G. P. Kurniawan A young man who is enthusiastic about agriculture, entrepreneurship and a little fond of technology topics

14 Keuntungan dan Kerugian dalam Melakukan Pekerjaan Wirausaha

Banyak sekali yang ingin menjadi seorang wirausahawan sukses, entah dikarenakan motivasi bentuk pekerjaannya maupun motivasi karena keuntungan besar yang diperoleh jika usaha yang dijalankan sukses.

Menjadi wiruausahwan sukses tidak mudah, banyak sekali rintangan yang perlu dilalui…Mungkin menurut pengalaman saya, yang paling sulit untuk menjalankan kegiatan wirausaha itu adalah kekonsistenan diri kita, karena banyak sekali para wirausahawan yang sukses mampu konsisten disaat ada rintangan dan halangan sekalipun saat usahanya sedang berjalan.

Konsisten disini, memiliki maksud atau makna, seorang wirausahawan harus bisa tetap menjalankan tujuan utamanya berwirausaha…Mengutip dari perkataan bapak jokowi (presiden republik indonesia) saat berbincang dengan boy william dalam salah satu vlognya.. Bahwasannya ia ingin sekali menjadi wirausaha sukses awalnya..

Karena latar belakang keluarga bapak jokowi sendiri adalah pengusaha kayu, dan pak jokowi ingin sekali menjadi pengusaha sukses dalam bidang tersebut.

Tetapi setelah ia menjadi presiden seperti sekarang, ternyata ketahanan dalam menjaga diri tetap konsisten masih dipegang teguh oleh bapak jokowi, karena menurut beliau..jika ada kesulitan dan tantangan jangan jangan sampai salah fokus, tenang.. pikirkan solusinnya dan bagaimana penyelesaiannya..

Nah itu salah satu motivasi untuk anda yang ingin menjalankan sebuah usaha… berawal dari mimpi yang besar, maka akan menghasilkan sesuatu yang besar pula..

Oke.. lanjut.. Karena topik kali ini membahas keuntungan dan kerugian dalam menjalankan pekerjaan wirausaha, maka bahasan kita kali ini mengkerucut ke topik “Keuntungan dan kerugian dalam berwirausaha”

Menjalankan kegiatan wirausaha itu tidak terlepas dari yang namanya keuntungan dan kerugian. Kerugian dalam berwirausaha biasanya terjadi saat seseorang tidak mempunyai konsep yang mantap dan motivasi kuat untuk menjalankan usahanya.

Akibatnya, sesuatu yang sebenarnya bisa membuat seorang wirausaha tersebut menjadi lebih tumbuh malah dijadikan alasan kerugian pada pandangan orang.

Berikut merupakan keuntungan dan kerugian berwirausaha.

Keuntungan Berwirausaha

  1. Pada Otonomi : Pengelolaan yang bebas dan tidak terikat membuat seseorang yang mendirikan usaha menjadi seorang “bos”. Artinya kebebasan yaitu bagaimana mengelola waktu, sumber daya manusia, alat dan bahan serta tujuan yang ingin dicapai dalam usaha sesuka hatinya tanpa disuruh orang lain.
  2. Tantangan awal dan perasaan motif berprestasi : Tantangan awal atau perasaan bermotivasi yang tinggi merupakan hal yang menggembirakan. Peluang untuk menggembangkan konsep usaha yang dapat menghasilkan keuntungan sangat memotivasi wirausaha.
  3. Control Financial ; Wirausaha memiliki kebebasan untuk mengelola keuangan dan merasa kekayaan milik sendiri. Jadi tidak ada rasa ragu-ragu atau takut untuk menggunakan uang.
  4. Memperkuat pertumbuhan ekonomi : menyediakan pekerjaan baru pada masyarakat. Sehingga memperlancar alur ekonomi sekaligus memperkecil angka pengangguran.
  5. Meningkatkan produktivitas : kemampuan untuk menghasilkan lebih banyak barang dan jasa.
  6. Menciptakan teknologi, produk dan jasa baru : seperti komputer digital, mesin fotokopi, laser, percetakan dll.
  7. Mendapat pengakuan dari masyarakat : Hal ini disebabkan banyak dari wirausahawan menjadi sukses karena usaha yang dilakukannya secara terus menerus sehingga bisa berhasil dengan memuaskan. Melalui proses-proses yang sangat sulit, rumit, dan panjang akan membentuk sebuah karakter dan dipandang baik oleh masyarakat sekitar.
  8. Membuka lapangan pekerjaan baru : Mendirikan usaha yang sukses, tentunya anda harus merekrut seseorang untuk menjadi bawahan anda, hal ini akan membuat anda menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Kerugiaan Berwirausaha

  1. Pengorbanan personal : Pada awalnya, wirausaha harus bekerja dengan waktu yang lama dan sibuk. Sedikit sekali waktu yang tersedia untuk kepentingan keluarga.
  2. Pengorbanan Financial : Saat awal – awal membangun usaha, tentunya kita membutuhkan sebuah usaha untuk memperkenalkan usaha kita kepada orang banyak, pada tahap inilah financial kita akan lebih banyak untuk dikeluarkan.
  3. Beban tanggung jawab : Wirausaha harus mengelola semua fungsi bisnis, baik pemasaran, keungan, personal, maupun pengadaan.
  4. Ketidakpastiannya keuntungan dan besarnya kemungkinan gagal : Karena wirausaha menggunakan sumber dana miliknya sendiri, maka angka laba/keuntungan yang diperoleh akan relative kecil.
  5. Bekerja keras dan jam kerjanya panjang : saat awal mula merintis bisnis, sudah pasti orang memulai usaha butuh pengorbanan penuh waktunya di usahanya agar usahanya segera ke tahap tumbuh kemudian ingin segera normal.
  6. Persaingan : Semua usaha tentunya memiliki persaingan, terlebih lagi jika anda mendirikan usaha dengan produk sejenis.

Penutup

Jadi itulah beberapa keuntungan dan kerugian dalam menjalankan kegiatan wirausaha. Tentunya, setiap orang memiliki motivasi yang berbeda – beda… ada yang ingin kerja lepas tanpa ada perintah dari atasan, ada yang ingin bekerja kantoran dengan jadwal yang sudah diatur…

Semua pekerjaan memiliki nilai positif, tergantung bagaimana orang tersebut memangdang dan menjalankan apa yang sudah menjadi tanggung jawabnya… maka dari itu setiap hal kecil perlu kita lakukan dengan sepenuh hati..

Mungkin cukup sekian dari saya terimakasih…

G. P. Kurniawan A young man who is enthusiastic about agriculture, entrepreneurship and a little fond of technology topics

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *