Cara dan tips mengiklankan produk melalui instagram ads

Jika sudah siap untuk mengiklankan bisnis Anda di Instagram, mempromosikan postingan adalah cara yang mudah untuk memulai. Anda dapat meluncurkan promosi dengan cepat dari aplikasi Instagram Anda dan menggunakannya untuk menjangkau orang yang kemungkinan besar tertarik dengan bisnis Anda. Promosi dapat membantu mengajak lebih banyak calon pelanggan dan pelanggan yang sudah ada agar mengunjungi situs web atau bisnis Anda.

Tips berjualan produk menggunakan platfrom instagram :

  1. Bangun kepercayaan konsumen anda dengan memberikan kualitas dan testimonial produk anda
  2. Fokuslah dengan satu jenis produk / merek yang anda targetkan untuk diiklankan
  3. Gunakan hashtag yang telah anda riset untuk memperluas jangkauan pelanggan
  4. Jika produk membutuhkan caption yang cukup panjang, usahakan menggunakan kalimat yang benar – benar efektif.
  5. Tampilkan feed instagram toko online anda sebaik dan semenarik mungkin
  6. Tampilkan konten semenarik dan semaksimal mungkin
  7. Jika memungkinkan menampilkan vidio, lakukan dengan isi yang menarik
  8. Manfaatkan event give away untuk menarik pelanggan mengunjungi toko online anda

Memang dalam prosesnya jika kita membuat suatu toko online menggunakan sosial media dibutuhkan waktu yang memang cukup lama untuk nge-branding produk yang ada di toko kita jika menggunakan konsep gratisan, tetapi untuk orang yang ingin mendongkrak kredibilitas toko onlinenya dan agar bisa dijangkau dengan cepat oleh target market yang telah ditentukan, maka masing – masing platform media sosial telah menyediakan fitur pengiklannan.

Contohnya seperti google yang mempunyai google ads, facebook yang memiliki facebook ads, dan instagram yang memiliki instagram ads. Masing – masing platfrom memiliki keunggulan dan kekurangannya masing – masing, tergantung sejauh mana anda memahami ilmu dalam pengiklanan.

Selanjutnya jika anda sudah mempunyai rencana untuk mengiklankan produk anda menggunakan instagram ads, berikut merupakan alur cara mengiklankan produk melalui instagram ads.

Cara mengiklankan produk melalui instagram ads :

Langkah pertama ialah Membuat Akun Facebook Business Manager
Dalam mengiklankan produk menggunakan instagram ads, yang perlu anda lakukan ialah membuat akun facebook Business manager. Mengapa kita perlu membuat akun facebook business manager.? karena saat ini instagram telah dibawah naungan facebook. Langkah membuat akun facebook business manager ialah sebagai berikut :

  • Buka business.facebook.com
  • Klik Buat Akun
  • Masukkan nama untuk bisnis Anda, pilih Halaman utama, dan masukkan nama dan alamat email kantor Anda
  • Catatan: Buat Halaman untuk bisnis Anda jika belum memiliki
  • Lanjutkan sisa alur onboarding dengan cara memasukkan sisa bidang yang diharuskan.

Lalu setelah anda selesai membuat akun facebook business manager , silahkan anda menuju ke menu editor dan mulailah untuk membuat kampanye. Untuk membuat komponen iklan yang akan di tayangkan pada platform Instagram anda bisa menggunakan beberapa tool yang tersedia seperti ads manager, facebook ads API, power editor dll.

Ketika akan memilih tool yang digunakan, pertimbangkan jumlah iklan yang direncanakan untuk dijalankan sekaligus. Setelah memilih editor, pilih kampanye atau membuat baru, untuk memulai dengan iklan Instagram maka Anda bisa membuat kampanye baru.

Pilih Tujuan, Audiensi dan Atur Penempatan
Pilihlah tujuan agar iklan Anda layak untuk tampil di Instagram, Anda harus memilih dari daftar yang lebih pendek. Sebagai contoh Anda memilih pilihan Giring orang ke situs Anda. Ketika opsi ini dipilih, maka Anda akan diminta untuk mengisi nama kampanye.

Untuk membuatnya lebih mudah, maka Anda perlu membuat format yang berurutan, seperti Nama PT, Konten, Asset yang diiklankan, Tanggal, dan Nama Pembuat.

Selanjutnya pilih audiens yang dalam hal ini Anda dapat membuat custom audience untuk menjangkau orang-orang yang sudah berinteraksi dengan bisnis Anda. Lalu Anda harus mengatur penempatan untuk membedakan iklan melalui facebook atau Instagram.

Tetapkan Anggaran dan Jadwal
Pada tahap ini Anda bisa memilih anggaran harian atau anggaran seumur hidup untuk kampanye. Aspek lain untuk menetapkan anggaran adalah pengaturan jadwal yang tepat. Anda bisa mengatur penjadwalan tersebut di opsi Penjadwalan Iklan.

Mengatur Materi Iklan
Di sini diperlukan kreatifitas Anda untuk mengisi konten dalam iklan tersebut. Materi yang dibuat harus mampu menarik perhatian dari para audien. Dengan begitu, iklan produk Anda menjadi lebih mudah untuk dikenali.

Cara mengiklankan produk di Instagram yang telah diulas di atas dapat dijadikan sebagai bahan referensi agar bisa menjangkau orang secara luas dan produk yang Anda jual mendapatkan targetnya.

Pastikan untuk memahami dengan benar cara promosi di Instagram ads agar promosi Anda menjadi maksimal. Selamat mencoba!

Default image
G. P. Kurniawan
Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

Leave a Reply