G. P. Kurniawan Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

Mengetahui Tabel PPM dan Tabel Kebutuhan PH masing-masing tanaman dalam budidaya tanaman sistem hidroponik

Dalam membudidayakan tanaman menggunakan sistem hidroponik, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui agar tanaman yang kita tanam dapat tumbuh dengan normal dan menghasilkan pertumbuhan yang baik.

Salah satu hal penting yang menjadi point dalam melakukan budidaya tanaman menggunakan sistem hidroponik ialah mengetahui PPM (Part per milion)

, PPM merupakan satuan untuk mengukur kepekatan larutan nutrisi yang ada dalam sistem hidroponik.

PPM ini dapat diukur menggunakan alat yang bernama TDS meter, karena tanaman membutuhkan nutrisi yang berbeda – beda maka perlulah mengetahui PPM yang kehendaki pada masing-masing tanaman. Menurut sepengetahuan saya semakin bertambahnya umur tanaman yang kita tanam maka PPM yang dibutuhkan juga semkain besar.

PH adalah singkatan dari Power of Hydrogen atau derajat keasaman yang dimiliki suatu larutan, nah dalam membudidayakan tanaman hidroponik ini kita harus mengetahui PH yang cocok untuk tanaman yang kita sedang tanam, karena kalau tidak tanaman bisa terganggu pertumbuhannya atau malah bisa mati. Untuk mengukur PH dalam suatu larutan, anda bisa menggunakan alat yang bernama PH Meter.

Setelah mengetahui tentang PPM dan PH, maka akan saya berikan Tabel PPM dan Tabel PH pada jenis-jenis tanaman hidroponik. Akan saya bagi beberapa jenis tanaman mulai dari tanaman jenis sayuran, Tanaman jenis Buah, dan Tanaman jenis herbal. Berikut Tabel PPM dan PH untuk kebutuhan tanaman hidroponik.

1. Tanaman jenis Sayuran

2. Untuk tanaman Buah

3. Untuk Tanaman Sayuran Buah

Nah jadi itulah tabel PPM dan PH kebutuhan tanaman hidroponik, untuk anda yang ingin menanam tanaman menggunakan sistem hidroponik jangan lupa untuk mengecek dan mengatur PPM dan PH pada sistem hidroponik anda ya.. karena akan mempengaruhi pertumbuhan dari tanaman anda..

Oiya sedikit informasi saat suhu linkungan anda panas, maka PPM dan PH akan meningkat, karena suhu lingkungan akan mempengaruhi cairan / air yang berisi nutrisi dalam sistem hidroponik anda.. untuk cara mengatasi PH dan PPM yang tinggi akan saya post di post selanjutnya terimakasih.

G. P. Kurniawan Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *