G. P. Kurniawan Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

Mau tau bagaimana cara membuat bonsai unik dari kelapa.? Cek ini!

Mempunyai taman rumah yang indah merupakan keinginan semua orang, taman rumah yang indah akan memberikan kesan tersendiri, entah itu hawa sejuk yang diberikan ataupun keindahan dari tanaman – tanaman yang ada pada taman.

Salah satu tanaman yang dapat memperindah rumah ataupun taman adalah jenis tanaman dengan perlakuan bonsai. Bonsai merupakan tanaman atau pohin yang di atur sedimikian rupa (dikerdilkan dalam prosesnya) dengan tujuan membuat jenis miniatur dari tanaman pohon, banyak sekali tanaman pohon yang dapat dijadikan bonsai , salah satunya adalah kelapa.

Bonsai kelapa banyak diminati masyarakat di indonesia, karena keindahan yang diberikan serta perawatannya tidak terlalu sulit. Bonsai kelapa juga tergolong mudah untuk dibuat dan untuk anda yang ingin membeli bonsai kelapa ini harga tidak terlalu mahal. Biasanya dalam membuat bonsai kelapa ini diperlukan pengalaman yang banyak, karena bentuk – bentuk unik dari bonsai kelapa yang dihasilkan adalah berdasarkan pengalaman dan eksperimen.

Jadi untuk anda yang ingin membuat bonsai dari kelapa artikel ini pas banget untuk anda membuat bonsai yang unik dan pastinya akan membuat tamana atau rumah anda semakin indah. Langsung saja cek dibawah untuk mengetahui apa saja yang diperlukan dalam membuat bonsai kelapa ini mulai dari bahan dan langkah – langkah proses pembuatannya.

Langkah-langkah Pembuatan Bonsai Kelapa

1. Memilih jenis atau varietas kelapa yang akan dijadikan bonsai

Di indonesia banyak sekali jenis / varietas kelapa mulai dari kelapa gading kuning, kelapa genjah entok, kelapa pandan wangi dan masih banyak lagi. Perlu anda ketahui tidak semua jenis atau varietas kelapa dapat dijadikan bonsai, karena ada beberapa varietas kelapa tidak mudah untuk dapat tumbuh, tetapi ada 5 jenis varietas kelapa yang sering di gunakan dalam pembuatan bonsai, 5 jenis kelapa tersebut adalah kelapa gading kuning, kelapa hijau yang sudah tua, kelapa gading merah, kelapa gading susu dan kelapa albino.

Pada jenis kelapa gading susu mempunyai kelebihan jika dijadikan pohon palem pada taman rumah, warnanya yang putih sedikit hijau membuat kesan bersih dan segar jika ditempatkan pada areal taman. Sedangkan pada jenis kelapa gading merah yang cocok digunakan pada areal taman rumah akan memberikan kesan segar dan sejuk, karena warna hijau ke kuning- kuningan yang dihasilkan.

  • Bonsai kelapa gading merah

Bonsai yang di bentuk dari kelapa varietas gading merah akan menghasilkan bonsai kelapa yang indah karena warna merah yang dihasilkan. Bentuknya pun akan unik jika anda berhasil membentuknya.

  • Bonsai Kelapa gading susu

Bonsai yang dibentuk dari kelapa varietas kelapa gading susu akan menghasilkan bonsai yang memiliki daun lebar, daun yang lebar akan menambah nilai estetika pada lokasi ditempatkannya bonasi kelapa gading susu. Dari segi tampilan pun bonsai yang dibentuk dari kelapa gading susu akan lebih menyerupai palem.

  • Bonsai kelapa gading albino

Sedangkan untuk bonsai kelapa albino bentuk bonsai yang dihasilkan akan lebih kecil dari 2 jenis kelapa diatas. Pada segi tampilan bonsai yang di bentuk dari kelapa gading hijau akan berwarna hijau kepucatan terang.

