G. P. Kurniawan Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

Cara melarutkan atau meracik nutrisi hidroponik AB Mix untuk pemula

Nutrisi merupakan komponen penting yang dibutuhkan tanaman dalam melakukan pertumbuhan. Nutrisi yang diberikan pada tanaman juga sering disebut dengan pupuk, di alam nutrisi terbagi menjadi 2 yaitu nutrisi yang di butuhkan tanaman yang bersifat essensia (essensial nutrients) dan nutrisi nonessensial ( nonessensial nutrients).

Pada budidaya tanaman menggunakan media hidroponik, pemberian nutrisi merupkan komponen utama yang harus dilakukan, karena lingkungan tumbuh tanaman tidak menyediakan unsur nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman, maka dari itu kita harus menyuplai nutrisi tersebut dengan pasti. Oleh sebab itu disini saya akan memberikan informasi bagaimana cara melarutkan atau meracik nutrisi hidroponik AB Mix terutama untuk petani hidroponik pemula.

AB Mix merupakan salah satu merek nutrisi yang banyak digunakan dalam budidaya tanaman menggunakan sistem hidroponik. Disebut dengan AB Mix karena di dalam kemasan pupuk / nutrisi ini terdapat dua jenis pupuk, yaitu pupuk A dan Pupuk B. Jenis pupuk / nutrisi AB Mix sendiri jenisnya sangat bermacam – macam, ada nutrisi AB Mix untuk tanaman buah, ada nutrisi AB Mix untuk tanaman sayur, ada juga nutrisi AB Mix untuk daun, dan masih banyak lagi. Keunggulan dari penggunaan nutrisi AB Mix ini ialah kandungan unsur hara makro dan mikro yang cukup lengkap. Berikut merupakan kandungan nutrisi AB Mix :

kandungan unsur pada pupu AB Mix

Cara Meracik Nutrisi AB MIX untuk Hidroponik

pupuk / nutrisi AB Mix
  • Langkah Pertama buka bungkus pupuk AB Mix
  • Langkah kedua melarutkan masing-masing pupuk, untuk melarutkannya terserah ingin memakai tempat / wadah apa saja.
  • Langkah Ketiga Sebelum digunakan pupuk ini harus dibuat larutan stok dulu. Larutan stok inilah yang nantinya akan di campur dengan air pada media tumbuh tanaman. Setelah dalam bentuk larutan stok, maka nutrisi ini sudah siap dipakai.
  • Langkah ke empat Masukkan pupuk A ke dalam air bersih sebanyak 300 ml. Kemudian aduk sampai benar – benar larut. Setelah larut, tambahkan air lagi sampai volumenya 500 ml. Hal yang sama juga dilakukan dengan pupuk B.
larutan stok

Cara Pemakaian laruran pupuk yang sudah di racik

  • Untuk cara pemakaian / pengaplikasian pada air hidroponik, setiap 5 ml larutan stok A dan Larutan stok B untuk 1 liter air.
  • Jadi siapkan air 900 ml dalam sebuah ember atau wadah.
  • Kemudian masukkan larutan stok A dan B masing – masing 5 ml. Berarti volumenya menjadi 910 ml.
  • Aduk sampai larut. Setelah larut, tambahkan air lagi sampai volumenya menjadi 1 liter. Berarti ditambah air lagi sebanyak 90 ml.
  • Kemudian masukan air yang sudah di campur nutrisi ke dalam box atau tempat untuk media tumuh tanaman.

Catatan : Larutan A dan B dalam pembuatan nya atau saat persiapannya tidak dapat dicampur karena apabila kation Ca dalam larutan A bertemu dengan anion sulfat dalam larutan B akan terjadi reaksi yang menghasilkan endapan sehingga unsur Ca dan S tidak dapat diserap oleh akar. Endapan tersebut berupa kalsium sulfat yang tanaman sendiri tidak dapat menyerapnya. Serta sebelum ingin mencampur larutan A dan B kedalam air, pastikan air mempunyai pH yang netral, berkisar antara 5,5 – 6.

Jadi begitulah cara melarutkan atau meracik nutrisi hidroponik AB Mix untuk pemula, semoga informasi ini bermanfaat dan jika ada salah kata ataupun dalam pemberian langkah-langkahnya saya mohon maaf, terimakasih.

G. P. Kurniawan Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *