G. P. Kurniawan Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

Manfaat minum jamu beras kencur campur kunyit untuk tubuh

manfaat jamur kencur bagi tubuh

Kencur dan kunyit merupakan tanaman yang banyak di budidayakan oleh masyarakat indonesia. Tanaman yang sering dijadikan jamu atau obat herbal ini memang sudah sejak dahulu digunakan oleh nenek moyang kita sebagai obat herbal yang mempunyai segudang khasiat bagi tubuh.

Kencur merupakan bahan utama dalam pembuatan jamu berasa kencur, walaupun ada beberapa tambahan bahan lainnya seperti jahe, dan kunyit. Kencur adalah tanaman yang berbentuk rimpang dan masih satu keluarga dengan si jahe, kunyit. Biasanya jamu beras kencur digunakan oleh masyarakat indonesia untuk meningkatkan nafsu makan anak, sebagai jamu untuk kebugaran, mengisi ulang energi, sebagai obat batuk, obat antiradang, dan obat awet muda.

Menurut penelitian ilmiah ditemukan bahwa dalam kencur memiliki aktivitas antiinflamasi, antijamur dan antibakteri yang sangat baik bagi tubuh manusia. Hal ini lah yang sangat baik untuk kencur dijadikan bahan utama sebagai pembuatan jamu beras kencur, kencurnya saja sudah banyak mengandung manfaat apalagi dengan bahan – bahan lainnya sebagai pendukung dalam membuat jamu beras kencur, yang pasti nya herbal dan alami.

Berikut merupakan kandungan bahan – bahan yang ada didalam kencur :

  • Etil parametoksisinamat

Di dalam kencur ada yang namanya senyawa Etil parametoksisinamat atau biasa di singkat dengan nama (EPMS). EPMS sendiri mempunyai manfaat sebagai bahan kosmetik yang dapat melindungi kulit dari efek buruk radiasi matahari (ultraviolet).

  • Komponen bioaktif

Dai dalam rimpang kencur memiliki komponen bioaktif yaitu senyawa fenolik yang jumlahnya hampir setara dengan 146 mg asam galat dan jumlah kapasitas antioksidan yang terkandung dalam rimpang kencur cukup banyak. Senyawa fenolik dalam kencur mempunyai khasiat dalam tubuh yaitu membantu mencegah penyerapan glukosa berlebih dalam saluran pencernaan dan juga membantu penyerapan glukosa yang berlebih di ginjal.

Manfaat jamu beras kencur campur kunyit bagi tubuh kita :

1. Mencegah terjadinya gluconeogenesis

  • Manfaat beras kencur yang lain adalah meningkatkan toleransi glukosa dan mencegah terjadinya gluconeogenesis (pembentukan glukosa baru) serta mencegah kerusakan pada sel-sel pankreas akibat aktivitas radikal bebas.

2. Memiliki kandungan antioksidan yang tinggi (Polifenol dan Flavanoid)

  • Manfaat lainnya dari jamu beras kencur adalah memiliki kandungan senyawa polifenol sebagai antioksidan yang baik untuk tubuh. Senyawa polifenol berasal dari bahan – bahan dalam jamu beras kencur seperti beras dan rimpang kencur. Keduanya mengandung senyawa polifenol sebagai antioksidan. Senyawa Polifenol mempunyai kemampuan mengurangi kerusakan dalam sel – sel tubuh dengan cara mengikat radikal bebas dan mengurangi kegiatan stres oksidatif pada sel tubuh.
  • Sedangkan kandungan lainnya dalam bahan jamu beras kencur adalah kandungan flavanoid. Kandungan flavanoid dalam jamu beras kencur ternyata memiliki fungsi meningkatkan penggunaan glukosa di jaringan perifer.

3. Menjaga stamina dalam tubuh

  • untuk mengurangi kadar toksin dalam tubuh akibat konsumsi obat kimia, ada baiknya untuk mengkonsumsi jamu yang terbuat dari campuran bahan – bahan jahe, beras, kencur, kunyit, asam dan gula merah. Selain untuk mengurangi kadar toksin dalam tubuh jamu beras kencur juga dapat menambah stamina akibat kelelahan dikarenakan senyawa – senyawa kimia yang sangat bagus untuk memulihkan tenaga dalam tubuh. Cukup mengkonsumsi jamu beras kencur campuran kunyit dengan terartur hal ini akan menjadi obat herbal alami yang akan membuat tubuh menjadi lebih bugar dan sehat.

4. Mencegah timbulnya jerawat diwajah

  • Untuk anak muda yang senang melakukan perawatan tubuh, terutama pada bagian wajah, jamu beras kencur ini mempunyai khasiat yang baik lho untuk mencegah timbulnya jerawat. Senyawa antibakteria dalam jamu beras kencur ini sangat baik untuk mencegah kulit terserang bakteri penyebab jerawat di wajah. Cukup mengkonsumsi jamu beras kencur secara rutin dan jangan lupa tetap menjaga kebersihan dan berolahraga yang teratur.

5. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah

  • Untuk anda yang sedang dalam pengobatan penyakit kolesterol, ada baiknya anda mengkonsumsi jamu beras kencur, campuran bahan – bahan dalam jamu beras kencur ini mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, selain itu bahan -bahan yang ada dalam jamu beras kencur juga mampu meningkatkan aliran empedu dalam tubuh, akibatnya penyerapan zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh menjadi lancar. Caranya cukup anda mengkonsumsi jamu beras kencur ini secara rutin dan teratur, maka setelah 3 – 4 minggu akan terasa manfaatnya.

6. Menambah nafsu makan

  • Untuk anda atau anak anda yang memiliki masalah dengan nafsu makan ada baiknya untuk disarankan mengkonsumsi jamu beras kencur campuran kunyit dengan rutin. Karena dalam bahan kencur sendiri terdapat senyawa kimia atsiri yang bersifat carminative terbukti mampu meningkatkan nafsu makan anda ataupun anak anda.

7. Sebagai pelangsing tubuh alami

  • Mempunyai tubuh yang langsing merupakan keinginan setiap orang terutama kaum hawa. Tubuh yang lansing merupakan tanda bahwa tubuh tersebut sehat atau bugar, untuk mendapatkan tubuh yang langsing dibuthkan olahraga yang teratur, tetapi apa jadinya jika kita tidak mempunyai waktu olahraga yang cukup.?, anda bisa mengkonsumsi jamu beras kencur secara rutin dan teratur untuk memilliki tubuh langsing dan bugar, kandungan kimia dalam bahan – bahan jamu beras kencur sangat baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh.

Itulah informasi mengenai Manfaat minum jamu beras kencur campur kunyit untuk tubuh, manfaat – manfaat diatas dapat memberikan efek yang bagus untuk tubuh jika mengkonsumsi jamu beras kencur secara rutin dan tepat, jangan lupa untuk tetap melakukan olahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat.

G. P. Kurniawan Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *