G. P. Kurniawan Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

√ Cara mudah mengatur ukuran foto serta mencetaknya menggunakan microsoft word

Halo teman – teman, mengerjakan suatu tugas yang diberikan oleh guru atau dosen pastinya tidak terlepas dengan yang namanya dokumentasi, baik dokumentasi tersebut berupa hasil kegiatan maupun hanya sebagai gambar / foto pendukung saja. Foto – foto yang disajikan sebagai dokumentasi biasanya ukurannya harus sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh guru atau dosen.

Nah melihat kondisi tersebut saya tertarik untuk membuat artikel ini, terlebih lagi aplikasi microsoft word sangat mudah untuk dilakukan perubahan ukuran foto walaupun fitur – fiturnya tidak selengkap aplikasi yang dikhususkan untuk editing foto.

Nah apakah banyak dari teman – teman saat ini yang masih banyak belum tahu bagaimana cara mengubah ukuran foto di microsoft word.? dan belum tahu juga setelah kita merubah ukuran foto, bagaimana cara mencetak foto tersebut.?..langsung aja ya, akan saya berikan langkah – langkah dalam mengatur ukuran foto menggunakan microsoft word, disini teman – teman dapat menggunakan microsoft word versi berapapun, semuanya workit kok hehe..

Cara mengatur ukuran foto menggunakan aplikasi microsoft word

Langkah pertama : Silahkan teman – teman siapkan foto yang akan di edit serta buka aplikasi microsoft word di laptop atau komputer kalian.

Langkah kedua : Silahkan copy foto yang akan di edit dan pastekan pada lembar kerja word teman-teman, setelah itu silahkan klik kanan mouse pada areal foto, dan pilih Wrap text lalu pilih kembali In front Text.

Langkah ketiga : Disini kita sebenarnya sudah bisa langsung mengatur ukuran foto menggunakan tool yang resize yang ada, yaitu dengan menarik sudut pada foto dan mengecilkannya atau membersarkannya. Tetapi untuk mengatur ukuran foto, dengan ukuran standar seperti (3 x 4), (4 x 6), (2 x3), teman – teman bisa mengikuti langkah – langkah berikut ini :

  1. Setelah foto yang akan di edit dimasukan silahkan klik kanan pada mouse di area foto lalu pilih “Size dan Position..”, lalu akan tampil pop up seperti ini..

Sebelum mengatur ukuran foto, silahkan teman – teman hilangkan centang (√), pada pilihan “Lock Aspect Ratio” dan “Relative to original picture size”.

2. Setelah itu tinggal teman – teman masukan ukuran foto yang sesuai dengan kebutuhan teman – teman pada kolom “Height dan kolom Width”

. Untuk ukuran fotonya bisa teman – teman lihat dibawah ini :

  • Ukuran 2×3 [Height: 2,7 cm & Width: 2 cm]
  • Ukuran 3×4 [Height: 3,8 cmWidth: 2,8 cm]
  • Ukuran 4×6 [Height: 5,6 cmWidth: 3,8 cm]

Jika telah selesai, langsung saja klik OK, selesai, jadi tampilannya akan seperti foto dibawah ini yang telah saya ubah menjadi ukuran 3 x 4,nah jika teman – teman ingin memperbanyak foto yang telah diatur ukurannya, silahkan klik CTRL + D yang mempunyai perintah untuk menduplikat foto tersebut.

Mudah bukan.? cara mengatur ukuran foto menggunakan aplikasi microsoft word.? nah selanjutnya jika foto atau dokumentasi telah kita sesuaikan, langkah selanjutnya bisa teman – teman simpan dokumen tersebut dengan cara menekan perintah CTRL + S (perintah menyimpan dokumen) atau teman – teman bisa memberikan perintah CTRL + P (Perintah mencetak dokumen).

Mungkin sekian informasi dari saya mengenai cara mengatur ukuran foto dan mencetaknya menggunakan microsoft word, semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa untuk meninggalkan feedback komentar jika masih ada yang dibingungkan… terimakasih…

G. P. Kurniawan Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *