G. P. Kurniawan A young man who is enthusiastic about agriculture, entrepreneurship and a little fond of technology topics

6 Langkah cara menampilkan ppt di google meet lewat laptop dan hp

Cara Mudah Menampilkan PPT (Powerpoint) di Google Meet Lewat Laptop | Di masa pandemi seperti ini, hampir apa saja kegiatan dapat dilakukan secara oline atau virtual, salah satu contohnya kegiatan kelas perkuliahan, dimana saat itu bentuk pembelajarannya langsung face to face sekarang rata – rata menggunakan aplikasi meeting virtual.

Google meet merupakan salah satu aplikasi yang memiliki fungsi untuk menunjang kebutuhan rapat dan video conference secara online / virtual. Sama seperti aplikasi virtual meet yang lainnya seperti zoom, larx meeting, webex.. Google meeting juga dapat digunakan untuk mempresentasikan materi dimana tidak hanya fitur video call saja yang di unggulkan.

Hanya saja mungkin dalam segi kemudahan dan kepraktisan, lebih banyak yang menggunakan aplikasi google meeting ketimbang aplikasi yang lainnya, tetapi dibalik kepraktisan ini ada salah satu kelemahan dalam google meeting, yaitu keterbatasan anggota yang dapat bergabung dan waktu yang terbatas jika kita menggunakan google meeting versi free.

Nah tetapi secara keseluruhan, google meet telah memberikan kemudahan dalam menunjang kebutuhan kita dalam melakukan kegiatan meeting dan conference secara virtual.

Lalu ada pertanyaan…setelah kita membuka google meet dan ingin menampilkan atau mempresentasikan materi kepada peserta meeting bagaimana.?

Di google meet sendiri kita bisa menampilkan / mempresentasikan materi dalam bentuk file PPT (power point), Microsoft word (doc,dock), PDF ataupun menampilkan video. Nah tetapi kali ini saya akan berikan panduan bagaimana cara menampilkan atau mempresentasikan PPT (Powerpoint) di google meet.

Sebenarnya sangat mudah kok, cara mempresentasikan ppt atau menampilkan ppt pada google meeting, namun memang caranya banyak yang belum memahami, berikut merupakan langkah – langkah yang bisa anda ikuti untuk menampilkan ppt di google meet.

Cara menampilkan ppt melalui google meet laptop

1. Silahkan anda persiapkan terlebih dahulu ppt yang akan di tampilkan pada google meet, setelah itu silahkan buka situs google meet atau bisa langsung bergabung dengan link google meet yang telah dibagikan.

2. Setelah situs google meet terbuka, jika anda ingin membuat rapat baru kemudian membagikan link room meet yang anda buat, silahkan klik “Rapat Baru”.

3. Lalu akan muncul pilihan seperti foto dibawah ini, jika anda ingin membuat link rapat untuk nanti, silahkan klik “Buat rapat untuk nanti”, tetapi jika anda ingin membuat room rapat sekarang, silahkan klik “Mulai rapat instant”.

4. Silahkan tunggu hingga room meeting selesai terbuka, dan nanti akan muncul pop up notifikasi untuk membagikan link room meeting di sebelah kiri atas, salin link dan bagikan jika ada orang lain yang anda inginkan untuk bergabung.

5. Kemudian lihat pada pojok kanan bawah, ada pilihan “Presentasikan sekarang”. Klik pilihan tersebut, lalu akan 3 pilihan seperti pada foto yang saya sediakan dibawah ini, pilih saja “Jendela”

karena kita ingin mempresentasikan materi dalam bentuk ppt.

5. Setelah itu akan muncul pop up share an application windows, silahkan anda pilih ppt yang telah anda siapkan dan tampilkan pada meeting. Caranya klik gambar power point yang ada di jendela tersebut, dan klik share.

6. Lalu ppt akan tampil, dan anda sudah berhasil mempresentasikan materi ppt kepada peserta anggota meeting, selanjutnya, jika anda ingin menghentikan presentasi, silahkan klik Stop Sharing.

Cara menampilkan ppt melalui google meet hp

Sedangkan untuk menampilkan atau mempresentasikan ppt, melalui smartphone langkah – langkahnya hampir sama seperti yang telah saya berikan diatas, hanya saja mungkin membutuhkan spesifikasi hp yang memumpuni untuk menjalankan aplikasi dan mempresentasikan materi secara bersamaan.

Tetapi secara pribadi, saya menyarankan untuk lebih menggunakan google meeting versi dekstop atau laptop, karena akan lebih lancar jarang sekali menemui error yang menyebabkan kegaitan virtual meeting menjadi terganggu.

Penutup

Jadi itulah informasi yang bisa saya sampaikan mengenai cara menampilkan ppt di google meeting, mudah sebenernya caranya, hanya saja perlu pelan – pelan dalam mempelajarinya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang belum memahami alur menampilkan materi di virtual meeting google. Bagikan informasi ini jika anda rasa orang lain perlu mengetahui juga, terimakasih.

G. P. Kurniawan A young man who is enthusiastic about agriculture, entrepreneurship and a little fond of technology topics

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *