G. P. Kurniawan A young man who is enthusiastic about agriculture, entrepreneurship and a little fond of technology topics

Panduan Cara setting Ads.txt di wordpress tanpa menggunakan plugin

Halo, bagaimana kondisinya saat ini.? semoga baik – baik saja ya.. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan informasi mengenai cara menambahkan ads.txt pada wordpress.

Ads.txt ini merupakan konsep inisiaif dari IAB (Interactive Advertising Bureau), yag mempunyai fungsi untuk membantu inventaris iklan digital kita hanya dijual melalui penjual resmi yang telah teridentifikasi, contohnya seperti AdSense.

Membuat file ads.txt sendiri memiliki arti bahwa kita memiliki kontrol yang lebih besar terhadap siapa yang diizinkan untuk menjual iklan di situs kita dan membantu mencegah inventaris palsu ditampilkan kepada pengiklan.

Selain File ads.txt dapat membantu pembeli inventaris iklan mengidentifikasi inventaris palsu sehingga kita akan menerima lebih banyak pembelanjaan pengiklan yang tadinya mungkin dibelanjakan pada inventaris palsu.

Istilah mudahnya dari penjelasan diatas, ads.txt ini merupakan peraturan dan konsep baru mulai diterapkan, dimana mempunyai tujuan untuk meningkatkan transparansi publisher iklim dalam dunia advertising menjadi lebih sehat. Nah melihat pentingnya ads.txt ini pada situs kita maka dari itu sangat disarankan sekali kita menggunakan file ads.txt dengan benar dan sesuai panduan.

Ads.txt ini biasanya muncul diperingatan dasboard adsense yang belum mengupload ataupun mensetting kode ads.txt dengan benar. Banyak dari blogger pemula yang sudah diterima review adsense, kemudian belum melakukan setting untuk ads.txt akan muncul peringatan di dasboard adsensenya, bahkan ada yang masuk email juga.

Lalu apa yang terjadi jika kita tidak menyetting ads.txt dengan benar.? menurut beberapa sumber yang telah saya baca, jika kita tidak segera melakukan perbaikan pada peringatan ads.txt yang muncul maka akan berpengaruh pada pendapatan adsense kita.

Mungkin ngga usah berlama – lama, langsung saja akan saya jelaskan bagaimana caranya menambahkan ads.txt di wordpress.

Panduan cara menambahkan ads.txt di wordpress

Dalam panduan ini akan saya jelaskan 1 cara saja, cara ini menurut saya lebih mudah dalam proses menambahkan ads.txt ke situs atau web kita.

Menyiapkan File Ads.txt

Sebelum kita akan mengunggah file atau kode ads.txt, kita perlu menyiapkan file ads.txt terlebih dahulu.

  1. Sillahkan anda masuk kedalam dasboard akun AdSense anda.
  2. Setelah itu, jika anda sedang dalam peringatan untuk segera memperbaiki file ads.txt, silahkan klik “Perbaiki sekarang”.
  3. Lalu silahkan ikuti instruksi yang diberikan dan download file ads.txt anda.
  4. Jika sudah file tersebutlah yang nanti akan diunggah dalam cPanel web anda.

Tetapi jika dalam dasboard adsense anda tidak ada peringatan ini sama sekali, dan anda merasa belum melakukan setting ads.txt, silahkan buat file ads.txt terlebih dahulu menggunakna notepad.

google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Caranya silahkan copy dan paste kode diatas kedalam notepad, dan pada pub-000000000000000 silahkan anda ganti dengan ID penayang milik anda. Jika sudah silahkan save dengan format nama ads.txt.

Cara Pertama Menambahkan Ads.txt di WordPress

  1. Setelah menyiapkan file ads.txt, langkah selanjutnya ialah mengupload file ads.txt ini ke cpanel web. Caranya silahkan anda login terlebih dahulu ke Cpanel server anda, kemudian masuk / klik File Manager.
  2. Lalu cari Directory yang bernama public_html, silahkan klik dua kali pada public_html, dan klik tombol upload yang ada dibagian atas, kemudian silahkan upload file ads.txt anda.
  3. Jika proses mengunggah telah selesai, maka file ads.txt telah terunggah kedalam web anda.
  4. Untuk mengetahui apakan file ads.txt telah berhasil terupload atau belum, anda bisa mengeceknya dengan cara mengetikan (nama domain/ads.txt) kemudian klik cari.

Penutup

Mungkin sekian yang bisa saya sampaikan, mudah bukan cara menambahkan ads.txt di wordpress.? Jika masih ada kesulitan dan hal yang dibingungkan silahkan tanyakan melalui kolom komentar, terimakasih.

G. P. Kurniawan A young man who is enthusiastic about agriculture, entrepreneurship and a little fond of technology topics

Artikel Lainnya

4 Replies to “Panduan Cara setting Ads.txt di wordpress tanpa menggunakan plugin”

  1. biasanya hilang peringatannya dalam berapa lama gan, setelah kita mengupload file ads.txt nya.?

    1. biasanya dalam 8 jam setelah pemasangan ads.txt sudah hilang kok mas, tapi ditunggu saja mas kalau notifikasi peringatan di dasboard adsense belum hilang, yang penting sudah mengikuti prosedur yang diberikan..

  2. Terima kasih banyak gan atas tutorialnya sangat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *