G. P. Kurniawan Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

Ini dia 10 keterampilan dasar yang harus dimiliki seorang wirausahawan

Wirausahawan merupakan istilah yang diberikan pada seseorang yang -pandai, cerdas dan mempunyai pemikiran maju dalam mengelola sebuah usaha atau bisnis yang di dirikannya.

Orang yang ingin menjadi wirausahawan haruslah mempunyai bakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun manajemen operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya, walaupun pada dasarnya semua bakat tersebut didapat dari pelatihan dan pengalaman dalam perjalanan hidupnya.

Beberapa wirausahawan sukses mempunyai prinsip yang teguh untuk ia jalani, prinsip tersebutlah yang nanti akan menjadi titik jembatan menuju tahap perkembangan usahanya.

Banyak usaha di indonesia yang tidak selalu sukses, ada yang jatuh kemudian bangkit kembali, ada yang pasang surut, ada juga yang jatuh kemudian tidak bangkit kembali.

Lalu apa yang menyebabkan usaha yang didirikan seseorang mengalami kemunduran ataupun tidak terjadi kenaikan progres yang baik.?

Biasanya banyak para wirausahawan yang hanya mencoba ingin membuka usaha, tetapi tidak memahami dasar – dasar apa saja yang diperlukan untuk menjadi wirausahawan sukses, yang akhirnya hanya membakar – bakar uang / modal saja.

Baca Juga : “3 Perbedaan Pedagang dengan Pengusaha yang wajib untuk kamu ketahui”

Membangun sebuah usaha tidak lah mudah, perlu dilakukan perjuangan yang benar – benar besar agar usaha yang kita dirikan dapat diterima dan bersaing di pasaran.

Berikut beberapa analisis mengenai 10 keterampilan dasar yang harus dimiliki seorang wirausahawan

1. Memiliki tindakan problem solved yang matang

Seseorang pengusaha yang matang, harus mempunyai tindakan pasti dalam mengambil suatu keputusan, entah itu keputusan yang berkaitan dengan problem internal ataupun masalah yang berkaitan dengan problem ektsernal usaha yang dijalaninya.

2. Memiliki Kreativitas dan Inovasi pada pengembangan produk

Kreativitas merupakan hal dasar yang harus dimiliki oleh sesorang wirasuahawan, hal ini dikarenakan dengan dimilikinya kreativitas yang tinggi dapat membuat / menciptakan peluang – peluang baru dalam usahanya. Tentunya kreativitas tidak dapat dipisahkan dengan tindakan inovasi yang akan dilakukan.

3. Memiliki sifat kepemimpinan dan pengembangan dalam sebuah organisasi

Memang dalam prosesnya dalam merintis sebuah usaha, seseorang yang mendirikan usahanya akan berjuang sendiri, point inilah yang menjadi pembeda antara wirausahawan, self-employee atau freelance.

Bila nantinya usaha yang anda kembangkan semakin besar dan mempunyai potensi grafik yang baik, maka pengetahuan akan sifat kepemimpinan dalam sebuah organisasi perlu di miliki, agar nantinya kita dapat mengatur dengan bijak usaha yang kita bangun.

4. Mampu memanajemen SDM (Sumber daya manusia)

Mempunyai pengetahuan dan kemampuan dalam memanajemen sumber daya manusia merupakan point yang penting, disaat usaha yang anda dirikan telah berkembang menjadi besar. Dengan memanajemen sumber daya manusia yang baik, anda akan bisa mengelola dan menetapkan seseorang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Hal ini sangat berguna, karena akan membuat sasaran yang sesuai dengan kemampuan seseorang.

5. Mampu mengatur sistem Pemasaran

Mengetahui sistem pemasaran merupakan hal yang diperlukan dalam sebuah usaha, analisis kebutuhan pasar dan peluang pasar harus diketahui dalam mendirikan sebuah usaha agar berjalan dengan sukses.

6. Memiliki Tachnical skill

Tachnical skill yaitu ketrampilan yang diperlukan untuk melakukan tugas-tugas khusus, seperti sekretaris, akuntan-auditor, dan ahli gambar.

7. Human relation skill

Human relation merupakan kemampuan dasar yang sangat penting bagi seseorang wirausahawan dalam membangun usahanya, karena dengan mengerti, berkomunikasi, dan berelasi dengan orang lain dalam organisasi ataupun tidak, akan dapat meningkatkan engagement / keterikatan pada produk yang kita hasilkan.

8. Conceptual skill

Conceptual skill yaitu kemampuan personal untuk berpikir secara abstrak, untuk mendiagnosis dan untuk menganalisis situasi yang berbeda, dan melihat situasi luar. Keterampilan konseptual sangat penting untuk memperoleh peluang pasar baru dan menghadapi tantangan seorang wirausahawan.

9. Desicion making skill

Desicion making skill sangat dibutuhkan sebagai seseorang wirausahwan karena keterampilan ini yaitu ketrampilan ini akan lebih banyak pada merumuskan masalah dan memilih cara bertindak yang terbaik untuk memecahkan masalah tersebut.

10. Time management skill

Seorang wirausahwan harus mempunyai kemampuan memanajemen waktu dengan baik dan seproduktif mungkin untuk melakukan kegiatan – kegiatan yang telah di rancang dengan matang.

Ketrampilan dasar

  • Memiliki mental dan spiritual yang tinggi
  • Memiliki kepribadian yang unggul yaitu mampu merumuskan hidup, memanfaatkan waktu dan selalu berpikir positif
  • Pandai berinisiatif
  • Dapat menyusun suatu rencana
  • Dapat mengkoordinir kegiatan usaha
  • Memiliki pendidikan formal

Ketrampilan khusus

  • Conceptual Skill yaitu ketrampilan melakukan usaha secara menyeluruh berdasarkan konsep yang dibuat dalam berwirausaha
  • Technical Skill yaitu ketrampilan melakukan dan mempraktekan teknik-teknik tertentu di dalam mengelola usahanya
  • Human Skill yaitu ketrampilan untuk bekerja sama dengan orang lain, bawahan dan sesama wirausahawan
G. P. Kurniawan Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

One Reply to “Ini dia 10 keterampilan dasar yang harus dimiliki seorang wirausahawan”

Average
5 Based On 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *