G. P. Kurniawan A young man who is enthusiastic about agriculture, entrepreneurship and a little fond of technology topics

Tahapan Pemberian Nutrisi Tanaman Cabe System Hidroponik

Tahapan Pemberian Nutrisi Cabe Hidroponik | Dalam menanam tanaman cabe menggunakan sistem hidroponik, kita perlu mengetahui bagaimana racikan nutrisi yang tepat agar cabe bisa tumbuh dengan maksimal, kemudian bagaimana tahapan pemberian nutrisi ab – mix di setiap fase umur tanaman cabe dan masih banyak lagi.

Menanam tanaman cabe menggunakan sistem hidroponik, pada dasarnya hampi sama dengan teknik membudidayakan tanaman jenis sayur, hanya perbedaannya, pada instalasi hidroponik dan pemberian nutrisi yang disesuaikan untuk fase pertumbuhan vegetatif tanaman cabe dan fase generatif pertumbuhan cabe hidroponik.

Untuk anda yang ingin mengetahui bagaimana meracik nutrisi ab – mix sendiri menggunakan pupuk meroke tetap jaya bisa membaca artikel dibawah ini..

Baca Juga : Cara Membuat Nutrisi AB – MIX untuk cabe System Hidroponik | BLOG IDN

Oke lanjut.. tahapan pemberian nutrisi ab – mix pada tanaman cabe sangat perlu kita ketahui. Ada 2 alasan yang paling penting mengapa kita perlu mengatahui tahapan pemberian nutrisi ab – mix pada tanaman cabe hidroponik.

Alasan yang pertama adalah, agar kita tidak terlalu banyak membuang nutrisi, karena jenis – jenis tanaman memiliki range kebutuhan nutrisi per fase atau umur pertumbuhan tanaman. Maka dari itu kita perlu mengetahui, pada umur 2 minggu diberikan kepekatan berapa ppm ya.. oh kebutuhannya pada tanaman cabe hidroponik 14 HST hanya 400 ppm, dan kita berikan kepekatan sebanyak 400 ppm saja.

Alasan yang kedua adalah, agar tanaman lebih maksimal dalam melakukan penyerapan unsur hara yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman cabe hidroponik.

Karena jika kita terlalu tinggi memberikan nutrisi hidroponik dan umur tanaman masih sangat muda, maka akan bisa mengakibatkan tanaman menjadi kerdil, daun mengkerut, dan biasanya pH air akan asam (turun).

Setelah mengetahui alasan mengapa kita perlu memberikan nutrisi sesuai dengan fase umur tanaman, berikut merupakan tahapan pemberian nutrisi hidroponik ab – mix cabe hidroponik.

Tahapan Pemberian Nutrisi AB – MIX Cabe Hidroponik

  • Pada minggu pertama dan kedua, berikan kepekatan nutrisi cabe hidroponik sebanyak 300 – 500 ppm.
  • Saat tanaman telah memasuki umur 8 – 14 HST, berikan kepekatan nutrisi sebanyak 750 – 800 PPM.
  • Saat tanaman memasuki umur 15 – 21 hari, berikan kepekatan nutrisi sebanyak 1000 PPM.
  • Kemudian pada umur 22 – 28 HST melon hidroponik diberikan kepekatan nutrisi sebanyak 1200 PPM.
  • Selanjutnya pada umur 29 HST – Sampai Panen, cabe hidroponik diberikan kepekatan nutrisi sebanyak 1500 PPM.

Penutup

Jadi itulah informasi yang bisa saya berikan mengenai tahapan pemberian nutrisi ab – mix cabe hidroponik, semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa untuk tinggalkan feedback komentar jika masih ada yang ingin di diskusikan.

G. P. Kurniawan A young man who is enthusiastic about agriculture, entrepreneurship and a little fond of technology topics

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *