G. P. Kurniawan A young man who is enthusiastic about agriculture, entrepreneurship and a little fond of technology topics

5 tips cara menemukan ide produk baru sesuai dengan passion kita

3 min read

Di zaman yang serba online ini banyak sekali bentuk – bentuk kegiatan yang memberikan kita peluang untuk menghasilkan pendapatan tambahan, jika kita jeli dalam melihat peluang yang ada. Salah satu bentuk kegiatan yang dapat dilakukan adalah membuat sebuah produk.

Produk merupakan hasil karya tangan manusia yang mempunyai nilai guna, baik dalam menyelesaikan suatu masalah ataupun untuk menambah nilai seni atau estetik.

Contohnya pada produk kecantikan, kita akan dihadapkan dengan produk – produk yang mempunyai manfaat memutihkan kulit, menghilangkan jerawat dsb, bagi seseorang yang sedang memperhatikan dirinya, tentunya dengan adanya produk kecantikan ini diharapkan akan dapat menyelesaikan masalah yang ada.

Berbicara mengenai produk, sebelum kita bisa menciptakan sebuah produk maka kita harus mempunyai ide produk terlebih dahulu, ada beberapa komponen yang tidak dapat terlepas dalam menemukan ide suatu produk. Tetapi apakah anda saat ini telah mempunyai sebuah produk atau berencana ingin membuat sebuah produk? yang tentunya akan dipasarkan agar mendapatkan pemasukan.? Jika anda ingin memulai membuat sebuah produk, anda harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara menemukan ide produk yang sesuai dengan passion, kebutuhan pasar dan pastinya memiliki nilai lebih dibandingkan produk pesaing.

Sebenarnya cara menemukan ide produk ini dapat dikatakan gampang – gampang sulit, tergantung dari kreatifitas kita masing – masing, ada yang membuat ide produk makanan, seperti keripik pisang coklat dsb. Tetapi dalam membuat sebuah produk kita bisa asal – asalan, banyak komponen yang harus diperhatikan.

Seperti kita harus mengetahui bagaimana produk pesaing, jika kita membuat sebuah produk yang umum, bagaimana kelebihannya, apa kelebihan produk kita dibandingkan dengan produk pesaing. Semua hal – hal penting itu perlu dianalisis sebelum kita membuat sebuah produk dan memasarkannya.

Karena dengan kita mengetahui produk pesaing, jika kita akan membuat produk yang umum, kita akan bisa mengetahui kelemahan dari produk pesaing dan menutupinya dengan kelebihan yang ada di produk kita.

Mungkin sebelum masuk ke bagian pemasaran produk, akan kita bahas terlebih dahulu mengenai tips menemukan dan membuat ide produk.

Tips Menemukan Ide Produk

1. Kenali diri anda terlebih dahulu

Tips yang pertama, kenali diri anda terlebih dahulu, dalam membuat sebuah produk, kita akan dihadapkan dengan kreatifitas diri kita masing – masing.

Mengenali diri kita dengan baik adalah langkah awal dalam membuat sebuah produk, maksud dari kenali diri kita terlebih dahulu disini adalah, kita harus tahu bahwa produk yang kita ciptakan ini memang sesuai dengan passion kita, tidak ada unsur setengah – setengah.

Karena jika kita hanya membuat produk tanpa adanya passion yang jelas, jika kita menemukan kesulitan nantinya saat dalam proses pembuatan ataupun pemasaran produk,

kita akan gampang sekali memiliki pemikiran menyerah. Tetapi jika kita membuat sebuah produk dengan passion yang kita miliki maka bentuk pemikiran kita adalah produk ini harus jadi, harus diterima di tangan konsumen, produk ini harus mampu menyelesaikan permasalahan yang ada dsb.

2. Ketahui Peluang Pasar

Peluang pasar sangat perlu diketahui dalam kita menemukan ide produk, karena banyak produk – produk yang bermunculan itu memang hasil dari analisis peluang pasar.

Contohnya di masa pandemi seperti ini, kegiatan belajar – mengajar dilakukan secara online / daring, dampak dari belajar – mengajar online ini mengakibatkan kebutuhan akan kuota internet meningkat, hal ini bisa anda jadikan peluang bisnis dengan membuat produk berupa web yang mempermudah pengisian kuota secara online.

Selebihnya anda bisa menganalisis peluang pasar yang ada, kemudian bisa mulai mencoba menemukan ide produk.

3. Ketahui permasalahan yang ada

Untuk menemukan ide produk yang lainnya, anda bisa melakukan riset mengenai apa saja permasalahan yang terjadi di lingkungan anda. Kemudian setelah anda mengetahui permasalahan yang ada, barulah anda bisa menemukan ide produk, disini produk anda harus dapat menyelesaikan permasalahan yang ada tersebut.

Contohnya pada produk layanan jasa Gojek, disini pendiri gojek melihat permasalahan mengenai tingginya kebutuhan masyarakat akan transportasi, lalu pendiri gojek memiliki ide untuk membuat jasa ojek online, dari sinilah produk layanan jasa ojek online bisa menyelesaikan permasalahan yang ada.

4. Cari Informasi Sebanyak Mungkin Tentang Produk yang Sedang Nge-tren

Untuk menemukan ide produk yang keempat adalah, kita harus memiliki referensi informasi mengenai produk – produk yang sedang booming atau nge – tren saat ini.

Biasanya sebuah produk yang sedang booming atau ngetren akan memicu banyak persaingan, jika produk tersebut tidak sulit untuk dibuat atau tidak eksklusif, karena akan memicu banyak kemunculan produk yang sejenis.

mungkin tidak usah saya berikan contoh, disini anda sudah mengetahui apa saja produk yang sedang booming lalu banyak produk sejenis yang bermunculan akhirnya membuat produk tersebut menjadi umum.

Lalu untuk menemukan ide dari produk – produk yang sedang booming, anda bisa menerapkan inovasi atau ATM (Amati Tiru dan Modifikasi) pada produk tersebut, caranya lakukan beberapa perubahan kemudian munculkan ciri khas atau keunggulan dari produk yang telah anda inovasikan.

5. Temukan Ide Anda Sendiri dan Buatlah Pasar anda Sendiri.

Untuk tips menemukan ide produk yang terakhir ialah Anda harus menemukan ide produk anda sendiri, temukan ide yang belum pernah ada dan ciptakan pasar untuk produk anda. Biasanya jenis – jenis produk yang menciptakan pasarnya sendiri, sulit untuk di tiru oleh orang lain. Yang terpenting tetap jaga kepuasan konsumen dalam menggunakan produk anda.

Penutup

Sekian sedikit yang dapat saya sampaikan mengenai tips menemukan ide produk baru agar laku dipasaran. Setelah anda menemukan ide produk dan membuat produk tersebut menjadi nyata. Jangan tinggalkan aspek – aspek yang lainnya dalam proses mendapatkan kepercayaan konsumen. Karena dengan begitu usaha yang anda dirikan akan terjadi pertumbuhan yang positif. Terimakasih.

G. P. Kurniawan A young man who is enthusiastic about agriculture, entrepreneurship and a little fond of technology topics