Setelah anda mengetahui dari masing – masing jenis kelapa akan menghasilan bentuk dan tempilan bonsai seperti apa, langkah selanjutnya yang harus diperhatikan adalah pemilihan bibit kelapa, pilihlah bibit kelapa yang umurnya tua, karena bibit kelapa yang mempunyai umur tua akan lebih cepat dalam penumbuhan tunas, selain itu bibit kelapa yang tua akan lebih maksimal dalam pembuatan bonsai nantinya.

Selanjutnya anda memilih ukuran kelapa yang tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil (sedang), sedikit tips ukutan batok kelapa yang kecil akan lebih mudah dalam pembentukan batang bonsai nantinya, tetapi jika anda ingin menggunakan kelapa yang berukuran besar tidak apa -apa sesuaikan dengan selera yang anda inginkan.

Cara pembuatan bonsai kelapa

1. Persiapan Media Tanam

Persiapan media tumbuh bonsai harus disiapkan dengan tepat, anda bisa membuat media tanam bonsai dengan campuran tanah, pupuk kandang air untuk perbandingannya 2 : 1 : 1. Gunakan pot dengan seukuran batok kelapa yang dijadikan bonsai.

2. Peletakan Bibit Kelapa Pada Media Tanam

Peletakan bibit bonsai kelapa dilakukan saat kelapa belum memunculkan tunas, letakan bibit batok kelapa pada tanah yang memiliki kandungan air tinggi, artinya gunakan tanah seperti tanah humus atau tanah liat. Jika perlu basahi tanah secara rutin (pagi dan sore hari) sampai tunas kelapa tumbuh. Setelah tunas tumbuh biarkan tetap berada pada media tanam selama 1 – 2 minggu lamanya.

3. Proses Tumbuhnya Tunas

Setelah tunas tumbuh, letakan batok kelapa sesuai keinginan anda, untuk penempatan batok kelapa yang menghadap ke atas akan membuat bonsai tumbuh tinggi, sedangkan jika penempatan batok kelapa mengahadap kesamping atau miring akan membuat bonsai seperti rumah siput yang unik.

Setelah tunas kelapa muncul dan telah melewati waktu 1 – 2 minggu, anda bisa membersihkan sabut kelapa yang menempel pada batok kelapa, dalam membersihkan sabut kelapa anda bisa mengupas ataupun menyayat sabut hingga bersih, hati – hati jangn sampai tunas muda rusak saat membersihkan sabut kelapa. Tips cara menyayatnya, buat sayatan membucjur mengitari batok kelapa kemudian tarik sabut kelapa secara perlahan.

4. Menghilangkan bulu halus batok kelapa

Apabila tunas kelapa sudah tumbuh setinggi kurang lebih 10 cm, anda bisa memberishkan batok kelapa hingga tersisa kelapa nya saja. Lakukan langkah ini dengan menggunakan amplas agar batok kelapa lebih mulus dan mempunyai nilai estetik lebih.

5. Membentuk tanaman bonsai kelapa
Setelah tunas bonsai tumbuh sekitar kurang lebih 15 – 20 cm, anda sudah bisa membentuk bonsai kelapa menjadi tanaman yang cantik dan unik. perlu membentuk bonsai kelapa menjadi tanaman yang cantik. .

Cara membentuk bonsai kelapa yaitu dengan menyayat tunas paling bawah, saat penyayatan harus dilakukan secara hati hati agar tidak terkena tunas yang masih muda. Anda bisa melakukan penyayatan sebanyak 3 kali aitu lebih, lebih banyak penyayatan akan menghasilkan bonsai yang tentunya sangat indah. Selanjutnya ikat bonsai kelapa menggunakan kawat besi atau tali untuk mendapatkan bentuk bonsai yang diinginkan.

Kemudian batang daunnya bisa kita paksa tarik ke bawah dengan kawat yang dikaitkan ke kulit kelapa yang masih tersisa atau bisa dililitkan ke bibir pot dan proses seperti ini dilakukan setiap waktu. Buang bagian-bagian ranting bonsai yang tidak diinginkan. Potong ranting dengan melengkung untuk membuatnya punya bentuk yang unik.

Jadi begitulah cara membuat bonsai unik dari kelapa, mudah bukan.? semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk mencoba membuat bonsai kelapa yang mudah ini… Terimakasih

G. P. Kurniawan Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *