G. P. Kurniawan A young man who is enthusiastic about agriculture, entrepreneurship and a little fond of technology topics

11 Karakteristik wirausaha unggul untuk menuju sukses Yang Perlu Anda Ketahui

Karakteristik merupakan bagian yang menggambarkan sesuatu dapat tersusun menjadi suatu yang nyata. Karakteristik wirausahawan untuk menjadi sukses dapat diartikan sebagai komponen karakter yang melekat pada seorang wirausahwan.

Masing – masing orang memiliki karakteristik yang berbeda – beda, karena setiap orang mempunyai sifat dan konseptualnya masing – masing. Tetapi walaupun setiap orang memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda – beda dalam menjadi wirausahawan sukses, menurut beberapa ahli ada beberapa karakteristik yang menjadi elemen penyusun wirausahawan tersebut menjadi sukses.

Seorang wirausaha sukses harus mempunyai karakteristik yang mendasari dirinya untuk menjadi sukses. Banyak dari wirausahawan suskses yang rata – rata hampir memiliki beberapa karakteristik yang akan saya jelaskan dibawah ini.

Baca juga : 10 Keterampilan Dasar Wirausahawan Yang Harus Anda Ketahui

Karakteristik Unggul Wirausahawan Untuk Menuju Kesukses.

1. Tekun dan Ulet

Seorang wirausahawan sukses harus mempunyai sifat yang tekun dan ulet. Sifat tekun dan ulet ini sangat perlu dimiliki seorang wirausahawan karena nantinya perjalanan seorang wirausahawan tidak semulus apa yang dipikirkan, akan banyak menemui permasalahan – permasalahan yang dapat membuat goyah jika kita tidak mempunyai sifat tekun dan ulet.

Contohnya saja, dahulu saat produk minuman coca – cola diluncurkan, tahun pertama produk minuman ini diluncurkan hanya terjual sebanyak 10 Botol saja, tetapi pemilik perusahaan coca – cola tidak putus asa, dia terus melakukan usaha – usaha agar produknya ini bisa terjual lebih ditahun berikutnya.

2. Pandai Melihat Permasalahan

Karakteristik seorang wirausahawan menuju sukses yang kedua ialah pandai dalam melihat permasalahan yang ada, permasalahan merupakan sebuah persoalan yang harus diselesaikan menggunakan cara dan langkah yang tepat, seorang wirausahawan harus dapat melihat permasalahan ini dari berbagai sudut pandang, apakah permasalahan ini bisa dijadikan peluang dalam usahanya jika bisa maka langkah selanjutnya ialah memikirkan cara dan konsep untuk mewujudkannya.

3. Keinginan untuk berprestasi.

Penggerak psikologis utama yang memotivasi Wirausahawan adalah kebutuhan untuk berprestasi, yang biasanya diidentifikasikan sebagai kebutuhan. Kebutuhan ini didefinisikan sebagai keinginan atau dorongan dalam diri orang yang memotivasi perilaku ke arah pencapaian tujuan. Pencapaian tujuan merupakan tantangan bagi kompetisi individu

4. Keinginan untuk bertanggung jawab.

Wirausahawan memiliki karakteristik dalam dirinya yakni menginginkan tanggung jawab pribadi bagi pencapaian tujuan. Mereka memilih menggunakan sumber daya sendiri dengan cara bekerja sendiri untuk mencapai tujuan dan bertanggung jawab sendiri terhadap hasil yang dicapai. Akan tetapi mereka akan melakukannya secara berkelompok sepanjang mereka bisa secara pribadi mempengaruhi hasil-hasil.

5. Preferensi kepada resiko-resiko menengah.

Karakteristik wirausahawan yang unggul ialah mereka mampu membedakan resiko menengah, sedang, tinggi dan resiko yang dapat mempengaruhi usahanya. Mereka memilih menetapkan tujuan-tujuan yang membutuhkan tingkat kinerja yang tinggi, suatu tingkatan yang mereka percaya akan menuntut usaha keras tetapi yang dipercaya bisa mereka penuhi.

6. Persepsi pada kemungkinan berhasil.

Keyakinan pada kemampuan untuk mencapai keberhasilan adalah kwalitas kepribadian Wirausahawan yang penting. Mereka mempelajari fakta-fakta yang dikumpulkan dan menilainya. Ketika semua fakta tidak sepenuhnya tersedia, mereka berpaling pada sikap percaya diri mereka yang tinggi dan melanjutkan tugas-tugas tersebut.

7. Rangsangan oleh umpan balik.

Wirausahawan ingin mengetahui bagaimana hal yang mereka kerjakan, apakah umpan baliknya baik atau buruk. Mereka dirangsang untuk mencapai hasil kerja yang lebih tinggi dengan mempelajari seberapa efektif usaha mereka.

8. Aktif dan Energik

Karakteristik Seorang wirausahawan yang sukses mampu menunjukan energi yang jauh lebih tinggi dibandingkan rata-rata orang. Mereka bersifat aktif dan mobil dan mempunyai proporsi waktu yang besar dalam mengerjakan tugas dengan cara baru. Mereka sangat menyadari perjalanan waktu. Kesadaran ini merangsang mereka untuk terlibat secara mendalam pada kerja yang mereka lakukan.

9. Orientasi ke masa depan.

Wirausahawan melakukan perencanaan dan berpikir ke depan. Mereka mencari dan mengantisipasi kemungkinan yang terjadi jauh di masa depan.

10. Ketrampilan dalam pengorganisasian.

Wirausahawan sukses memiliki karakteristik yang mampu menunjukkan ketrampilan dalam organisasi kerja dan orang-orang dalam mencapai tujuan, artinya seorang wirausahawan harus mempunyai soft skill dan hard skill dalam bidangnya, karena seorang wirausahawan harus mengatur semua bagian – bagian dalam usahanya. Mereka sangat obyektif dalam memilih individu-individu untuk tugas tertentu. Mereka akan memilih yang ahli bukan teman agar pekerjaan bisa dilakukan dengan efisien.

11. Pandangan Finansial

Keuntungan finansial adalah nomor dua dibandingkan arti penting dari prestasi kerja mereka. Mereka hanya memandang uang sebagai lambang kongkret dari tercapainya tujuan dan sebagai pembuktian dari kompetensi mereka.

Penutup

Jadi diatas beberapa karakteristik wirausahawan unggul untuk menuju kesusksesan. Yang terpenting dalam melakukan sebuah usaha, kita perlu mengetahui peluang dan resiko yang akan kita jalani. Semua bentuk kegiatan usaha pasti memiliki resiko, maka dari itu kegagalan pasti akan selalu ada, tetapi biasanya orang sukses yang pantang menyerah, mencari kegagalan tersebut untuk menjadi bahan evaluasi atas pencapaian yang selama ini belum tercapai.

G. P. Kurniawan A young man who is enthusiastic about agriculture, entrepreneurship and a little fond of technology topics

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *