G. P. Kurniawan Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

Panduan lengkap Cara kalibrasi pH Meter ATC Hidroponik Secara Tepat

Cara Kalibrasi pH meter ATC – pH meter merupakan salah satu alat penting yang menentukan keberhasilan dalam membudidayakan tanaman menggunakan sistem hidroponik. Mengapa saya katakan alat tersebut sangat penting.? Karena pH meter mempunyai fungsi mengukur derajat keasaman suatu larutan atau bahasa mudahnya mengukur pH air yang akan dilarutkan bersama nutrisi hidroponik.

Ada banyak merek pH meter yang berada di pasaran, salah satu merek pH meter yang cukup banyak di jual melalui toko online ataupun website jual beli alat hidroponik iala pH meter ATC, nah pH meter yang satu ini bisa anda dapatkan melalui toko online dengan rentang harga Rp. 120.000 – Rp. 150.000 atau bahkan ada yang menjual alat pH meter ini lebih murah.

Tentunya dengan harga tersebut kita tidak dapat meminta banyak fitur di dalamnya. tetapi untuk kebutuhan sederhana yaitu mengukur pH air saja menurut saya ini sudah cukup… walaupun ada merek lain yang memiliki harga cukup tinggi dan keakuratan serta fitur yang cukup lumayan.

Lalu ada pertanyaan… Apakah pH meter yang telah kita pesan melalui toko online harus kita kalibrasi.? Nah pertanyaan ini cukup banyak saya temui dalam forum – forum diskusi online ataupun saat memberi bimbingan mengenai cara budidaya tanaman menggunakan sistem hidroponik, jawabannya

“ada yang perlu di kalibrasi” dan “ada yang tidak perlu dilakukan kalibrasi”, tetapi untuk pH meter ATC sendiri memerlukan kalibrasi agar pengukuran lebih akurat. Oke langsung saja kita masuk ke langkah – langkah cara mengkalibrasi pH meter ATC sesuai dengan buku panduan.

Cara Kalibrasi pH Meter ATC dengan Tepat

Langkah Pertama : Menyiapkan alat dan bahan

Alat yang dibutuhkan untuk megkalibrasi pH Meter ATC :

  1. pH Meter yang telah anda beli
  2. Obeng kuning kecil yang satu paket dengan pH Meter
  3. Gelas ukur jika ada, ceret ukur, dan alat ukur yang lainnya
  4. Tissue untuk mengeringkan
  5. Gelas sebagai tempat air buffer

Bahan yang dibutuhkan untuk mengkalibrasi pH Meter ATC :

  1. Larutan buffer yang ada dalam paket pembelian pH Meter ATC
  2. Air sebanyak 250 ml

Cara Kalibrasi :

  • Siapkan gelas yang telah diisi dengan air sebanyak 250 ml, jumlah gelas disesuaikan dengan jumlah pH buffer yang ada.
  • Setelah itu masukkan masing – masing pH buffer kedalam gelas yang telah berisi air 250 ml.
  • Aduk hingga rata, kemudian masukan pH meter ATC kedalam pH buffer 6,8, selanjutnya jika angka yang ditunjukan pH Meter belum sesuai dengan larutan pH buffer, silahkan putar pada lubang kecil bagian belakang pH meter ATC menggunakan obeng kuning.
  • Jika angka pada pH meter menunjukan angka yang tinggi ( pH 7 + ) silahkan anda putar perlahan searah jarum jam, sedangkan jika angka pada pH meter terlalu rendah silahkan anda putar berlawanan dengan jarum jam secara perlahan, ingat putar secara perlahan sampai angka sesuai dengan jenis pH buffer yang digunakan, jika basa pH buffer akan menunjukan nilai 6,8.
pH buffer 6,8
  • Jika sudah, silahkan ukur larutan buffer yang lainnya dan lakukan persis seperti langkah – langkah diatas.

Cara Perawatan pH Meter ATC

Jadi setelah anda melakukan pengkalibrasian alat pH meter, selanjutnya ialah bagaimana cara merawat pH meter agar istilahnya awet untuk digunakan. Berikut langkah – langkah merawat pH meter :

  1. Saat mencelupkan pH meter jangan sampai terlalu dalam, cukup celupkan kepala pH meter saja, karena pH meter ini tidak kedap air.
  2. Setelah anda menggunakan pH meter untuk mengukur pH air, usahakan sebelum menutup pH meter, keringkan kepala pH meter terlebih dahulu.

Penutup

Jadi itulah informasi mengenai cara mengkalibrasi pH meter ATC dengan tepat, oiya usahakan selalu lakukan kalibrasi pada pH meter anda agar tetap akurat untuk digunakan. Semoga informasi ini bermanfaat terimakasih.

G. P. Kurniawan Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

2 Replies to “Panduan lengkap Cara kalibrasi pH Meter ATC Hidroponik Secara Tepat”

  1. Itu air bekas buffernya disimpan lagi utk kalibrasi berikutnya? Ato dibuang airnya?

    1. Halo mas, kalau saya larutan ph buffernya saya simpan mas, soalnya masih berguna jika nanti saat kita membutuhkan larutan buffer untuk mengkalibrasi ph meter dilain waktu, yang penting pemyimpanan masing – masing larutan ph buffer tetap di bedakan mas..

Average
5 Based On 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *