G. P. Kurniawan A young man who is enthusiastic about agriculture, entrepreneurship and a little fond of technology topics

2 Langkah tercepat screen recorder tanpa aplikasi di windows 10

Cara merekam layar di windows 10 | Halo, sudah sekian lama saya tidak membuat konten mengenai topik seputar teknologi, kali ini saya aka membagikan sedikit informasi mengenai cara merekam layar atau screen recorder di laptop atau pc os windows 10.

Dari beberapa informasi yang saya dapatkan, dan survey kecil – kecilan hehe… banyak dari pengguna windows 10 yang belum mengetahui fitur yang disediakan oleh windows 10 terutama fitur untuk merekam layar tanpa menggunakan aplikasi pihak ke tiga.

Sebenarnya, kalau berbicara mengenai cara merekam layar laptop atau pc, banyak aplikasi yang bisa dijadikan alat perekam layar di windows 10. Mungkin dari teman – teman sudah pernah dan mengenal aplikasi vlc yang digunakan untuk screen recorder di laptop atau pc, atau ada juga aplikasi bandicam yang bisa digunakan sebagai alat untuk merekam layar laptop atau pc.

Nah tetapi menurut saya, kedua aplikasi perekam layar laptop windows 10 tersebut agak ribet pengapilkasiannya menurut sebagian orang, belum lagi kita perlu mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut jika kita belum memilikinya.

Maka dari itu saya tertarik untuk membagikan sedikit yang saya ketahui mengenai penggunaan fitur perekam layar otomatis di windows 10, oiya fitur ini juga bisa lho merekam layar sekalian dengan suara kita, jadi kita engga perlu dua kali mengedit untuk menambahkan rekaman suara kedalam video kita.

Oke langsung saja berikut merupakan panduan cara merekam layar laptop di windows 10.

Cara merekam layar laptop di windows 10

Fitur untuk merekam layar secara mudah ini sebenarnya merupakan fitur yang disediakan untuk kegiatan gaming atau lebih tepatnya fitur merekam layar secara otomatis ini terdapat pada fitur Xbox Game Bar, dimana Xbox game bar terdiri dari beberapa fitur pilihan, yang salah satunya bernama “capture”.

Nah fitur capture yang ada di xbox inilah yang akan kita gunakan sebagai alat perekam layar di windows 10. Berikut panduan cara merekam layar di windows 10 tanpa menggunakan aplikasi.

  1. Silahkan klik tombol logo windows di keybord + G (winkey + G)
    .

2. Setelah itu akan muncul pop up xbox game bar seperti foto dibawah ini, lalu silahkan lihat pada penjelasan foto dibawah ini untuk mengetahui fungsi dari masing – masing tool bar.

3. Setelah mengetahui fungsi dari masing – masing tool di xbox bar, klik icon rekam di samping icon recorder suara, aktifkan juga perekam suara agar bisa langsung merekam layar berbarengan dengan suara yang ada.

4. Jika proses perekaman telah dimulai, maka akan muncul pop up seperti ini, dan jika sudah selesai merecord silahkan klik “Stop recording / Hentikan Perekaman”.

5. Kemudian akan muncul pop up seperti foto dibawah ini, dan langsung klik saja untuk melihat hasil rekaman yang telah direkam sebelumnya. Atau untuk melihat rekaman anda bisa menekan kembali winkey + G.

6. Selesai…

Penutup

Sekian informasi yang dapat saya berikan mengenai cara merekam layar tanpa menggunakan aplikasi di laptop windows, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari cara merekam layar laptop…share artikel ini jika bermanfaat dan tinggalkan komentar jikalau masih ada yang dibingungkan… terimakasih.

G. P. Kurniawan A young man who is enthusiastic about agriculture, entrepreneurship and a little fond of technology topics

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *