G. P. Kurniawan Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

8 Kelebihan budidaya tanaman secara sistem hidroponik yang harus anda ketahui

Hidroponik merupakan suatu sistem budidaya tanaman yang dimana dalam praktiknya tidak menggunakan media tanah, melainkan menggunakan media air. Budidaya tanaman secara hidroponik ini memiliki beberapa kelebihan di bandingkan dengan budidaya tanaman menggunakan sistem atau teknik yang lainnya. Melihat kondisi tersebut saya akan memberikan beberapa informasi mengenai 8 Kelebihan budidaya tanaman secara sistem hidroponik yang harus anda ketahui.

Sebelum masuk ke pembahasan alangkah baiknya kita mengetahui informasi mengenai istilah-istilah dalam budidaya tanaman hidroponik, yang bisa anda baca disini :

Istilah-istilah dalam budidaya hidroponik

Pada dasarnya kita membudidayakan tanaman ialah karena diharapkan hasil dari tanaman yang kita tanam dapat bermanfaat bagi diri kita sendiri dan orang lain. Budidaya tanaman menggunakan sistem hidroponik, ialah budidaya tanaman yang mengedepankan hasil tanpa adanya zat-zat berbahaya seperti pestisida kimia dll.. Maka dari itu sistem budidaya tanaman secara hidroponik ini di harapkan dapat mengatasi permasalahan – permasalah di dunia pertanian, khususnya pada topik pertanian berlanjut.

Mungkin inilah 8 Kelebihan budidaya tanaman secara hidroponik yang harus kalian ketahui, kelebihan ini merupakan suatu penilaian oleh manusia bahwasannya teknik budidaya tanaman ini lebih unggul di bandingkan dengan teknik budidaya tanaman yang lainnya, walaupun tidak menutup kemungkinan bahwa sistem budidaya tanaman secara hidroponik ini memiliki kekurangan seperti biaya investasi yang mahal dan lain-lain :

8 Kelebihan budidaya tanaman secara sistem hidroponik :

1. Harga ekonomis dari tanaman menggunakan sistem budidaya hidroponik lebih tinggi.

Dilihat dari segi harga tanaman yang dibudidayakan menggunakan sistem hidroponik mempunyai nilai ekonomis yang lebih tinggi dibandingkan dengan tanaman yang di budidayakan menggunakan sistem / teknik pertanian konvensional, hal ini dikarenakan sistem budidaya secara hidroponik menghasilkan tanaman yang lebih bersih dan kualitas tinggi.

2. Pemanfaatan Lahan yang Lebih Efesien

Pemanfaatan lahan pada budidaya tanaman secara hidroponik dikatakan lebih efesien, artinya lahan sempit pun kita tetap bisa menanam tanaman tanpa takut akan kekurangan lahan. Seperti contoh anda tinggal di daerah perkotaan dan mempunyai lahan pekarangan yang tidak terlau besar, tetapi anda ingin membudidayakan tanaman.. tidak usah bingung, dengan sistem hidroponik ini anda bisa membudidayakan tanaman secara praktis mudah.

3. Tanaman lebih bersih karena tidak dibudidayakan menggunakan media tanah

Hasil tanaman yang dibudiayakan menggunakan sistem hidroponik akan lebih bersih dibandingkan dengan tanaman yang dibudidayakan menggunakan sistem pertanian konvensional, walaupun tidak menutup kemungkinan bahwa hasil dari pertanian konvensional pun dapat menyaingi hasil dari pertanian menggunakan sistem hidroponik.

4. Kualitas lebih tinggi dibandingkan dengan budidaya tanaman menggunakan media lainnya.

Menurut pengalaman saya hasil pertanian yang dibudidayakan menggunakan sistem hidroponik memang menghasilkan kualitas tanaman yang tinggi, akan tetapi jika tata cara mulai dari awal perancangan hingga penanaman tanaman dilakukan dengan baik dan tepat maka akan menghasilkan kualitas tanaman yang memang benar-benar baik.

5. Menghemat dalam penggunaan pupuk yang berlebihan

Penggunaan pupuk atau nutrisi pada budidaya tanaman secara hidroponik ini lebih teratur dan hemat artinya dalam pemberian pupuk pada tanaman hidroponik lebih diperhatikan sesuai dengan kebutuhan pada masing-masing fase pertumbuhan tanaman dan diperhitungkan secara tepat, berbeda jika kita membudiayakan tanaman secara sistem pertanian konvensional, kita hanya akan mengira – ngira berapa kebutuhan nutrisi atau pupuk tanaman yang kita tanam, artinya kita tidak tau apakah pupuk yang kita berikan berlebihan atau tidak, terbuang atau tidak.

6. Pengendalian Hama dan Penyakit lebih mudah

Pengendalian hama dan penyakit pada budidaya tanaman menggunakan sistem hidroponik ini dapat dikatakan lebih mudah, karena lingkungan tempat tumbuh tanaman di atur sedemikian rupa untuk meminimalisir terjadinya serangan hama dan penyakit, seperti contoh budidaya tanaman hidroponik dilakukan di dalam greenhouse yang telah di rancang hama tidak dapat masuk, dan ruangan dijaga suhu, kebersihan dan kelembabannya agar penyakit tidak dapat tumbuh pada media tanam atau menyerang tanaman budidaya.

7. Dari segi prospek bisnis lebih besar

Hasil tanaman budidaya menggunakan sistem hidroponik ini memiliki harga yang terbilang unggul dibandingkan dengan hasil budidaya tanaman menggunakan sistem hidroponik, hal ini dikarenakan budidaya tanaman secara hidroponik lebih dilirik oleh para pelaku ekonomi yang notabene nya mengutamakan kesehatan, dalam praktiknya budidaya secara hidroponik ini tidak menggunakan pestisida kimia yang berbahaya bagi tubuh, point inilah yang menjadi keunggulan budidaya tanaman secara hidroponik. Hal inilah yang menjadikan prospek bisnis pada pertanian modern menggunakan teknik budidaya secara hidroponik lebih besar

8. Tidak menimbulkan polusi pada lingkungan sekitar

Tidak menimbulkan polusi pada lingkungan sekitar, artinya pada sistem budidaya tanaman secara hidroponik ini tidak menyumbang polusi pada lingkungan terutama pada komponen air dan tanah, berbanding terbalik dengan sistem pertanian konvensional dimana pada penerapannya masih banyak yang menggunakan pestisida kimia berlebihan, pupuk berlebihan kemudian tidak diimbangin dengan olah tanah yang tepat untuk mengembalikan kesehatan pada tanah. Mungkin yang perlu diperhatikan ialah saat masa / umur peralatan pada sistem budidaya secara hidroponik telah rusak dan harus di ganti, maka limbah ini harus di buang secara tepat.

Jadi itulah 8 Kelebihan budidaya tanaman secara hidroponik, disini saya membandingkan antara pertanian modern menggunakan teknik sistem hidroponik dengan pertanian konvensional lebih unggul pertanian modern menggunakan sistem hidroponik, tidak menutup kemungkinan juga bahwa hasil pertanian konvensional lebih unggul dari segi kualitas , kuantitas dan harga ekonomis tergantung bagaiaman individo orang yang mengolah dan menjalaninya dengan tepat.

G. P. Kurniawan Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *