G. P. Kurniawan A young man who is enthusiastic about agriculture, entrepreneurship and a little fond of technology topics

Cara mengatasi akun adsense yang muncul notifikasi peringatan Ads.txt

2 min read

Di dalam dunia internet, banyak sekali cara yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Salah satu cara mendapatkan penghasilan tambahan dari internet adalah dengan membuat blog dan memonetizenya.

Untuk anda yang sudah berhasil melakukann tahap monetize pada situs anda, pastinya nanti seiring berjalannya waktu akan muncul beberapa peringatan dalam akun adsense kita.

Salah satu peringatan yang sering sekali muncul saat awal – awal situs kita berhasil di monetize adalah munculnya peringatan Ads.txt.

Munculnya peringatan Ads.txt ini ditandai dengan notifikasi dipaling atas dasboard penghasilan adsense, atau lebih tepatnya seperti ini kalimatnya.

Penghasilan Anda berisiko – Anda perlu memperbaiki beberapa masalah file ads.txt untuk menghindari dampak yang serius pada pendapatan Anda.

Atau seperti ini dokumentasinya..

Pada berbagai kasus, khususnya pada blog yang dibangun pada platform blogger, banyak yang sudah membenahi ads.txt sesuai dengan panduan yang diberikan, tetapi ads.txt tidak kunjung hilang.

Hal ini dulu saya alami juga, saat baru saja situs saya di monetize, sudah saya setting sesuai dengan instruksi yang ada, tetapi peringatan ads.txt yang muncul tidak kunjung menghilang, kemudian saya tanyakan kepada teman saya yang di juga sudah cukup lama dalam dunia blogging.

Akhirnya saya disarankan untuk membiarkan saja peringatan ads.txt yang muncul tersebut, yang terpenting kita sudah mengatur ads.txt sesuai dengan panduan, nanti juga akan hilang sendiri, kata teman saya..

Ternyata selang beberapa minggu benar, peringatan ads.txt pada dasboard penghasilan adsense saya sudah hilang..

Lalu bagaimana caranya mengatasi akun adsense yang muncul notifikasi peringatan Ads.txt.?. Berikut ini saya berikan panduan cara menangani permasalahan ini.

Cara Mengatasi Peringatan Ads.txt yang muncul pada dasboard adsense

Panduan kali ini saya tulis untuk 2 platform, yaitu jika anda menggunakan platfrom blogger, maka panduan dalam mengatasi ads.txt yang muncul berbeda dengan yang menggunakan WordPress. Berikut panduannya.

Cara mengatasi Ads.txt pada Blogger

  • Pertama, silahkan anda klik perbaiki sekarang pada notif ads.txt yang muncul, kemudian akan muncul tampilan seperti ini.
  • Kedua, silahkan klik download, dan otomatis file ads.txt situs anda akan terdownload, setelah itu buka file ads.txt yang telah diunduh, lalu copy kode yang ada di dalamnya.
  • Ketiga, Silahkan anda login ke dalam dasboard blogger anda, kemudian klik Setelan dan cari bagian Monetisasi pada setelan dasboard blogger anda.
  • Keempat, lalu pada bagian Aktifkan ads.txt kustom silahkan anda akitfkan, dan dibawahnya ada kolom Ads.txt Custom, klik dan isi Ads.txt custom dengan kode yang ada di file ads.txt anda. Kemudian klik simpan.

Cara mengatasi Ads.txt yang muncul pada WordPress

  • Pertama, silahkan anda klik perbaiki pada peringatan ads.txt yang muncul, setelah itu akan muncul tampilan seperti ini dan klik download.
  • Kedua, setelah mengunduh file ads.txt, selanjutnya ingat – ingat di mana file tersebut berada, karena nantinya file ads.txt akan di upload kedalam root server situs anda.
  • Ketiga, silahkan anda login kedalam cpanel server situs anda, lalu cari File Manager dan klik pada public_html.
  • Keempat, silahkan klik tombol Upload dibagian atas Cpannel File Manager, kemudian upload file ads.txt situs anda, Selesai.

Penutup

Biasanya setelah ads.txt di setting dan di upload, maka peringatan ads.txt pada dasboard adsense akan hilang paling cepat dalam waktu 1 hari, tetapi jika peringatan ads.txt tidak kunjung hilang, dan anda sudah mengikuti panduan secara benar untuk menambakan ads.txt pada situs anda, maka biarkan saja dan tunggu hingga satu minggu kedepan, mungkin google sedang mengcrawl situs anda.

Jika ada yang ingin di diskusikan, silahkan tinggalkan feedback pada kolom komentar, sekian dan terimakasih.

G. P. Kurniawan A young man who is enthusiastic about agriculture, entrepreneurship and a little fond of technology topics