G. P. Kurniawan A young man who is enthusiastic about agriculture, entrepreneurship and a little fond of technology topics

(Diskusi) Cara memberi makan kura – kura brazil yang tidak mau makan

3 min read

Memiliki hewan kesayangan merupakan keinginan semua orang. Masing – masing orang memiliki hewan kesayangannya sendiri, ada yang menyukai memelihara burung, kura – kura dll. Tetapi apakah dalam memelihara hewan kesayangan sangat mudah seperti yang dibayangkan.?

Kali ini saya akan membahas mengenai pengalaman saya dalam memelihara kura – kura jenis brazil yang saya beli untuk adik saya, sebenarnya artikel ini saya tulis karena banyak saya temui teman – teman penghobi kura – kura yang masih pemula kesulitan dalam merawat baby kura – kura brazilnya.

Baby kura – kura brazil ini dahulu saya dapatkan dengan harga Rp. 35.000.00 satu ekornya, masih sangat kecil, karena adik saya meminta untuk membelikan kura – kura dan didaerah saya hanya ada yang menjual jenis kura – kura brazil, akhirnya ya itu saja yang saya beli..

Permasalahan muncul setelah saya membeli kura – kura ini, sudah beberapa hari kok kura – kura saya tidak mau makan, padahal dari segi fisik sehat – sehat saja, karena saat itu saya juga masih baru dalam memelihara kura – kura, jadi merasa bingung juga, saya pikir makanan yang saya berikan salah karena saat itu saya memberikan beberapa jenis makanan seperti cacing kecil, ikan kecil, dan pelet. Selain itu kura – kura yang saya pelihara sangat takut jika melihat sesuatu yang bergerak sedikit saja.

Akhirnya setelah bertanya kesana kemari seputar memelihara kura – kura baby, saya mengetahui beberapa faktor dan alasan mengapa pada umur ini kura – kura sangat sulit sekali mau makan, walaupun sudah diberikan pakan sekalipun. Sebelum lanjut ke pembahasan cara mengatasi baby kura – kura brazil yang tidak mau makan, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu jenis – jenis makanan yang disukai oleh kura – kura jenis brazil.

Jenis – Jenis Makanan bayi kura-kura brazil

Nah berikut ini merupakan jenis – jenis makanan kura – kura brazil anakan yang sangat bagus untuk pertumbuhan si kura – kura.

1. Pelet

Makanan pertama yang disukai oleh baby kura – kura brazil ialah pelet, pelet ini ada dua jenis, ada yang khusus untuk jenis kura – kura pemakan daun (herbivora) dimana pelet ini dibuat dengan bahan baku buah dan tumbuh – tumbuhan, yang satunya lagi ada jenis pelet yang khusus untuk kura – kura pemakan daging (karnivora) seperti ikan kecil, serangga, udang, keong dsb.

Teman – teman nanti saat ingin membeli pelet jangan sampai salah ya.. disesuaikan dengan jenis kura – kura yang teman – teman pelihara. Ada beberapa merek pelet yang sudah terkenal di kalangan pecinta kura – kura berikut ini listnya, Reptomin, Purina, Rep Cal, ZooMed  dan lain – lain.

2. Ikan Kecil

Ikan kecil sangat cocok untuk diberikan kepada baby kura – kura brazil yang memang menyukai makanan jenis daging, ikan kecil ini juga memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk pertumbuhan kura – kura.

3. Daging Ikan

Biasanya jika teman – teman membeli kura – kura baby di toko, nanti akan diberikan daging ikan sebagai makanan sementara, nah daging ikan ini biasanya diberikan dengan porsi potongan – potongan kecil yang disesuaikan dengan umur kura – kura brazil.

4. Cacing Tanah

Makanan ke 4 yang sangat direkomendasikan untuk bayi kura – kura brazil ialah, cacing tanah. Cacing tanah memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk pertumbuhan kura – kura kecil.

5. Serangga

Walaupun serangga ini jarang sekali diberikan kepada kura – kura yang masih baby, tetapi makanan yang satu ini juga memang disukai oleh kura – kura jenis brazil. Kalau di alam bebas, kura – kura ini akan memakan serangga – serangga kecil seperti jangkrik dll.

6. Udang Kecil

Udang kecil menjadi makanan yang sangat direkomendasikan oleh para penghoby kura – kura. Udang kecil memiliki kandungan gizi yang sama baiknya dengan ikan kecil.

Cara Mengatasi Anakan Kura – Kura Brazil yang Tidak Mau makan

Oke kita masuk ke bagian cara memberi makan kura – kura brazil yang masih kecil. Akan saya jelaskan dibawah ini :

  1. Siapkan beberapa jenis pakan kura – kura yang telah saya rekomendasikan diatas
  2. Setelah itu siapkan tempat yang berwarna gelap, seperti ember yang berwarna hitam, dan buat kondisi lingkungan didalamnya seperti kondisi di alam bebas.
  3. Kura – kura menyukai tempat yang tidak terlalu terbuka atau tetap ada naungannya, agar tidak langsung dapat terlihat dan kondisi ini bisa membuat kura – kura beradaptasi lebih cepat.
  4. Setelah itu masukan kura -kura kedalam ember yang telah diatur sedemikian rupa lingkungannya seperti di alam, seperti ada dedaunan, dan masukan juga beberapa jenis makanan ke dalam ember dan jangan lupa tambahkan air secukupnya saja, kira kira hingga menyentuh setengah tempurung baby kura – kura brazil.
  5. Disini silahkan anda masukan ikan kecil, serangga seperti jangkrik kecil, pelet, cacing kecil, daging udang potongan, daging ikan potongan, jangan lupa untuk mengingat berapa jumlah makanan yang dimasukan.
  6. Jika sudah silahkan taruh ditempat gelap untuk sementara waktu, agar kura – kura nyaman dan mau mencoba makan makanan yang telah disediakan.
  7. Selang 2 hari silahkan teman – teman pantau, apakah makanan yang telah diberikan berkurang atau belum, jika belum anda bisa mengulang dihari berikutnya menggunakan metode tersebut.
  8. Jika kura – kura sudah mau makan, gunakan metode tersebut kurang lebih setengah bulan, dan jangan lupa untuk menjemur kura – kura secukupnya saja.
  9. Jika teman – teman membeli kura – kura brazil baby, biasanya akan membutuhkan waktu adaptasi yang relatif cukup lama, paling cepat 3 hari dan paling lama 1 minggu bahkan bisa lebih.

Penutup

Jadi itulah beberapa informasi yang bisa saya berikan mengenai cara memberi makan baby kura – kura brazil yang tidak mau makan.

Sebenarnya baby kura – kura brazil tidak mau makan ini dikarenakan dia sedang beradaptasi dengan lingkungan barunya, jadi usahakan dalam memelihara kura – kura brazil yang masih kecil, kita menyediakan tempat yang hampir sesuai dengan kondisi aslinya di alam sana, seperti suhu yang harus sesuai dan lingkungan yang mendukung hidup kura – kura di alam bebas.

Kalau nanti kura – kura yang kita pelihara sudah dapat beradaptasi barulah kita bisa melakukan pindah lokasi hidup kura – kura, ketempat yang kita inginkan.

Mungkin dari teman – teman ada yang ingin ditanyakan mengenai cara memberi makan kura – kura brazil kecil bisa ditanyakan di kolom komentar, terimakasih.

G. P. Kurniawan A young man who is enthusiastic about agriculture, entrepreneurship and a little fond of technology topics

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *