G. P. Kurniawan A young man who is enthusiastic about agriculture, entrepreneurship and a little fond of technology topics

Mengapa perlu mengetahui Keyword density dalam menulis artikel agar SEO.?

Topic : Keyword Density | Sebagai penulis artikel atau blogger pasti sudah tidak asing dengan sebutan Keyword density. Di dalam forum – forum yang membahas mengani dunia SEO maupun topik – topik blog, banyak yang mengungkapkan bahwa dalam acuan penulisan artikel, lebih disarankan untuk mengetahui keyword density pada setiap topik artikel yang sedang ditulis.

Lalu apa itu keyword density secara mudahnya.? dan mengapa kita harus memperhatikan sekali keyword density saat sedang menulis artikel.? Oke mari kita bahas.

Apa itu keyword density.?

Keyword density atau jika diartikan kedalam bahasa indonesia adalah Kepadatan kata kunci dimana hal tersebut merupakan indikator yang digunakan untuk mengetahui berapa kali frasa atau kata kunci fokus muncul dalam sebuah artikel yang sedang dikerjakan dengan dibandingkan dengan total kata atau teks pada artikel tersebut.

Nah masing – masing search engine memiliki ketentuan tersendiri mengenai keyword density, tetapi menurut sumber yang saya baca, keyword density yang baik adalah, tidak kurang dari 0% dan tidak lebih dari 5%, sama halnya dengan instruksi yang di berikan oleh search engine terbesar, Ya google..Google memberikan informasi bahwa sebuah artikel tidak boleh memiliki keyphrase atau kata kunci dengan kepadatan 6%.

Seperti contoh, jika saya mengerjakan sebuah artikel mengenai topik A sebanyak 100 kata dengan kata kunci B, maka perbandingan kata kunci yang harus muncul pada artikel adalah sebanyak 5% saja, dan seterusnya, jika artikel lebih dari 100 kata maka kata kunci harus ditambah, yang terpenting tetap dengan indikator kerapatan keyphrase / kata kunci sebesar 5%.

Nah jika anda menggunakan platform wordpress untuk menulis sebuah artikel, ada yang namanya plugin yoast seo, dimana plugin ini membantu kita dalam mengatur kepadatan kata kunci yang ada dalam artikel.

Apa itu keyword density.? | Source: Yoast.com

Dengan begitu, kita bisa mengetahui apakah keyphrase atau kata kunci dalam artikel yang kita tulis telah melebihi 5% atau belum, secara otomatis yoast seo akan memberikan indikator notifikasi.

Penutup

Nah jadi itulah informasi singkat mengenai topik keyword density, memang dalam menulis artikel ada yang berpendapat bahwa kita tidak usah memperhatikan kepadatan kata kunci dalam suatu artikel, mengalir saja begitu…ya tidak apa – apa, boleh mengikuti aturan SEO atau tidak, tetapi menurut pribadi saya tetap mengikuti panduan SEO dan yang terpenting itu kita menguasai apa yang kita akan tulis, jadi pembaca lebih mempercayai akan artikel kita.

Oke..Sekian dari saya semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari – cari informasi yang serupa.. bagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat bagi orang lain..terimakasih.

G. P. Kurniawan A young man who is enthusiastic about agriculture, entrepreneurship and a little fond of technology topics

Artikel Lainnya

2 Replies to “Mengapa perlu mengetahui Keyword density dalam menulis artikel agar SEO.?”

  1. Baru update langsung gass baca hehe… thanks mas

    1. Hehe okeh mas… banyak yang tanya di email sama fb soalnya mas ttng keyword density ini, penting engga sebenernya buat acuan dalam menulis artikel…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *