Peluang Bisnis Hidroponik : Analisa dan Target pemasaranya

Hidroponik, siapa yang belum mengetahui kata tersebut.? Ya hidroponik merupakan salah satu dari sekian banyak teknik dalam budidaya pertanian, budidaya tanaman menggunakan sistem hdiroponik pada dasarnya hanya menggunakan media air yang diberi nutrisi sesuai dengan jenis dan kebutuhan masing – masing tanaman.

Berbicara mengenai Peluang bisnis hidroponik merupakan topik yang sangat menarik, tak ayal banyak orang yang ingin mencoba membudidayakan tanaman menggunakan sistem ini dan memasarkan produk – produk mulai dari tanaman sayur hingga tanaman buah. Harga hasil produk tanaman hidroponik yang terbilang cukup tinggi membuat banyak orang tertarik untuk mencobanya.

Bagaimana pemasarannya.?

Pada setiap daerah tentunya tidak akan sama dalam hal pemasaran produk hasil hidroponik ini, ada yang langsung menemukan ceruk pasar dan ada pula yang membutuhkan proses cukup lama dalam memasarkan produknya bahkan bisa juga malah tidak menemukan pasar sama sekali.

Khusus untuk anda yang tinggal di pedesaan dengan hasil kondisi sayuran menggunakan teknik pertanian konvensional hal ini akan membuat anda lebih harus mengeluarkan tenaga dan memutar otak bagaimana produk anda yang notabenenya mempunyai harga tinggi dapat laku di lokasi tersebut. Salah satu cara yang cukup efektif sebelum anda menjual produk ke pasar modern, ialah dengan menemukan langsung konsumen yang memang mempunyai kondisi ekonomi yang cukup tinggi, anda bisa menawarkan produk hasil hidroponik anda dengan menjelaskan bahwa produk anda benar – benar tanpa bahan kimia (pestisida) dan aman untuk dikonsumsi, tentunya kualitas hasil teknik budidaya menggunakan sistem hidroponik harus cukup baik.

Baca juga : Keunggulan Sistem Hidroponik di Bandingkan Sistem Pertanian Biasa (Agribisnis)

Namun jika anda ingin memasarkan produk hasil hidroponik anda ke pasar modern, anda harus siap dengan spesifikasi yang dikeluarkan oleh market terkait, seperti contoh berat sayuran harus 200gr dll. Selain itu anda juga harus mampu memenuhi jumlah permintaan yang telah menjadi perjanjian di awal.

Walaupun harga untuk sayuran menggunakan teknik hidroponik lebih tinggi dibanding dengan tanam biasa. Faktor produksi seperti nutrisi juga menjadi salah satu alasan untuk hasil dan kualitas tanaman yang ditanam.

Selain itu anda bisa memasarkan produk hasil budidaya menggunakan sistem hidroponik anda ke rumah – rumah makan yang jelas membutuhkan sayuran segar seperti selada ataupun pakcoy dengan begini anda akan tetap memiliki pemasukan walaupun harganya tidak terlalu tinggi.

Penutup

Sebenarnya masih banyak peluang bisnis dari usaha budidaya tanaman menggunakan sistem hidroponik, anda bisa membuka toko online mengenai seputar alat – alat dan kebutuhan hidroponik, anda bisa membuka jasa pembuatan instalasi hidroponik dan anda juga bisa membuka lokasi hidroponik anda sebagai tempat wisata jika lokasinya cukup luas.

Memang dalam pembuatan instalasi system hidroponik membutuhkan biaya yang cukup tinggi, tetapi jika dipikir kembali biaya pembuatan instalasi hanya dibutuhkan sekali saja, dan selanjutnya kita hanya membutuhkan biaya perawatan, biaya nutrisim, biaya benih, dan biaya untuk nantinya dilakukan sebelum proses pemasaran (pasca panen). Melihat hal ini bisa disimpulkan bahwa dengan membudidayakan tanaman menggunakan sistem hidroponik akan lebih unggul dalam hal kualitas, harga dan tentunya tetap aman untuk dikonsumsi.

Default image
G. P. Kurniawan
Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

Leave a Reply