G. P. Kurniawan Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

“3 Perbedaan Pedagang dengan Pengusaha yang wajib untuk kamu ketahui”

Perbedaan Pedagang dan Pengusaha | Sering kali saat kita sedang berbincang santai, kita di hadapkan dengan kalimat – kalimat, apakah pedagang berbeda dengan pengusaha.? dari segi manakah yang membedakan antara pedagang dengan pengusaha.? nah maka dari itu mari kita perjelas mengenai perbedaan pedagang dengan pengusaha.

Pedagang merupakan orang yang menjual suatu barang dengan tujuan mendapatkan keuntungan besar, dalam konteks ini bukan berarti pengusaha juga tidak ingin mendapatkan keuntungan, tetapi dasar yang paling membedakan antara pedagang dengan pengusaha ialah cara melakukan pekerjaannya.

Baca Juga : Ini dia 10 keterampilan dasar yang harus dimiliki seorang wirausahawan

Perbedaan Pedagang dan Pengusaha

Pedagang :

Pada pedagang, seseorang cenderung mencari keuntungan tinggi dengan meminimalkan pengeluaran yang ada, dalam artian seseorang pedagang akan membeli suatu barang dengan kuantitas tinggi tetapi harga yang rendah, seperti contoh si seseorang pedagang membeli suatu barang dengan harga 10 ribu dengan kuantitas yang cukup banyak, setelah itu pedagang tersebut akan menjual barang yang awalnya ia beli dengan harga 10.000 menjadi 15 ribu atau diatasnya, nah begitu tujuannya mendasar dari pedagang, dengan harapan nantinya barang ia beli dengan harga rendah tersebut dapat terjual dengan harga yang cukup tinggi nantinya di tangan pedagang tersebut.

Baca Juga : Peran Pokok dan Fungsi Pemerintah dalam Bidang ekonomi di Indonesia

Pengusaha :

Sedangkan pengusaha dalam praktiknya berbeda dengan pedagang, dimana pengusaha akan membuat peluang usahanya sendiri, peluang usaha tersebut di dapat dari hasil riset peluang akan di dirikannya usaha tersebut, dalam artian seseorang pengusaha harus mempunyai skill dalam melihat peluang yang ada serta mempunyai skill dalam bidang usaha yang di dirikannya. Sangat berbeda sekali bukan.?

Seorang pengusaha juga akan memiliki keinginan untuk selalu membuat usahanya lebih maju. Para pengusaha akan membuat strategi untuk pemasaran agar produknya bisa dikenal luas oleh masyarakat. Sedangkan bagi pengusaha, jika dagangan mereka untung itulah salah satu tujuan mereka, tanpa mereka memikirkan suatu strategi. Semakin banyak pembeli di tempat usaha mereka, semakin banyaklah untung yang mereka dapat.

Pengusaha akan memiliki risiko investasi yang lebih besar daripada yang ditanggung oleh pedagang. Sebab pengusaha belum tentu bisa mendapatkan untung mereka saat itu juga. Lain halnya dengan pedagang yang bisa meraih untung setelah barang dagangan mereka laku. Seorang pengusaha biasanya akan mempunyai mental yang sangat kuat dan juga tahan banting. Pengusaha juga telah terbiasa mengahdapi tekanan fisik maupun psikis. Hal itu disebabkan seorang pengusaha bisa saja mengalami kegagalan yang besar saat usahanya belum bisa diterima oleh masyarakat. Mental antara pedagang dan pengusaha bisa menjadi salah satu perbedaan terbesar diantara mereka.

Berikut Faktor yang menyebabkan perbedaan antara Pedagang dan Pengusaha

1. Perencanaan

Tahukah Kalian Apa Perbedaan Pedagang dan Pengusaha? Ini Penjelasannya… Perbedaan pedagang dan pengusaha yang pertama bisa dilihat dari perencanaannya. Seorang pengusaha pasti akan merencanakan usahanya dalam jangka pendek, jangka menengah dan juga dalam jangka panjang. Hal itu dilakukan agar usaha yang dilakukannya bisa dilaksanakan dengan jelas. Jelas dalam maksud kapan barang akan habis maupun kapan harus memasang modal lagi. Hal itu dilakukan agar pengusaha itu tidak akan mengalami kerugian. Sedangkan bagi pedagang, umumnya mereka tidak terlalu mementingkan sebuah perencanaan. Bagi pedagang jika dagangannya laku mereka sudah sangat senang. Sehingga tidak ada pemantauan yang detail terhadap keuntungannya seperti yang dilakukan oleh seorang pengusaha.

2. Pemasaran

Tahukah Kalian Apa Perbedaan Pedagang dan Pengusaha? Ini Penjelasannya… Perbedaan pedagang dan pengusaha yang kedua adalah dari segi pemasarannya. Baik pedagang dan juga pengusaha sama-sama melakukan pemasaran. Namun, strategi dan cara pemasarannya cukup berbeda. Seorang pengusaha lebih berpikir bagaimana cara memasarkan usahanya dengan mempercantik kemasan dari produknya agar menarik bagi banyak orang. Selain itu pengusaha juga akan mencari tempat yang dianggap bagus untuk menjual produk dari usahanya. Sedangkan bagi seorang pedagang dalam memasarkan produknya hanya dilakukan di satu tempat saja. Selain itu, pedagang juga umumnya memasarkan dagangannya dengan tenaga yang banyak seperti dengan berteriak-teriak.

3. Catatan Keuangan

Tahukah Kalian Apa Perbedaan Pedagang dan Pengusaha? Ini Penjelasannya… Perbedaan pedagang dan pengusaha yang terakhir adalah dalam hal catatan keuangannya. Seorang pedagang dan pengusahah akan selalu mencatat pemasukan dan pengeluaran yang dilakukannya. Namun, seorang pengusaha lebih detail saat mencatat pemasukan dan pengeluarannya. Seorang pengusaha juga akan mengamati usahanya apakah telah berkembang dengan baik melalui sebuah grafik.

Untuk anda yang ingin memulai usaha ataupun berdagang, lebih baik mulai dari sekarang sudah mempersiapkan dan merencanakan strategi usaha atau berdagang anda, karena jika kita hanya melakukan sesuatu hal tanpa adanya strategi sama saja kita hanya membuang – buang waktu dan resiko untuk gagal juga cukup besar. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi mengenai perbedaan pedagang dengan pengusaha terimakasih.

G. P. Kurniawan Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *