan metabolisme, membantu menjaga kesehatan rambutm mencegah kulit menjadi kering dan mampu mengatasi insomnia. Menurut Herliana (2014) Kandungan gizi yang terdapat pada selada adalah serat, provitamin A (karotenoid), kalium dan kalsium sangat baik untuk tubuh jika dikonsumsi secara rutin.

Untuk anda yang ingin mencoba membudidayakan selada menggunakan sistem hidroponik, jangan ragu untuk mencobanya, ikuti panduan diatas untuk anda menghasilkan selada yang berkualitas. Sekian dari saya semoga artikel tahapan pemberian nutrisi AB-MIX untuk selada hidroponik ini bermanfaat, terimakasih.

G. P. Kurniawan Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *