G. P. Kurniawan Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

11 Istilah Dalam Jasa Pengiriman Barang J&T Express yang Perlu Anda Ketahui

Istilah Dalam Jasa Pengiriman Barang J&T Express – Pernahkan anda memesan barang melalui toko online.? Jika pernah pastinya dalam proses pengiriman barang yang anda pesan akan menggunakan jasa pengiriman barang, di indonesia sendiri sudah banyak jasa – jasa pengiriman barang yang sangat membantu kita dalam membeli produk melalui toko online.

Saat anda telah selesai membeli produk melalui toko online, proses selanjutnya ialah pengemasan barang oleh pemilik toko online tersebut dan mengirimkannya melalui jasa pengiriman barang yang anda pilih, disini kita akan menggunakan jasa pengiriman barang J & T Express. Setelah barang diterima oleh jasa pengiriman barang tersebut, maka nanti akan ada notifikasi apakah barang telah diterima oleh J & T atau barang sudah dikirim, nah dari sini anda bisa melacak tracking pengiriman barang anda telah sampai dimana, sedang dalam proses apa barang anda tersebut..

Namun pada sebagian orang yang melakukan pembelian barang melalui toko online dan menggunakan jasa pengiriman barang, masih banyak yang belum memahami istilah – istilah yang ada pada jasa pengiriman barang. Nah maka dari itu saya telah merangkum dari berbagai sumber mengenai istilah yang ada dalam jasa pengiriman barang khususnya J & T Express.

Istilah yang ada dalam jasa pengiriman barang J & T Express

NOISTILAH
1.GATEWAY“Gateway” Memiliki arti yaitu menunjukkan kode lokasi paket dengan menggunakan format (KODEKOTA_GATEWAY). Contohnya sebagai berikut : SUB_GATEWAY, dimana ini memiliki arti paket sedang berada di gudang J&T Express Jakarta. Paket kiriman di gudang ini akan disortir sebelum diteruskan.

Jasa pengiriman barang J&T disini menggunakan daftar kode bandara di Indonesia sebagai referensi Gateway atau gudang porses sortir mereka.
2.PAKET SUDAH DITERIMA“Paket telah diterima” memiliki arti bahwa paket telah sampai ke pada pembeli barang / penerima.
3.SPRINTER / SPRINTER SEDANG MENGIRIMJika anda menggunakan jasa pengiriman J & T , ada istilah “SPRINTER” dimana istilah tersbeut memiliki arti “KURIR”. Jadi jika diartikan artinya paket telah tiba di Drop Point J&T daerah tujuan dan sedang dalam proses pengantaran oleh Sprinter. Nah Nama Sprinter-nya juga akan tertera dalam hasil jika anda melakukan cek resi pada barang pesanan anda.
4.BERMASALAHStatus bahwa ada terjadi masalah dalam pengiriman. Beberapa masalah yang mungkin terjadi adalah alamat yang tertera salah, atau Sprinter belum menemukan alamat tujuan.
5.SIMPANInformasi bahwa paket kamu tidak memungkinkan untuk diantarkan saat itu juga, biasanya karena kendala waktu dan jarak, sehingga harus disimpan dulu di cabangnya (Drop Point).
Kalau paketmu tidak memungkinkan untuk diantar saat itu juga maka akan disimpan dulu di cabangnya (Drop Point). Seringnya karena kemalaman atau terlalu jauh.
6.SCANMenginformasikan bahwa paket telah diproses untuk kemudian dikirim dan di update status pengiriman barang.
7.SEDANG MENJALANKAN SIMPAN SCANPaket telah tiba di Drop Point J & T namun belum dapat langsung diproses karena di luar jam kerja atau sprinter / kurir sedang overload antaran sehingga paket disimpan sementara dan baru akan diproses keesokan harinya.
8.SEDANG MENJALANKAN BERMASALAH SCANPaket telah tiba di Drop Point J&T, tetapi belum dapat diproses karena adanya masalah internal maupun eksternal. Biasanya masalah yang menyebabkan munculnya peringatan ini ialah sistem error, alamat tidak jelas, paket berisi barang yang dilarang oleh hukum, paket tercecer di gudang atau paket salah drop dalam proses sorting dan masih banyak lagi.
9.INVALID AIRWAY BILLIstilah “INVALID AIRWAY BILL” akan muncul jika anda salah memasukan nomor resi pada alat cek resi, atau istilah ini juga dapat memiliki arti server tracking J&T Express sedang mengalami gangguan (down). Artinya jika server j & T sedang down, kode resi tidak akan berhasil dilacak baik melalui laptop, smartphone, maupun aplikasi pihak ketiga yang anda miliki.
10.SUDAH DITERIMAPaket sudah sampai di tujuan dan diserahkan kepada penerima
11.Paket Telah di Terima Oleh Drop Point di… Artinya paket anda telah sampai pada Drop Point masing – masing daerah tempat pengirim barang yang anda pesan.
Tabel Istilah dalam jasa pengiriman barang J & T Exspress

Nah jadi itulah informasi mengenai istilah yang ada dalam jasa pengiriman barang J & T Express, jadi sekian dahulu informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda yang sedang kebingungan mencari arti dari istilah yang dikeluarkan oleh pihak jasa pengiriman saat anda sedang membeli sebuah barang secara online… Terimakasih.

G. P. Kurniawan Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *