G. P. Kurniawan Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

Daftar harga terbaru tanaman sayuran yang di tanam pada sistem hidroponik

Tanaman jenis sayur yang di budidayakan menggunakan sistem hidroponik lebih mempunyai banyak sekali keunggulan di bandingkan tanaman jenis sayur yang dibudidayakan menggunakan sistem pertanian konvensional. Salah satu keunggulan yang paling mendasar tanaman sayur hidroponik ialah tidak menggunakan pestisida kimia dalam prosesnya, sedangkan pada pertanian konvensional masih banyak di temui petani – petani di indonesia yang menggunakan pestisida kimia ataupun herbisida untuk mengelola tanamannya.

Jika ingin disebutkan masing – masing sistem pertanian yang digunakan mempunyai keunggulan dan kekurangannya masing – masing, seperti pada budidaya tanaman menggunakan sistem hidropnik dimana cost / biaya yang dikeluarkan untuk membangun hidroponik tergolong cukup banyak diawal, sedangkan untuk pertanian konvensional hanya pengelolaan lahan saja untuk persiapan tanam. Dari kekurangan dan kelebihan yang dihasilkan tersebut lah yang nantinya membuat harga dari taaman jenis sayur akan berbeda harganya.

Harga Sayuran Hidroponik

Dapat dijelaskan menggunakan teori ekonomi, bahwa semakin banyak permintaan maka harga akan meningkat, melihat kondisinya saat ini di indonesia belum banyak yang membuat instalasi hidroponik dan permintaan akan sayuran sehat dan bebas dari pestisida kimia berbahaya kian meningkat, membuat harga dari sayuran yang dibudidayakan menggunakan sistem hidroponik cenderung relatif tinggi, dibandingkan dengan sayur yang dibudidayakan menggunakan sistem pertanian konvensional. Untuk harga tanaman sayuran seperi pakcoy, selada, baby kailan yang dibudidayakan menggunakan sistem hidroponik berkisar Rp. 15.000 hingga Rp. 20.000 dengan packing yang sudah rapih dan melalui proses grading. Berbeda pada sayuran yang ditanam menggunakan sistem pertanian konvensional harganya berkisar Rp. 4.000 – 6.000.

Daftar harga sayuran hidroponik

Perlu diingat tidak semua petani – petani di indonesia menggunakan pestisida kimia secara berlebihan dan masih menggunakannya dalam batas toleran. Karena memang pilihan terpaksa untuk menggunaan pestisida kimia ataupun herbisida untuk menjaga tanamannya, selain lebih cepat dalam prosesnya harganya pun relatif standar..Jadi itulah informasi mengenai harga dari sayuran yang ditanam menggunakan sistem hidroponik, semoga artikel ini bermanfaat terimakasih.

G. P. Kurniawan Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *