Strategi Pemasaran 4P pada produk & Studi kasusnya

Salah satu jenis startegi pemasaran yang cukup terkenal ialah Marketing Mix 4P atau sering disebut juga dengan strategi pemasaran 4P. Marketing mix 4P merupakan strategi pemasaran sebuah produk yang di dalamnya berisi komponen – komponen 4P seperti Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat), Promotion (Promosi), strategi pemasaran ini dilakukan untuk untuk sebuah tujuan yaitu mengetahui apa saja yang menjadi komponen / elemen sebuah produk yang di produksi agar dapat bersaing di pasaran dan diterima oleh konsumen.

Selain perlu mengetahui strategi pemasaran 4P, kita perlu mengetahui dahulu mengenai pemasaran, konsepnya dan perbedaannya dengan konsep penjualan. Pemasaran sendiri merupakan kegiatan bisnis yang dirancang sebaik mungkin dalam menentukan harga, mempromosikan, merencanakan target konsumen, dan mendistribusikan barang – barang yang dibuat untuk dapat memuaskan konsumen.

Tentunya kita mengetahui bahwa dalam konsep pemasaran dengan konsep telah berbeda, dimana pada konsep pemasaran sebuah perusahaan akan menakankan pada kepuasan pelanggan akibat penggunaan produk yang memiliki kualitas sebanding dengan harga jual. Sedangkan pada konsep penjualan sebuah perusahaan akan lebih menekankan pada konsep bagaimana caranya agar produk yang telah diproduk laku di pasaran, tanpa memikirkan konsumen dalam jangka panjang.

Dari definisi pemasaran diatas dapat disimpulkan bahwa dalam kegiatan pemasaran terdapat empat unsur pokok yaitu produk, harga, promosi dan distribusi yang dimana satu sama lain saling berkaitan. Sehingga untuk menciptakan pemasaran yang baik dan berhasil dalam mencapai tujuan perusahaan serta memberikan kepuasan terhadap konsumen, maka keempat unsur tadi perlu dirancang sebaik mungkin terutama dengan memperhatikan apa yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen sesuai dengan konsep pemasaran.

Untuk anda yang sedang mencoba memasarkan sebuah produk, alangkah baiknya untuk memahami konsep dari pemasaran 4P / marketing MIX. Berikut merupakan komponen dari Pemasaran 4P dan contoh studi kasusnya.

Komponen Pemasaran 4P

Strategi Pemasaran 4P Pertama : Product

Strategi pemasaran 4P yang pertama ialah product, product merupakan komponen utama dalam sebuah usaha / bisnis. Sebuah produk memiliki yang namanya “Elemen product”, elemen produk merupakan komponen yang melekat pada produk, kita ambil contoh Smartphone canggih yang memiliki komponen – komponen yang melekat pada smartphone tersebut, seperti Kamera yang unggul, layar yang jernih hingga sampai pada box penjualan smartphone tersebut.

Dari sini bisa simpulkan bahwa untuk menjadikan satu produk yang memiliki kualitas tinggi membutuhkan elemen produk yang baik pula. Untuk anda yang ingin membuat sebuah produk jangan lupa untuk melakukan riset kebutuhan pasar juga ya, karena akan sangat berpengaruh pada penjualan produk anda nantinya.

Strategi Pemasaran 4P Kedua : Price

Harga menjadi point kedua dalam strategi pemasaran 4P. Harga dari sebuah produk harus benar – benar disesuaikan dengan kondisi dan kualitas produk yang dihasilkan. Seperti contoh sebuah barang berharga yang hanya di cetak terbatas 100 unit saja akan mempunyai harga yang cukup fantastis, mengapa.?

karena kondisi barang tersebut yang eksklusif, tidak semua orang bisa memilikinya, sebaliknya dengan barang yang mudah di dapat maka harganya akan relatif lebih rendah bahkan bisa saja sangat rendah. Harga pada produk yang anda buat dapat di hitung menggunakan rumus HPP, dengan tujuan untuk menentukan harga pokok penjualan atau harga langsung dari sebuah barang.

Baca Juga : Ini dia 10 keterampilan dasar yang harus dimiliki seorang wirausahawan

Strategi Pemasaran 4P Ketiga : Place

Strategi Pemasaran 4P yang ketiga ialah place, Place atau lokasi merupakan komponen yan penting dalam sbuah usaha atau bisnis yang dijalani, karena dengan menentukan lokasi yang strategis akan membuat usaha kita tumbuh dengan baik. Dekat dengan pasar, dekat dengan sasaran konsumen ataupun kelebihan strategis lainnya. Maka dari itu sebelum mendirikan usaha atau bisnis sangat perlu sekali untuk meriset lokasi yang akan dijadikan tempat membangun usaha atau bisnis anda.

Strategi Pemasaran 4P Keempat : Promotion

Promosi merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Variabel promosi meliputi antara lain sales promotion, advertising, sales force, public relation, dan direct marketing. Berikut merupakan variabel promosi atau yang lazim disebut bauran komunikasi pemasaran:

  • Advertising, yaitu semua bentuk presentasi nonpersonal dan promosi ide, barang, atau jasa oleh sponsor yang ditunjuk dengan mendapat bayaran.
  • Sales promotion, yaitu insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau pembelian produk dan jasa.
  • Public relations and publicity, yaitu berbagai program yang dirancang untuk mempromosikan dan atau melindungi citra perusahaan atau produk individual yang dihasilkan.
  • Personal selling, yaitu interaksi langsung antara satu atau lebih calon pembeli dengan tujuan melakukan penjualan.
  • Direct marketing, yaitu melakukan komunikasi pemasaran secara langsung untuk mendapatkan respon dari pelanggan dan calon tertentu, yang dapat dilakukan dengan menggunakan surat, telepon, dan alat penghubung nonpersonal lain.

Dengan promosi yang tepat sasaran diharapkan dapat meningkatkan grafik permintaan penjualan pada produk yang kita hasilkan. Tentunya kegiatan promosi ini membutuhkan dana yang tidak sedikit, selain itu pengalaman dalam hal promosi pun dierlukan agar promosi dapat berjalan sesuai dengan sasaran yang ditentukan.

Kesimpulan

Dengan adanya strategi pemasaran 4P ini, diharapkan semua para wirausahawan atau pengusaha dapat memasarkan produk yang ia buat sesuai dengan target atau sasaran yang telah ditentukan, memang pada dasarnya sebuah produk tidak dapat dibuat dengan asal – asalan perlu dilakukan riset mendalam mengenai kebutuhan pasar, sasaran dari produk yang kita buat dan masih banyak lagi. Konsep Pemasaran 4P merupakan strategi umum yang bisa anda pahami sebelum masuk lebih dalam mengenai konsep pemasaran yang lainnya. Terimakasih !

Default image
G. P. Kurniawan
Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

Leave a Reply