G. P. Kurniawan Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

PENGERTIAN MANAJEMEN DAN FUNGSI-FUNGSI YANG ADA DALAM MANAJEMEN

Menurut para ahli seperti George R. Terry menyatakan bahwa arti dari manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari kegiatan – kegiatan terstruktur, seperti kegiatan perencanaan, kegiatan pengorganisasian, aksi / menggerakan dan kegiatan pengawasan. Semua kegiatan tersebut wajib dilakukan untuk menentukan dan mencapai sasaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Sedangkan pengertian manajemen menurut para ahli yang lainnya ialah manajemen merupakan seni melakukan kegiatan – kegiatan yang berhubungan dengan manusia.

Pengertian manajemen lainnya yang sering kita dengar pada materi perkuliahan ataupun buku – buku ialah menurut James A.F Stoner, manajemen merupakan suatu proses yang mengacu pada perencanaan (Planning

), pengorganisasian (Organizing), aksi (Actuating), dan pengawasan (Controlling) .

Definisi – definisi yang disebutkan para ahli diatas, memang pada dasarnya mengacu pada kenyataan yang bisa kita lihat dalam kehidupan sehari – hari, dimana sebagai contoh manager perusahaan tidak akan mampu mengerjakan tugas – tugas perusahaan secara besar, melainkan harus dibantu dengan bawahan – bawahannya dimana bawahan – bawahan tersebut ialah orang – orang lain. Oleh sebab itu kita bisa menyimpulkan dari pengertian yang diberikan para ahli mengenai manajemen, bahwa manajemen adalah ilmu dan seni yang didalamnya berisi kegiatan perencanaan, pengorganisasian, menggerakkan, dan pengawasan utamanya pada sumberdaya manusia untuk mencapai tujuan perusahaan atau organisasi yang telah ditargetkan sebelumnya.

Fungsi Manajemen

Lalu ada yang namanya fungsi manajemen, Fungsi manajemen mempunyai arti bahwa didalam manajemen terdapat elemen – elemen dasar yang akan selalu melekat dan ada dalam proses manajemen berlangsung, elemen – elemen dasar tersebutlah yang nantinya akan dijadikan acuan oleh manajer dalam menjalankan kegiatannya agar mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Lalu bagaimana peran fungsi manajemen.? pada dasarnya fungsi manajemen adalah bentuk usaha untuk mencapai tujuan utama dengan cara dan langkah – langkah terbaik, yaitu dengan mengefesiensikan penggunaan waktu dan biaya yang paling sedikit, biasanya diterapkan dengan penggunaan fasilitas / sumberdaya yang ada sebaik – baiknya.

Mindmapping Mekanisme kerja dan fungsi manajemen

Fungsi manajemen ini sendiri pertama kali diperkenalkan oleh seorang industrialis Perancis yang bernama Henry Fayol pada awal abad ke-20. Ketika itu, ia menyebutkan lima fungsi manajemen yaitu perancangan, pengorganisasian, memerintah, pengkoordinasian, dan mengendalikan. Dilihat dari masing – masing fungsi manajemen, para ahli sepakat bahawa fungsi manajemen memiliki 3 point fungsi, yaitu fungsi Planning (Perencanaan), Fungsi Organizing (Penggerkan) dan Fungsi Controlling (Pengawasan). Berikut merupakan penjelasan mengenai fungsi manajemen menurut para ahli :

  • Harold Koontz and Cyril O’Donnell menjelaskan fungsi manajemen menurutnya ialah : Planning (Perencanaan) Organizing (Pengorganisasian), Staffing (Penyusunan Pegawai), Directing (Pengarahan), Leading (Memimpin), Controlling (Pengendalian).
  • Henry Fayol menjelaskan bahwa fungsi manajemen menurutnya terdiri dari : Planning (Perencanaan), Organizing (Pengorganisasian), Commanding (Pemberian Komando), Coordinating (Pengkoordinasian), Controlling (Pengendalian).
  • AF. STONER menjelaskan bahwa fungsi manajemen menurutnya terdiri dari : Planning (Perencanaan), Organizing (Pengorganisasian), Leading
    (Memimpin), Controlling (Pengendalian).
  • George R. Terry menjelaskan fungsi manajemen menurutnya terdiri dari Planning (Perencanaan), Organizing (Pengorganisasian), Actuating (Pelaksanaan); Controlling (Pengendalian).

Mari kita lihat fungsi – fungsi manajemen yang telah disebutkan oleh beberapa ahli diatas, dapat kita lihat bahwa fungsi yang paling banyak berbeda menurut para ahli diatas ialah fungsi Actuating. Nah walaupun fungsi – fungsi yang disebutkan oleh para ahli diatas berbeda – beda, tetapi pada dasarnya memiliki maksud dan tujuan yang sama, seperti contohnya Fungsi Planning semua yang disebutkan para ahli sama tujuan dan fungsinya, kemudian Fungsi Organizing, ada yang ditambah dengan fungsi Staffing (Penyusuan Pegawai), Directing (Pengarahan) dimana tujuannya tetap sama mengorganisasikan, selanjutnya ada fungsi Actuating, dimana ada yang digantikan menggunakan Fungsi Commanding, Coordinating-Directing dan Directing Coordinating. Lainnya juga ada fungsi Controlling, dimana ada yang menggunakan istilah reporting. Semua fungsi manajemen yang berbeda – beda tersebut pada dasarnya sama hanya istilahnya saja yang berbeda.

Jadi itulah pembahasan mengenai pengertian manajemen dan fungsi – fungsi manajemen. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah informasi untuk anda dalam mencari referensi bahasan materi manajemen.

G. P. Kurniawan Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

One Reply to “PENGERTIAN MANAJEMEN DAN FUNGSI-FUNGSI YANG ADA DALAM MANAJEMEN”

  1. Websitenya Sangat Bermanfaat dan sangat Bermanfaat , KOMEN PERTAMAAXXX Jangan Lupa dan Jangan Lupa Buat Berkunjung Ke Website Kita yah <a href="https://makharyacargosurabaya.com/" rel="nofollow ugc">ongkir surabaya makassar</a>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *