4 Bentuk – bentuk komunikasi dan contoh – contohnya

Komunikasi merupakan bentuk kegiatan yang dilakukan oleh manuisa untuk tujuan bertukar informasi ataupun sekedar menyampaikan pengalaman. Komunikasi sendiri menurut para ahli seperti David Kenneth Berlo 1960 atau yang sering dikenal dengan teori komunikasi SMCR nya menjelaskan bahwa komunikasi merupakan suatu interaksi sosial dimana didalam nya terkait dengan komponen – komponen kompleks yaitu Source (Sumber pengirim pesan) – Message (Pesan yang disampaikan) – Channel (Media yang digunakan) dan Receiver (Penerima / sasaran informasi) (SMCR). Serta ada tambahan elemen penting lainnya dalam komunikasi yang disampaikan oleh berlo 1960.

Beberapa elemen dalam komunikasi yang disampaikan oleh berlo antara lain :

  1. Feedback (Umpan Balik)
    Umpan balik adalah suatu respon yang diberikan oleh penerima. Penerima disini bukan dimaksudkan kepada penerima sasaran (khalayak), namun juga bisa didapatkan dari media itu sendiri. Misal, kita sebagai seorang penulis mengirimkan sebuah artikel kepada suatu media massa. Lalu, bisa saja kita artikel kita ternyata bagus, namun ada beberapa hal yang harus di edit. Sehingga, pihak media mengembalikan artikel kita untuk di edit ulang.
  2. Efek
    Efek sebuah komunikasi dapat menyebabkan efek tertentu. Efek komunikasi adalah sebuah respon pada diri sendiri yang bisa dirasakan ketika kita mengalami perubahan (baik itu negatif atau positif) setelah menerima pesan. Efek ini adalah sebuah pengaruh yang dapat mengubah pengetahuan, perasaan, dan perilaku (Kognitif, afektif, dan konatif)
  3. Lingkungan
    Lingkungan adalah sebuah situasi yang dapat mempengaruhi terjadinya suatu komunikasi. Situasi Lingkungan terjadi karena adanya 4 faktor :
    1. Lingkungan Fisik(Letak Geografis dan Jarak)
    2. Lingkungan Sosial Budaya (Adat istiadat, bahasa, budaya, status sosial)
    3. Lingkungan Psikologis ( Pertimbangan Kejiwaan seseorang ketika menerima pesan)
    4. Dimensi Waktu (Musim, Pagi, Siang, dan Malam)

Bentuk – Bentuk Komunikasi

Di amerika ada sebuah kelompok sarjana komunikasi yang membagi bentuk – bentuk komunikasi menjadi lima macam bentuk yaitu komunikasi antarpribadi (interpersonal communication), komunikasi kelompok kecil (small group communication), komunikasi organisasi (organisation communication), komunikasi massa (mass communication) dan komunikasi publik (public communication). Sedangkan menurut effendy Sedangkan menurut Effendy, bentuk-bentuk komunikasi dirangkum ke dalam tiga jenis, yaitu komunikasi pribadi, komunikasi kelompok, dan komunikasi massa.

  • A. Komunikasi pribadi
    Komunikasi pribadi terdiri dari dua jenis, yaitu:
    1. komunikasi intrapribadi (intrapersonal communication). Komunikasi intrapribadi adalah komunikasi yang berlangsung dalam diri seseorang. Orang yang bersangkutan berperan sebagai komunikator maupun sebagai sebagai komunikan. Dia berbicara pada dirinya sendiri. Pola komunikasi dengan diri sendiri terjadi karena seseorang menginterpretasikan sebuah objek yang diamatinya dan memikirkannya kembali, sehingga terjadilah komunikasi dalam dirinya sendiri.
    2. Komunikasi antarpribadi (interpersonal communication)
    Komunikasi interpersonal ialah komunikasi yang berlangsung secara dialogis antara dua orang atau lebih. Karakteristik komunikasi antar pribadi yaitu: pertama dimulai dari diri sendiri. Kedua, sifatnya transaksional karena berlangsung serempak. Ketiga, komunikasi yang dilakukan tidak hanya mencakup aspek-aspek isi pesan yang dipertukarkan, tetapi juga meliputi hubungan antar pribadi. Keempat, adanya kedekatan fisik antara pihak-pihak yang berkomunikasi. kelima, adanya saling ketergantungan antara pihak-pihak yang berkomunikasi. Keenam, tidak dapat diubah maupun diulang. Maksudnya jika salah dalam pengucapan mungkin dapat minta maaf, tetapi itu bukan berarti menghapus apa yang telah diucapkan.
  • B. Komunikasi kelompok
    Michael Burgoon dan Michel Ruffner seperti dikutip Sendjaya menjelaskan komunikasi kelompok sebagai komunikasi kelompok adalah komunikasi tatap muka yang dilakukan tiga atau lebih individu guna memperoleh maksud atau tujuan yang dikehendaki seperti berbagai informasi, pemeliharaan diri atau pemecahan masalah sehingga semua anggota dapat menumbuhkan karakteristik pribadi anggota lainnya dengan akurat
  • C. Komunikasi massa
    Komunikasi massa merupakan sebuah proses penyampaian pesan melalui saluran-saluran media massa, seperti surat kabar, radio, televisi dan film yang dipertunjukkan di gedung-gedung bioskop. Oleh karena pesan yang disampaikan bersifat massal, maka karakteristik komunikasi massa adalah bersifat umum. Artinya, pesan yang disampaikan bersifat heterogen karena ditujukan untuk seluruh anggota masyarakat. Pesan yang disampaikan juga bersifat serempak dan seragam serta hubungan antar komunikan dengan komunikator sifatnya nonpribadi.
  • D. Komunikasi Organisasi
    Komunikasi organisasi menurut Menurut Wiryanto, merupakan jenis komunikasi yang dalam proses pengiriman informasi dan penerimaan informasinya di dalam suatu bentuk kelompok organisasi baik dalam bentuk formal maupun informal.

Jadi itulah informasi mengenai bentuk – bentuk komunikasi, semoga artikel ini menambah wawasan anda yang sedang mencari materi mengenai komunikasi. Terimakasih.

Default image
G. P. Kurniawan
Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

Leave a Reply