G. P. Kurniawan Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

Hal yang perlu anda ketahui saat berjualan produk menggunakan Marketplace

Anda mempunyai sebuah produk yang ingin dipasarkan secara online.? tetapi belum paham mengenai bagaimana sistematika cara penjualan produk anda agar nantinya laku atau sesuai dengan target produk yang anda jual.? Jika anda mempunyai rencana tersebut, berikut ini kita akan membahas seputar mengenai bagaimana alur menjual produk secara online.

Pada dasarnya banyak sekali cara menjual sebuah produk secara online, bisa menggunakan media sosial yang ada seperti twitter, facebook dan lain – lain, tetapi pernahkah anda berpikiran untuk menjuak produk anda di sebuah marketplace.? atau anda berencana menjual produk anda di sebuah toko online.? jika iya, ada yang perlu anda ketahui mengenai apa itu marketplace dan apa itu toko online.? apakah keduanya sama.? dan lebih baik mana berjualan produk menggunakan marketplace atau berjualan produk menggunakan toko online.? Mari kita bahas.

Pengenalan Marketplace

Marketplace merupakan sebuah platfrom berupa aplikasi ataupun berupa website yang dikelola suatu perusahaan (pihak ketiga), tugas / fungsi dari perusahaan tersebut ialah memfasilitasi bertemunya penjual dengan pembeli (konsumen) saat proses transaksi berlangsung secara online.

Jika dilihat dari fungsi marketplace, sebenarnya marketpace ini sendiri mempunyai fungsi yang hampir mirip dengan pasar tradisional, karena pemilik marketplace (perusahaan) tidak akan bertanggung jawab atas barang yang dijual oleh penjual, karena tugas dasar mereka hanya menyediakan tempat bagi para penjual untuk memasarkan produknya dan juga tentunya transaksi akan lebih mudah dan simpel.

Selain itu berjualan produk menggunakan marketplace akan bisa memeberikan citra dari toko yang kita bangun dalam marketplace tersebut apabila feedback dari konsumen yang membeli barang kita puas dan kualitas yang kita berikan memang diinginkan konsumen.

Memang dalam alur transaksi dana sepenuhnya diatur oleh pemilik marketplace (perusahaan) karena memang untuk membangun sebuah kepercayaan konsumen dalam membeli dan bertransaksi dalam sebuah marketplace, tentunya setelah perusahaan menerima pembayaran, maka barang akan langsung dikirim oleh penjual dan jika barang sudah sampai pada tangan penjual maka dana yang tertahan pada perusahaan (marketplace) akan langsung diteruskan kepada penjual produk.

Hal inilah yang membuat salah satu dari banyak alasan mengapa berjualan produk menggunakan marketplace sangat digemari karena alasan kenyamanan, keprecayaan dan kemudahanlah. Semakain hari memang trend aktivitas berjualan produk secara online menggunakan marketplace semakin menunjukan pengingkatan yang cukup signifikan.

Marketplace terbagi menjadi 2 dalam kategori menjual sebuah barang, yakni marketplace yang berbentuk Horizontal Marketplace dan yang kedua ialah Vertikal Marketplace. Lalu adakah perbedaan diantara keduanya.? tentu ada, masing – masing kategori tersebut mempunyai fungsi dala hal penjualan produk.

Pada Horizontal marketplace merupakan marketplace yang menjual berbagai produk dalam satu lokasi (market) dengan kategori yang berbeda – beda. Ada beberapa contoh yang bisa kita ambil pada horizontal marketplace ini, contohnya Tokopedia dan Bukalapak, dimana kedua marketplace tersebut tidak menjual satu jenis kategori produk saja, melainkan menjual berbagai jenis kategori produk yang berbeda – beda, anda bisa menemukan berbagai jenis barang disana mulai dari sepatu, gadget, mainan anak dan masih banyak lagi, jika disebutkan disini akan banyak sekali, karena memang itulah jenis marketplace ini (horizontal marketplace).

Nah yang menjadi point penting dalam horizontal marketpalce ini ialah, ia (horizontal marketplace) biasa menempatkan dan menampilkan dirinya sebagai toko dengan ciri barang serba ada dan mengangkat kenyamanan sebagai selling pointnya.

Berbeda dengan horizontal marketplace, Vertikal marketplace lebih bersifat satu jenis (Spesialis), mengapa disebut dengan satu jenis.? Karena marketplace ini hanya menjual satu jenis produk yang sama saja, misalnya sebuah marketplace yang hanya menjual produk kecantikan saja, atau ada marketplace yang hanya menjual produk keperluan anak, sepatu dan lain – lain. Keuntungan berjualan produk menggunakan vertikal marketplace ialah anda bisa menunjukan produk anda benar – benar lebih baik dibandingkan dengan produk lain, karena pada dasarnya vertikal marketplace ini memberikan kemudahan bagi konsumen yang mencari barang sesuai dengan keinginnannya dengan memberikan pilihan pasti pada sebuah website. Anda bisa lebih fokus dalam berjualan dan anda juga bisa menceritakan keunggulan dari produk anda dibandingkan dengan penjual lain.

Selanjutnya untuk bahasan mengenai toko online akan dipublish pada artikel bahasan berikutnya, semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca yang ingin berjualan produk menggunakan marketplace, saya ucapkan terimakasih.

G. P. Kurniawan Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *