Kuasai microblog instagram dengan mengikuti tips ini !

Instagram ! ya salah satu platfrom sosial media yang cukup populer di kalangan milenial saat ini, selain untuk membagian informasi kegiatan sehari – hari kita seperti mempost foto liburan, datang ke rumah teman lama dsb, instagram mempunyai fungsi lain yang dapat kamu gunakan untuk menghasilkan uang maupun nge branding produk yang kamu miliki.

Apa itu microblogging.? Microblogging adalah sebutan untuk blog kecil yang dibangun pada platfrom instagram, berbeda dengan blog pada website yang berisikan sejumlah kalimat yang cukup panjang dan lengkap, microblog hanya membagaikan sepenggal informasi inti yang jumlah katanya biasanya tidak lebih dari 200 kata per-post.

Selain itu membangun microblog di instagram saat ini sedang bagus – bagusnya, mengapa saya katakan begitu.? menurut situs pemberitaan kompas, jumlah keseluruhan pengguna media sosial instagram ialah berjumlah 59.840.000 orang, dimana hal tersebut menjadikan peluang microblog kita akan pasti dilihat.

Membangun microblog di instagram ini tidak gampang lho, banyak hal yang harus kamu persiapkan dan kamu rencakanan agar microblog yang kamu bangun mendapatkan rating yang baik dimata sistem algoritma instagram maupun di mata audiens yang membaca post microblog kamu.

Karena membangun microblog tidak semudah yang di bayangkan, beberapa teman saya saat itu mencoba membangun microblog di instagram tanpa melakukan tips yang nanti akan saya berikan, akibatnya selama beberapa bulan teman saya tersebut tidak mendapatkan audiens / pembaca post microblog di ignya, lalu apa penyebabnya.?

Nah untuk membangun kepercayaan microblog kamu, ada beberapa panduan dan tips agar nantinya microblog kamu mendapatkan insight yang baik dan mendapatkan kepercayaan oleh algoritma instagram.

Cara membangun microblogging di instagram

  • Pertama : Tujuan membangun microblog
    Untuk membangun microblog yang berkualitas pertama kamu harus mempunyai tujuan atau alasan mengapa kamu membangun microblog ini, karena jika kamu hanya asal – asalan saja dan tidak mempunyai alasan dasar, kamu akan tidak konsisten dalam membuat konten untuk mengisi microblog kamu. Contohnya kamu membangun microblog di instagram ini nantinya untuk membangun branding produk yang kamu miliki, jika audiens yang mengikuti microblog kamu tinggi maka peluang untuk mendapatkan konsumen produk mu juga akan tinggi, begitu.

Baca Juga : Perbedaan Konsep Pemasaran dan Penjualan

  • Kedua : Konten dan desain
    Microblog yang baik ialah microblog yang memberikan informasi tapa bertele – tele, lugas dan menarik mata untuk membacanya. Lalu bagaimana cara melakukannya.?

    Ada 3 yang harus kamu perhatikan disini, yang pertama pemilihan desain termasuk font yang akan kamu gunakan, gunakan desain yang tidak terlalu banyak warna seperti pada gambar berikut ini, dimana desain untuk tempat isi konten hanya terdiri dari 2 warna saja, hitam dan kuning yang diturunakan itensitas warnanya. Lalu selebihnya tinggal bagaimana kamu mengkreativitaskan bagaimana desain yang sesuai dengan konten kamu.

    Pemilihan font akan sangat berguna bila kamu dapat menentukan jenis font apa yang akan kamu gunakan, font akan mendukung desain post kamu secara keseluruhan, pilihlah font yang tidak terlalu kecil dan menurut kamu pas untuk di baca.

    Bedakan antara ukuran dan ketebalan font pada judul, sub judul dan isi. Dengan begini konten kamu akan lebih enak feelnya untuk dibaca, selain itu dengan memberikan perbedaan ukuran dan ketebalan pada masing – masing bagian, akan lebih menarik perhatian mata audiens untuk membaca artikel kamu.

    Yang terakhir ialah konten, berikan konten yang benar – benar estetik untuk orang dibaca. Kamu bisa membuat multiple post dengan desain yang tetap terhubung. Selain itu penggunaan kata – kata untuk menyusun konten pun akan mempengaruhi kualitas post yang akan kamu terbitkan.

Seperti ini contohnya :

Ketiga : Maksimalkan penggunaan Hastag
Gunakan hastag dengan konten relevan, dan maksimal berikan hastag 10 – 11 saja. Usahakan selalu meriset keyword sebelum memasukan hastga yang akan kamu gunakan.

Keempat : Buatlah jadwal Upload Konsisten
Membangun microblog harus konsisten agar robot meta instagram mendeteksi bahwa blog instagram kamu aktif, misalnya setiap 2 hari sekali kamu mengupload konten pada pukul berapa kamu akan mengupload konten microblog kamu.

Kelima : Ide Kreatif
Selalu update mengena ide – ide konten kreatif yang dapat meningkatkan engagment microblog kamu, selain itu kamu harus bisa menarik audiens untuk berinteraksi dengan microblog kamu, minimal mendapatkan like dan follow saja saat awal kamu membangun, tetapi jika sudah banyak yang mulai berkomentar akan konten post kamu barulah kamu mulai untuk lebih serius membangun microblog kamu, usahakan selalu lakukan interaksi dengan audiens yang menjadi pengikut microblog kamu.

Penutup

Nah jadi itulah informasi mengenai microblogging, untuk kamu yang sedang membangun microblogging menggunakan platfrom instagram jangan lupa tetap konsisten mengupload konten denga ide yang kreatif ya, jika tujuan dasar mu untuk mendapakan uang, maka jangan fokus uangnya tetapi fokus konten yang kamu bangun, dan uangnya akan datang dengan sendirinya, bisa melalui orang yang ingin melakukan product promotion melalui microblog kamu dsb. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu yang sedang merencanakan membangun microblogging terimakasih.

Default image
G. P. Kurniawan
Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

Leave a Reply