G. P. Kurniawan A young man who is enthusiastic about agriculture, entrepreneurship and a little fond of technology topics

5 langkah cara membuat foto menjadi bentuk lingkaran di photoshop

1 min read

Belakangan ini saya sering menemui beberapa poster mengenai webinar online atau semacamnya yang isinya foto pemateri dengan bentuk desain foto bulat atau lingkaran. Contohnya seperti gambar dibawah ini.

source google images

Dapat anda lihat foto di yang ada di dalam poster mempunyai desain bulat, seakan – akan memiliki nilai yang elegan jika di padukan dengan beberapa komponen – komponen lainnya dalam poster.

Selain itu foto atau gambar – gambar lainnya pun tidak hanya dibuat menjadi lingkaran saja, nanti jika anda sudah mengetahui caranya, pasti anda akan bisa membuat foto tersebut menjadi bentuk – bentuk lainnya, seperti segitiga, segilima dll.

Untuk cara membuat foto menjadi lingkaran menggunakan aplikasi photoshop sebenarnya sangat mudah, tetapi banyak yang belum mengetahui caranya dan bagaimana teknik membuatnya. Nah maka dari itu saya tertarik untuk membuat panduan ini, agar anda yang ingin membuat poster ataupun desain media lainnya bisa membuat foto atau gambar menjadi berbentuk lingkaran.

Baca Juga : Cara tercepat menghilangkan background di photoshop dan online | BLOG IDN

Mungkin langsung saja ya akan saya jelaskan langkah – langkah cara membuat foto menjadi lingkaran di photoshop.

Langkah – Langkah Membuat Foto Menjadi Lingkaran Di Photoshop

Oke, disini saya menggunakan aplikasi photoshop cs6 dalam editing foto dan foto yang menjadi bahan editing saya dapatkan dari pixabay. Berikut langkah – langkahnya.

Langkah pertama : Silahkan siapkan foto yang akan anda edit menjadi lingkaran, dan buka aplikasi photoshop terlebih dahulu.

Langkah kedua : Jika aplikasi photoshop sudah terbuka, silahkan buka foto atau gambar yang telah anda siapkan sebelumnya, dengan cara klik file -open – cari fotonya.

Setelah foto terbuka, selanjutnya kita akan menghilangkan simbol gembok pada layer foto kita. Cara menghilangkan simbol gembok pada layer, klik dua kali pada logo gembok dalam layer, lalu akan muncul pop up seperti dalam foto dan klik ok.

Langkah ketiga : Setelah simbol gembok pada layer foto kita menghilang, silahkan anda pilih Ellips tool atau bisa menekan huruf U pada keyboard anda, selanjutnya silahkan buat lingkaran sesuai dengan area foto yang akan di jadikan bentuk lingkaran.

Kemudian atur opacity menjadi 40% untuk melihat dan menyesuaikan posisi atau letak shape lingkaran. Nah hasilnya akan seperti ini.

Langkah ke empat : Setelah menyesuaikan posisi shape pada foto yang akan dijadikan lingkaran, langkah selanjutnya silahkan klik pen tool atau anda bisa menekan huruf P di keyboard anda, setelah itu arahkan cursor pen tool dalam area lingkaran, klik kanan pada mouse atau keypad, lalu pilih make selection nanti akan keluar notif pop up, langsung klik ok saja.

Langkah ke lima : Setelah anda melakukan perintah make selection, silahkan klik layer foto anda, kemudian klik ctrl + J pada keyboard, hasilnya akan seperti ini.

Kemudian silahkan hilangkan atau hapus layer foto asli dan layer Ellips Tool, maka hasilnya akan seperti ini.. Selesai, anda bisa langsung menyimpan foto atau gambar tersebut dan bentuknya sudah menjadi lingkaran.

Penutup

Haha okey, Mudah bukan cara membuat foto menjadi lingkaran di photoshop, jika anda masih kesulitan mengikuti panduan yang berikan diatas, silahkan bisa ditanyakan pada kolom komentar dimana masih dibingungkannya, Terimakasih.

G. P. Kurniawan A young man who is enthusiastic about agriculture, entrepreneurship and a little fond of technology topics

Artikel Lainnya

2 Replies to “5 langkah cara membuat foto menjadi bentuk lingkaran di photoshop”

  1. haha ternyata mudah banget to mas, dari dulu saya belum paham paham cara buat foto jadi lingkaran di ps ini, makasih mas

    1. hehehe iyaa mas, saya juga masih belajar main photoshop mas, sedikit sharing2 ringan saja,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *